Blog

Bubur Bayi Organik Jombang

Bubur Bayi Organik Jombang – Memberikan MPASI untuk anak bisa dibilang susah-susah gampang dan memerlukan banyak ketelatenan dalam proses memberikannya. Hal ini dikarenakan tidak selalu anak mau menerima apa yang diberikan untuknya melainkan kebanyakan selalu menolak karena merasa asing dengan apa yang akan masuk pada mulutnya. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memberikan makanan pendamping ASI pada bayi.

Bubur Bayi Organik Jombang

Tips Memberikan Bubur Bayi Untuk si Kecil

  1. Tanpa paksaan dan tidak menyiksa bayi

Cara yang paling tepat agar makanan bisa diterima oleh bayi adalah bagaimana cara pemberian makan tersebut dari orang tua ke anak. Usahakan jangan pernah memberikan suatu paksaan atau bahkan menyiksa bayi agar mau untuk membuka mulutnya. Hal ini akan menimbulkan suatu traumatis yang berbahaya untuk keberlanjutan perkenalan masa MPASI dan pengenalan makanan ini.

Dalam memberikan bubur bayi seperti bubur bayi organik Jombang terbaik jangan sampai membuat anak merasa tersakiti bahkan meneteskan air matanya karena penolakan yang dilakukannya. Awal MPASI pada masa batita merupakan masa dimana bayi akan pasrah dengan apa saja yang Anda berikan pada mulutnya, suka ataupun tidak dia akan tetap menelannya.

Namun seiring berkembangnya usia bayi tersebut kemampuan menolak makanan yang diberikan akan semakin kuat hal ini adalah tanda bayi suka atau tidak suka terhadap makanan yang Anda berikan.

Hal ini jelas saja wajar terjadi namun jika menuruti semua makanan sehat yang tidak disukainya juga akan berdampak buruk untuk bayi. Untuk itu ketelatenan dan kesabaran juga harus dijaga oleh orang tua dalam proses pemberian MPASI ini demi tumbuh kembang dan masa perkembangan yang ideal.

  1. Berikan makanan yang berbeda-beda

Banyak orang tua yang memberikan MPASI dengan bahan itu-itu saja dengan alasan makanan tersebut sangat disukai bayi dan tidak mau repot-repot mengenalkan banyak jenis makanan selama masa MPASI. Tentu saja hal ini akan memperburuk kondisi kemauan anak dalam menerima makanan. Mereka terkadang menolak makanan bukan karena tidak mau namun karena belum mengenal rasa dan aroma makanannya.

Untuk itu pentingnya mengenalkan berbagai macam makanan sedari diri untuk proses penyesuaian mereka. Hal ini akan berdampak baik pada saat mereka sudah dewasa dimana mereka tidak akan pilih-pilih makanan dan juga bisa memakan makanan yang sehat dengan porsi yang seimbang.

Pola hidup dengan makanan sehat dan seimbang tentunya akan memberikan dampak yang baik untuk masa depannya seperti halnya yang ada pada kandungan bubur bayi organik Jombang MPASI.

  1. Berikan contoh yang nyata

Jika ingin bayi Anda bisa makan makanan dengan gizi yang seimbang maka berikanlah contoh terlebih dahulu yang nyata pada mereka. Bayi bisa melihat apa yang orang tuanya kerjakan, apa yang mereka makan dan apa saja yang tersaji di meja makan. Untuk memancing keinginan bayi maka mulailah dari diri Anda untuk menyediakan makanan dengan gizi yang seimbang barulah terapkan pada bayi.

Contoh yang nyata ini akan lebih mudah diterima oleh bayi. Makanan bayi dengan gizi seimbang seperti yang dijual di jual bubur bayi organik Jombang tentunya memberikan dampak yang baik untuk perkembangan si kecil.

  1. Berikan jeda waktu

Bagaimana cara mengetahui anak terkena alergi karena makanan dan berapa lama jangka waktu yang bisa dilihat untuk mengetahui prosesnya? Yup pada tahapan MPASI yang perlu dilakukan adalah memberikan makanan yang sama dalam waktu 3 hari berturut-turut untuk mengetahui reaksi yang timbul pada tubuh bayi. Waktu 3 hari ini sudah cukup untuk melihat tanda-tanda apakah anak merasa alergi terhadap makanan tersebut atau tidak.

Ketika sudah dalam jangka waktu 3 hari namun tidak ada reaksi pada tubuhnya maka bisa dipastikan anak tidak mengalami masalah ketika mengonsumsi makanan tersebut. Waktu 3 hari ini juga sangat penting untuk membuat bayi beradaptasi dengan makanan baru yang diberikannya. Terlalu sering memberikan makanan baru tanpa memberikan jeda pada bayi justru akan membuatnya merasa lelah dan bingung dengan apa yang dimakannya.

  1. Tunggu anak merasa lapar

Sebagai orang tua hendaknya ketahui jam-jam dimana saat anak merasa lapar dan seberapa kegiatan yang dilakukan di hari itu. Semakin banyak kegiatan yang dilakukan oleh bayi maka semakin cepat pula perutnya merasa lapar.

Ketika bayi masih saja menolak makanan yang diberikan padahal sudah waktunya makan yang dilakukan bukanlah memaksa namun menggodanya dengan mendekat-dekatkan makanan bayi ke dekatnya. Anda juga bisa memakan makanan itu di depannya hal ini lebih efektif dilakukan dari pada harus memaksanya sampai menangis.

  1. Tekstur

Pentingnya tekstur berkaitan dengan umur bayi, pada MPASI awal berikan makanan cair terlebih dahulu untuk proses penyesuaian bayi. Jika sudah memasuki waktu peralihan dari MPASI awal ke tengah biasanya bubur sudah harus diganti dengan tekstur yang lebih padat. Tambahlah porsi yang diberikan atau padukan juga dengan makanan tekstur lain agar bayi lebih tertarik dan tidak aneh dalam memakan makanan bayinya.

  1. Ajak dia makan sendiri

Mempersilahkan bayi untuk menyantap makanan sendiri merupakan solusi yang baik untuk mengajak makan sekaligus mengajarinya bagaimana cara untuk makan. Berikan sendok untuk dipegang terlebih dahulu oleh bayi kemudian ajari dia memasukkan sendok ke dalam mulutnya dengan memberikannya contoh secara langsung di depannya. Dengan ini proses makan bayi akan semakin menyenangkan dan tidak membuat bayi bosan dengan setiap kegiatan makannya.

Jenis Bubur Yang Sering Digunakan Sebagai MPASI

Bubur bayi umumnya terbuat dari sayuran maupun buah-buahan meskipun ada juga yang memberikannya bahan tambahan seperti daging. Berikut merupakan beberapa jenis bubur yang sering digunakan untuk MPASI bayi:

  • Bubur Pepaya

Pepaya memiliki kandungan serat yang baik untuk pencernaannya dimana pada masa MPASI biasanya bayi akan sering mengalami gangguan pencernaan sehingga diperlukannya makanan yang memiliki serat tinggi agar BAB tidak terganggu.

  • Bubur Pisang

Pisang memiliki tekstur yang lembut dan cocok untuk pencernaan bayi. Pisang biasanya dipadukan dengan susu formula maupun ASI karena memiliki kandungan yang baik untuk menambah energi dan juga serat pada bayi.

  • Bubur Labu Kuning

Memiliki kandungan vitamin yang berlimpah dan juga warna kuning yang menarik untuk disajikan pada bayi labu kuning merupakan bahan bubur yang nikmat tanpa penambahan bahan lain untuk rasanya.

  • Bubur Kentang

Kentang memiliki kandungan karbohidrat yang lebih baik dibandingkan bahan lain biasanya bubur kentang ini dipadukan dengan kuah sop maupun kuah daging yang segar.

Itulah beberapa jenis bubur bayi organik Jombang yang bisa dicoba. Jika Anda merasa kerepotan membuat bubur bayi sendiri maka Anda bisa beli bubur bayi instan yang simpel dan praktis.

Salah satu brand ternama yang sudah dikenal masyarakat luas yaitu bubur bayi organik buatan ONIC. Anda bahkan tidak hanya bisa memberikannya pada si kecil, namun ikut berjualan sebagai mitra bubur bayi ONIC. Ada banyak varian produknya yang bisa dijual, loh!

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp