Blog

10 Peluang Usaha Kuliner di Bali

Peluang Usaha Kuliner di Bali – Ada banyak hal menarik yang bisa kita pikirkan ketika ditanya tentang Bali. Bali merupakan salah satu kota pariwisata yang paling populer di kalangan wisatawan mancanegara. Mirisnya, bahkan ada beberapa wisatawan asing yang lebih mengenal Bali daripada Indonesia.

Peluang Usaha Kuliner di Bali

Pesona Bali memang tidak pernah pudar. Mulai dari kekayaan alam yang indah, tradisi yang masih dilestarikan hingga aneka kuliner yang menggoyang lidah. Tidak sedikit wisatawan domestik dan asing yang pernah datang ke Bali dan tertarik untuk berkunjung kembali di masa depan.

Kepopuleran Bali tidak hanya mendatangkan wisatawan dari berbagai penjuru dunia tapi turut menumbuhkan bisnis kuliner. Di kawasan wisata populer, kita bisa menemukan aneka restoran. Mulai dari warung makan sederhana hingga restoran yang sangat mewah.

Aneka Ragam Peluang Usaha Kuliner di Bali

Saat memiliki modal yang cukup untuk membangun usaha, pilihlah Bali sebagai lokasi usaha. Mengapa? Karena kota ini menawarkan masa depan usaha yang sangat cerah. Untuk jenis usahanya, simak selengkapnya berikut ini:

  • Restoran Makanan Halal

Mayoritas masyarakat Indonesia mungkin memeluk agama Islam. Tapi, ada beberapa kota di Indonesia yang bebas menjual makanan berbahan dasar babi atau minuman beralkohol salah satunya adalah Bali.

Kita bahkan bisa menjumpai restoran babi dengan sangat mudah di Bali termasuk hidangan khas mereka yakni lawar. Peta kuliner di Bali memang sangat luas, apalagi mayoritas warga Bali pun menganut agama Hindu di mana sapi putih dianggap sebagai hewan suci.

Tapi, tidak perlu takut karena meskipun di sepanjang jalan banyak restoran yang menjual babi. Tidak sedikit pula restoran yang menjual makanan halal. Bahkan jumlahnya semakin ke sini semakin banyak, akibat pengaruh banyaknya wisatawan asing yang mencari makanan halal.

  • Restoran Seafood

Selain membuka bisnis restoran makanan halal, peluang usaha kuliner yang bagus lainnya adalah restoran seafood. Berbanding terbalik dengan restoran babi, restoran seafood bisa dikunjungi oleh semua orang termasuk mereka yang mencari makanan halal.

Seafood di Bali pun terkenal sangat lezat dan segar. Tidak heran jika baik siang hari maupun malam hari restoran seafood selalu ramai oleh pengunjung, entah oleh wisatawan maupun warga local. Supaya restoran seafood bisa bersaing dengan restoran lainnya, pastikan tawarkan variasi menu yang lezat.

  • Café Instagramable

Di zaman teknologi serba modern seperti sekarang, kebanyakan orang mengunjungi café dengan tujuan mendapatkan foto Instagramable. Kita bisa memanfaatkan fenomena tersebut dengan membuka bisnis café Instagramable.

Caranya cukup mudah, buatlah café mungil atau besar dengan konsep desain interior yang menarik dan artistik. Dijamin akan banyak pengunjung yang datang, entah untuk mengambil foto atau bahkan menikmati suasana café yang nyaman. Agar pelanggan biasa menjadi pelanggan setia, pastikan tawarkan menu yang lezat dan unik. Karena nyaman saja belum cukup untuk menahan pelanggan duduk lebih lama di café.

  • Food Truck

Pernah melihat bisnis food truck di luar negeri? Kurang lebih seperti itulah peluang usaha kuliner yang mudah dan modern dengan prospek keuntungan tinggi. Cara kerja food truck sebenarnya hampir sama dengan fast food, bedanya kita tidak perlu menyediakan meja dan kursi untuk para pelanggan. Supaya bisnis food truck sukses dan diterima oleh masyarakat Bali, tawarkan menu yang bervariasi yang tidak hanya cocok di lidah wisatawan asing tapi juga sesuai dengan lidah Indonesia.

  • Restoran Makanan Pedas

Suka makan makanan pedas? Mengapa tidak menularkan hobi dengan membuka restoran makanan pedas apalagi mayoritas warga Bali sangat suka menyantap hidangan pedas. Menu yang ditawarkan bisa sangat bervariasi, mulai dari camilan seperti takoyaki pedas atau bakso bakar pedas hingga makanan berat yang bisa dinikmati dengan nasi. Untuk bisnis yang lancar, jangan sampai lupa menawarkan paket sambal matah yang merupakan sambal khas Bali.

  • Restoran Tradisional Indonesia

Bisnis restoran ini akan sangat menguntungkan terutama karena Bali merupakan aset pariwisata yang sangat penting di Indonesia. Kita bisa menyediakan aneka makanan khas Indonesia dari Sabang sampai Merauke lalu menawarkannya dengan paket harga yang terjangkau. Jenis restoran ini mungkin ada di Bali tapi jumlahnya tentu masih sangat sedikit. Jadi kita tidak perlu khawatir dengan kehadiran kompetitor, cukup fokus mengelola restoran tradisional Indonesia dengan baik.

  • Restoran Makanan Khas Bali

Salah satu jenis usaha paling bersinar di Bali adalah restoran makanan khas Bali. Semua jenis makanan khas Bali tersedia, mulai dari lawar, ayam betutu hingga sambal matahnya. Pelanggan yang datang pun sangat beragam bukan hanya wisatawan asing saja yang penasaran dengan cita rasa lokal, bahkan warga lokal dan wisatawan domestik pun menyempatkan waktu untuk berkunjung.

Berbeda dari jenis restoran sebelumnya, restoran ini tentu ada banyak di Bali dan masing-masing memiliki keistimewaan tersendiri. Supaya, bisnis kuliner baru yang kita kembangkan tidak tergencet oleh kompetitor senior. Pastikan tawarkan pengalaman baru yang lebih unik dan menarik.

  • Restoran Makanan Fusion

Dari sekian banyak peluang usaha kuliner yang menjanjikan di Bali, kita mungkin akan memperoleh banyak pendapatan jika membangun usaha ini. Mengingat baik warga lokal, wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara sangat menyukai segala sesuatu yang sifatnya unik.

Dan restoran yang menyediakan kombinasi menu makanan khas Indonesia dan luar adalah tipikal restoran yang cukup unik. Pelanggan baru umumnya akan memesan berbagai menu andalan, sedangkan pelanggan setia akan memesan menu favorit mereka.

  • Warung Makan Rumahan

Sebagai kota pariwisata yang sangat terkenal di luar negeri, harga makanan yang dijual di Bali tentunya tidak murah karena menyesuaikan dengan kantong pelanggan asing. Namun,  bukan berarti tidak ada warung makan rumahan yang lezat yang bisa kita kunjungi.

Warung makan rumahan umumnya menjual berbagai makanan khas Bali atau Indonesia dengan harga lebih terjangkau. Pembelinya pun sangat beragam, mulai dari warga lokal, wisawatan domestik atau bahkan turis asing.

  • Restoran Makanan Internasional

Rekomendasi usaha kuliner terakhir yang bisa dikembangkan di Bali dan akan mendapatkan sambutan baik dari pelanggan adalah restoran makanan internasional. Berbeda dengan restoran makanan tradisional Indonesia, jenis makanan yang ditawarkan di sini adalah makanan mancanegara dengan harga jual yang cukup mahal.

Entah itu makanan oriental seperti dimsum atau bebek peking. Bisa juga steak atau hamburger, bahkan makanan khas Timur Tengah seperti nasi kebuli dan nasi biryani. Bisnis ini akan berkembang dengan baik selama jumlah wisatawan asing di Bali tetap stabil.

Masih bingung mau membuka usaha apa di Bali?. Semoga dengan menyimak rekomendasi beberapa peluang usaha kuliner di Bali bisa lebih mempermudah jalan para wirausaha muda untuk membuat keputusan. Karena berbeda dengan bekerja di perusahaan, membangun usaha sendiri risikonya sangat besar. Maka pikirkan secara matang sebelum membuka bisnis kulinernya.

[Total: 1 Average: 5]
Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp