Blog

Bubur Bayi Organik di Surabaya

Bubur Bayi Organik di Surabaya – Bubur organik memiliki tekstur lembut sehingga mampu melancarkan sistem pencernaan si kecil. Namun, jika diberikan dengan cara yang tidak tepat, risiko sembelit pun bisa saja terjadi.

Bubur Bayi Organik di Surabaya

Tips Memberikan MPASI Agar Bayi Tidak Sembelit

Sembelit jika terjadi pada bayi membuatnya kehilangan nafsu makan. Sehingga orang tua khawatir akan hal ini. Si kecil sembelit ketika jarang buang air besar, ukuran feses pun lebih kecil dengan tekstur yang keras. Ketika BAB si kecil akan merasa sakit yang bisa dilihat dari raut wajahnya.  Nah, agar tidak terjadi seperti ini perlu perhatikan jenis makanan yang diberikan termasuk memberikan bubur bayi organik di Surabaya MPASI.

Memilih Makanan Dengan Hati-Hati

Jika si kecil kurang asupan serat tentu saja akan sembelit saat buang air besar. Karena serat ini berguna membuat feses menjadi lebih lunak  serta menarik banyak air ke usus. Kemudian, ada juga jenis serat yang fungsinya merangsang pergerakan usus sehingga feses dapat keluar dengan lancar.

Hal inilah sebagai penyebab makanan berserat sangat dianjurkan dikonsumsi si kecil. Tetapi, perlu diketahui bahwa tidak semua makanan berserat dapat dikonsumsi bayi. Terutama bayi yang masih dalam tahap peralihan ASI ekslusif ke MPASI. Kemudian, jangan memberikan dengan porsi berlebihan. Berikut makanan yang dianjurkan untuk bayi berusia 6 bulan agar tidak sembelit.

  • Sayuran hijau seperti brokoli, bayam, lobak hijau dan juga wortel.
  • Buah berupa pisang, alpukat, apel,  pepaya, jeruk, pir dan stroberi.
  • Kacang berupa kacang hijau, kacang merah hingga kacang polong.
  • Susu tinggi serat pun dianjurkan untuk dikonsumsi.

Kenalkan Makanan Satu Per Satu

Hindari menyajikan segala makanan secara bersamaan jika tidak ingin bayi sembelit. Jadi, kenalkan satu per satu makanan. Pola pergantian jenis makanan dilakukan setiap 3 ataupun 5 hari sekali. Selain itu, juga bagus diberikan yang berbentuk sarinya saja.

Jika usia si kecil sudah masuk 7 bulan,  baru boleh disajikan makanan dalam bentuk bubur. Buah-buahan dihaluskan terlebih dulu. Kacang-kacangan direbus terlebih dulu jangan diberikan langsung mentah-mentah.

Jangan Berikan Makanan Pemicu Sembelit

Manakan makanan pemicu sembelit? Yaitu makanan yang harus dihindari si kecil saat usia 6 bulan untuk menghindari sembelit. Diantaranya fast food yang kaya akan lemak. Kemudian,  makanan olahan pun belum boleh diberikan seperti bakso, pizza dan sosis. Keripik, wafer, biscuit dan makanan ringan yang lain pun sebaiknya hindari dulu. Bahkan daging sapi olahan saja tidak boleh diberikan di usia 6 bulan agar terhindar dari risiko sembelit. Ganti saja dengan bubur bayi organik di Surabaya terbaik.

Sebenarnya  yang mengandung pengawet, pemanis buatan, penyedap hingga bahan berbahaya lainnya bukan saja tinggi risiko sembelit, namun juga tak bagus untuk kesehatan si kecil. bahkan ada juga kasus bayi yang tidak bisa mengonsumsi susu tertentu sehingga jika tetap diberikan akan berakibat sembelit. Jika tak sengaja memberikan makanan yang salah, segera konsultasi dengan dokter sehingga nanti akan disarankan mengonsumsi makanan tertentu saja.

Berikan Sesuai Usia

Bayi yang berusia 6 bulan umumnya belum memiliki gigi yang utuh sehingga belum bisa mengunyah makanan keras. Sehingga sajikanlah makanan yang lembut dan mudah ditelan. Sari buah jeruk salah satu makanan untuk si kecil. Jadi, bukan diberikan jeruk langsung dalam bentuk bulirnya. Namun, peras bulirnya hingga mengeluarkan sari. Kemudian tambahkan gula pasir dan siap disajikan untuk si kecil. Pisang sebaiknya diiris-iris dengan sangat tipis. Sedangkan pepaya setelah dibuang bijinya, silakan  kerik menggunakan sendok hingga menghasilkan tesktur yang halus.

Berikan Air Yang Cukup

Sembelit juga disebabkan karena tubuh kekurangan air. Serat makanan yang masuk ke usus akan bekerja dengan optimal jika air dalam tubuh tercukupi. Fungsi air agar feses lebih luak dan bervolume sehingga akan mudah dikeluarkan dari anus. Bayi yang berusia 6 bulan selain mendapatkan air dari ASI, juga dari air putih serta makanan yang dimakan. Jika memberikan susu formula, maka pilih yang bagus untuk sistem pencernaan. Kaya nutrisi  dan tinggi serat.

Sajikan Sesuai Waktu Yang Tepat

Orang tua perlu mengatur jam makan si kecil sehingga lebih teratur. Sebab makan ialah kegiatan merangsang usus, jika tidak teratur maka gerakan usus pun tidak stabil. Makan teratur berdampak pada BAB yang teratur. Hal ini juga menghindari bayi dari sembelit, kekenyangan dan kelaparan.

Bayi yang berusia 6 hingga 9 bulan harus menerima makanan tiga kali sehari, belum termasuk ASI. Mengenai porsinya pun disesuaikan sesuai umur si kecil. Tingkatkan porsi secara bertahap agar usus pun bisa menerima frekuensi yang masuk serta beli di tempat jual bubur bayi organik di Surabaya terbaik.

Variasi Menu Bubur Bayi Organik di Surabaya sebagai MPASI

Bubur Organik dengan Sup Ayam Kampung

Sumber karbohidrat diperoleh dari penggunaan beras dan kentang. Sedangkan protein hewani dari ayam kampung. Kemudian protein nabati diperoleh dari brokoli. Untuk sayuran lain ditambahkan wortel dan daun bawang kucai. Bubur organik ini kaya nutrisi di mana lemak juga diperoleh dari daging yang digunakan. sedangkan kandungan mineralnya sudah jelas dari daging dan sayur tersebut.

Nasi Tim Ikan Gurame

Nasi tim sebenarnya hampir berbentuk seperti bubur hanya saja dengan kadar air lebih sedikit. Karbohidrat sudah ada dari beras yang digunakan. Sayuran boleh menggunakan wortel dan daun seledri. Protein dari ikan gurame yang dicincang. Juga dimasak bersama air. Jadi, ketika membuat bubur bersama daging akan lebih bagus jika ditambahkan sayuran seperti kedua menu ini. Jangan hanya berikan daging saja, agar si kecil bisa mengetahui bagaimana rasa sayuran.

Nasi Tim Beras Merah dengan Daging Sapi

Penyajian nasi tim ini juga menggunakan sayuran berupa brokoli. Penggunaan beras merah karena memiliki nutrisi lebih tinggi dari beras putih. Juga digunakan bawang merah dan bawang putih agar lebih kaya rasa. Daging mengandung vitamin B dan zat besi sebagai sumber darah merah untuk si kecil agar terhindar dari risiko anemia. Sedangkan vitamin diperoleh dari sayuran. Untuk mineral dan lainnya juga dimiliki beras merah.

Nah, itulah beberapa varian menu MPASI dan tips memberikan bubur bayi organik di Surabaya untuk si kecil. Lebih mudah mengikuti tips dan mengurangi risiko kesalahan pemberian makanan untuk si kecil.

Jika memang merasa repot jika harus memasak menu MPASI sendiri, maka tidak perlu khawatir. Sudah hadir solusi yang terbaik dari Bubur Organik Onic yang terbuat dari bahan alami berkualitas. Dengan kandungan nutrisi yang tepat tentunya produk ini dapat dijadikan MPASI yang sesuai untuk pertumbuhan si kecil. Jika tertarik pada produk ini maupun untuk menjadi agennya Anda bisa mencoba menghubungi kami di nomor telepon 0821-2524-3680 atau melalui alamat email info@buburorganik.co.id.

[Total: 3   Average: 5/5]
Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 082125243680
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp