Blog

Bubur Bayi Organik Jogja

Bubur Bayi Organik Jogja – Bubur bayi merupakan makanan yang harus diberikan pada bayi pada usia 6 bulan ke atas. Dalam pemberiannya ternyata tidak boleh asal-asalan dan harus sesuai dengan umur serta formulanya. Bahkan pemberian tekstur dan percampuran bahan untuk buburnya harus dipertimbangkan mengenai gizi yang akan diterima oleh tubuh bayinya. Untuk itu pentingnya mengetahui bagaimana cara pemberian MPASI yang benar untuk bayi.

Bubur Bayi Organik Jogja

Cara Memberikan Bubur Bayi Organik Jogja Yang Benar

  1. Pentingnya pemberian MPASI untuk bayi usia 6 bulan

Bayi yang baru lahir sampai umur 5 bulan biasanya nutrisinya bisa dicukupi dengan ASI maupun susu formula saja. Namun semakin bertambah usianya bayi membutuhkan lebih banyak asupan gizi yang tidak cukup hanya berasal dari ASI maupun susu formula saja, bayi membutuhkan bubur bayi organik Jogja terbaik yang terbuat dari bahan-bahan yang bergizi tinggi.

ASI dan susu formula berperan sebagai makanan awal yang aman untuk pencernaan bayi yang masih dalam tahap penyesuaian dan perkembangan sehingga tidak bisa menerima makanan lain selain cairan susu tersebut. Sehingga pemberian makanan lain selain susu pada usia sebelum MPASI tanpa rekomendasi dari para ahli sama halnya dengan menyiksa bayi bahkan membahayakan bagi keselamatannya.

  1. Kapan waktu pemberian MPASI

MPASI seperti bubur bayi organik jogja mpasi biasanya diberikan pada umur 6 bulan ke atas. Ada beberapa kasus yang sudah boleh diberikan MPASI pada usia 5 bulan namun dikarenakan kondisi tertentu atau saran dari dokter ahlinya. Bayi pada usia awal ini masih memerlukan banyak pengenalan mengenai makanan yang akan disantap mengingat selama ini yang mereka tahu hanyalah susu sebagai makanan utamanya.

  1. Harus telaten dan jangan memaksa

Ada beberapa kasus yang membuat anak susah menerima makanannya jangan sampai memaksanya dengan kasar karena pemaksaan ini akan membuat bayi merasa lebih susah untuk menerima makanannya.

Manfaat Dari Pemberian MPASI Untuk Bayi

  • Memberikan asupan gizi sebagai pendamping ASI dengan jumlah yang lebih cukup sesuai dengan usianya seperti protein, vitamin, mineral dan energi yang cukup untuk menemani masa tumbuh kembangnya.
  • Memberikan rangsangan pada bayi mengenai makanan baru dan rasa baru pada lidah dan juga pencernaannya.
  • Memberikan latihan dasar mengenai cara mengunyah dan menelan sebagai rangsangan untuk perkembangan gigi dan juga lambung kecilnya.
  • Memberikan rangsangan pada motorik syaraf pada bayi sehingga bisa cepat tanggap dalam menerima sesuatu.
  • Memberikan latihan pada tubuh bayi dalam menerima makanan yang mengandung banyak energi.

Dalam pemberian MPASI ini tentunya tidak boleh asal mencampur dalam setiap bahan-bahan yang digunakan. Perlu diperhatikan dengan benar takaran dari karbohidrat, vitamin, mineral dan juga protein dalam makanannya. Sehingga pertumbuhannya bisa berjalan dengan baik tanpa ada rintangan di dalamnya.

Tips Agar Bayi Mau Makan MPASI

Banyak kesulitan yang dialami oleh orang tua ketika memberikan MPASI pada anaknya. Cara yang salah akan berimbas pada susahnya MPASI masuk pada mulut bayi atau bahkan berujung pada trauma makan. Hal ini akan berdampak tidak baik untuk perkembangan makannya.

Ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk membuat bayi mau menerima makanannya:

  • Jangan langsung memberikan MPASI dengan jumlah yang banyak tapi mulailah dari sendok sesendok untuk melatih lidah, mulut dan pencernaannya.
  • Perhatikan tekstur yang diberikan untuk bayi jangan langsung memberikan dalam bentuk yang kental namun mulailah dari bentukan encer menyerupai susu.
  • Kenalkan makanan dengan tahap perlahan jangan langsung mencampurkan beberapa bahan menjadi satu namun mulailah dengan memberikan satu jenis makanan terlebih dahulu pada bayi untuk membuatnya beradaptasi. Sebagai contohnya berikan satu buah pir saja terlebih dahulu kenalkan mengenai aromanya terlebih dahulu kemudian dari rasa dan teksturnya yang tepat.
  • Jangan dahulu memberikan makanan yang menimbulkan alergi seperti makanan laut, protein hewan ataupun bahan olahan susu sapi. Namun mulailah dahulu dengan memberikan makanan bebas alergi seperti sayuran dan buah-buahan agar tidak menimbulkan trauma pada diri bayi.
  • Lebih baik konsultasikan terlebih dahulu mengenai jenis makanan apa yang bisa berdampak alergi pada anak Anda dari pada mencobanya satu persatu namun nyatanya memberikan efek samping yang berbahaya untuk pengalaman makannya.

Masih bingung dengan MPASI apa yang akan diberikan pada bayi Anda? Anda bisa melihat referensi bubur bayi yang ada di jual bubur bayi organik Jogja. Ada banyak olahan makanan bayi yang cocok untuk MPASI.

Namun bagaimana jika anak tetap menolak makanan yang diberikan pada masa MPASI? Ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk melancarkan proses pemberian MPASI ini pada bayi:

  1. Kenalkan dengan telaten mengenai bahan makanan yang akan dikonsumsi anak. Jangan pernah bosan dengan penolakan yang berkali-kali oleh anak. Respons penolakan akan terjadi berkali-kali namun jika terus telaten dilakukan maka perlahan anak akan mulai penasaran dengan makanan tersebut.
  2. Biarkan anak fokus dengan makanannya jangan alihkan dengan pekerjaan lain seperti menonton TV ataupun bermain mainannya. Ajaklah anak fokus dengan peralatan makan yang ada di depannya. Kalau perlu Anda juga harus membawa makanan sendiri untuk mencontohkan apa yang harus dilakukan dengan makanan tersebut pada bayi. Jangan langsung menyuapi makanan pada bayi namun mulailah dengan mengenalkan bau lezat dari makanannya.
  3. Jangan pernah melakukan pemaksaan pada anak untuk menerima setiap makanan yang Anda berikan. Hal ini akan memberikan dampak yang kurang baik dalam pengalaman makan si kecil proses yang terlalu dipaksakan akan membuat anak semakin sulit untuk menerima makanannya. Berikan sedikit demi sedikit makanan untuk bayi sesuai dengan porsi dan tahapan umurnya.
  4. Carilah makanan yang disukai bayi atau campur dengan ASI maupun susu formula untuk membuat rasa bubur bayinya menjadi lebih familier pada lidah bayinya. Jangan pernah menyerah untuk mencari tahu mengenai makanan apa yang disukai oleh bayi sesuai dengan usianya. Jangan lupa untuk saling berbagi resep dengan sesama ibu untuk mendapatkan makanan yang bisa diterima anak sesuai dengan usianya. Cobalah banyak rasa dan warna untuk menarik perhatian si kecil.
  5. Cobalah menggunakan bubur bayi organik untuk MPASI karena bubur ini memiliki rasa yang lebih nikmat dan juga kandungan gizi yang lebih baik dibandingkan bubur biasanya.

Untungnya sekarang sudah ada produk bubur bayi organik Jogja dari ONIC yang bercita rasa enak sehingga pasti disukai si kecil. Anda yang selama ini merasa kesusahan buat bubur bayi sendiri bisa mencoba memberikan bubur bayi organik buatan ONIC FOOD ini.

Bubur ini tidak hanya aman karena terbuat dari bahan alami, namun juga bebas pengawet dan MSG. Selain itu teksturnya juga tidak terlalu encer dan berair, sangat cocok untuk si kecil agar lahap makan.

Hebatnya Anda tidak hanya bisa memberikan produk ini bagi si kecil, namun juga menjualnya secara online atau offline dengan cara jadi mitra ONIC FOOD sekarang juga.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp