Blog

Bubur Bayi Organik Kebumen

Bubur Bayi Organik Kebumen – Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia anak yang sudah berusia sekitar 6 bulan ke atas maka ibu sudah bisa memberikan makanan solid atau MPASI. MPASI sendiri merupakan makanan pengganti asi. Akan tetapi masih banyak juga yang bingung mengetahui beberapa ciri kapankah harus memberikan MPASI pada anak.

Bubur Bayi Organik Kebumen

Ciri Bayi Sudah Siap Menerima MPASI

Ciri yang pertama ketika si kecil sudah siap dengan MPASI adalah ketika otot leher bayi sudah kuat untuk menopang kepalanya sendiri. Si kecil sudah mulai ingin menegakkan dan mengangkat kepalanya sendiri. Kedua, si keci, sudah bisa berdiri dengan tegak atau sedikit bantuan. Dan terakhir, si kecil akan tertarik ketika mulai disodorkan makanan ke mulutnya.

Jika Anda sudah menemukan beberapa tanda di atas, maka Anda sudah bisa mencoba untuk memberikannya MPASI awal. Untuk baru mencobanya, Anda bisa menggunakan makanan cair terlebih dahulu. Jika si kecil menolak, bisa jadi jika ia masih belum siap. Akan tetapi hal ini merupakan wajar. Anda bisa mencoba untuk memberikannya lagi selang beberapa lagi.

Ketika pada awal mulai MPASI si kecil, sudah pasti ibu akan bersemangat untuk membuatkan bubur sendiri. Akan tetapi banyak juga yang masih bingung bagaimana untuk membuatnya atau tidak memiliki banyak waktu. Untuk Anda yang cukup sibuk sehingga tidak sempat membuatkan bubur sendiri, maka menggunakan bubur bayi organik Kebumen terbaik bisa dijadikan pilihan.

Bubur pada kemasan bisa menjadi alternatif karena bisa dimasak dengan cepat dan praktis. Akan tetapi jika Anda juga ingin membuatnya sendiri menggunakan bahan yang ada di rumah, berikut adalah beberapa alat yang bisa Anda gunakan untuk membuat bubur.

Daftar Alat Yang Bisa Digunakan Untuk Membuat MPASI

  1. Slow cooker

Alat untuk membuat MPASI yang cocok untuk Anda yang sibuk atau ingin membuatnya secara praktis adalah dengan slow cooker. Salah satu kelebihan dari slow cooker ini adalah bisa tetap menjaga nutrisi yang ada pada bahan-bahan yang Anda gunakan. Bahkan juga membantu untuk meningkatkan kualitas dari gizi yang ada di dalamnya.

Sesuai dengan namanya, alat ini bekerja dengan waktu yang cukup lama agar MPASI bisa matang. Hal ini karena alat ini bekerja menggunakan suhu yang cukup rendah. Di pasaran, alat ini cukup memiliki pilihan yang beragam mulai dari kapasitas yang besar hingga 1,5 liter. Selain itu juga ada slow cooker yang menggunakan timer.

  1. Panci dan kukusan biasa

Alternatif lainnya selain menggunakan slow cooker adalah dengan menggunakan panci dan juga kukusan yang Anda punya di rumah. Anda bisa memilih menggunakan panci dan kukusan dengan bahan yang tahan karat agar MPASI di dalamnya tidak ikut terkontaminasi dengan bahan lainnya yang mungkin berbahaya.

  1. Blender dan saringan

Jika semua bahan yang akan Anda gunakan dalam membuat MPASI bubur bayi organik Kebumen sudah matang, maka selanjutnya Anda harus menghancurkannya menjadi bentuk yang lebih halus.

Untuk menghaluskan tersebut Anda bisa menggunakan blender. Tujuannya adalah agar tekstur dari MPASI tersebut bisa lembut dan mudah untuk dicerna oleh si kecil. Setelah dihancurkan, jangan lupa untuk menyaringnya. Hal ini berguna agar bubur tersebut benar-benar lembut dan halus. Gunakan saringan kawat dengan bahan baja yang antikarat.

  1. Wadah untuk menyimpannya

Jika MPASI tersebut sudah jadi, Anda bisa langsung memberikannya pada si kecil. Namun jika kebetulan Anda membuatnya dengan jumlah yang banyak, Anda harus menyimpannya pada wadah. Akan tetapi juga ada hal yang penting untuk diperhatikan ketika memilih wadah untuk MPASI si kecil. Jika Anda menggunakan wadah dengan bahan plastik, maka hindari untuk menggunakan bahan yang mengandung Bisphenol A atau BPA free.

BPA ini merupakan zat kimia yang jika tertelan oleh si kecil bisa menyebabkan kerusakan pada otak anak Anda. Jika Anda tidak yakin dengan wadah plastik yang Anda gunakan, Anda bisa memilih wadah kaca atau yang terbuat dari stainless steel.

  1. Food processor

Alat terakhir yang bisa Anda gunakan untuk membuat MPASI adalah food processor. Dengan menggunakan alat ini, Anda bisa membuat MPASI dengan lebih cepat dan praktis. Anda bahkan bisa mengolah kentang hingga matang dengan waktu 15 menit lebih cepat dari menggunakan alat pengukus biasa. Akan tetapi kekurangan dari alat ini adalah daya listrik yang dibutuhkan cukup besar. Sehingga Anda juga harus mempertimbangkan mengenai biaya listrik rumah Anda.

Blender vs Food Processor

Penggunaan blender dan food processor untuk membuat MPASI si kecil memang sering digunakan. Namun banyak juga yang masih belum mengetahui perbedaan dari kedua benda tersebut.

Berikut adalah beberapa perbedaan dari food processor dan juga blender ketika digunakan untuk membuat MPASI:

  1. Blender lebih bagus untuk membuat makanan cair

Tekstur makanan bayi yang baru memulai MPASI yang bagus adalah halus namun tetap padat. Oleh karena itu dibutuhkanlah alat untuk mengolah makanan tersebut menjadi halus. Blender merupakan alat yang cocok untuk membuat tekstur makanan yang lebih cair. Alat ini didesain untuk menghaluskan dan juga mencampur makanan lunak.

Itulah mengapa alat ini lebih sering digunakan untuk membuat jus, bumbu masakan dan smothies. Jika Anda menggunakan alat ini untuk membuat pure maka diperlukan sedikit air agar blender bisa menghasilkan puree yang halus.

  1. Food processor membantu memotong bahan menjadi lebih kasar

Bayi yang berusia sekitar 9 hingga 1 tahun biasanya sudah mulai tumbuh gigi. Hal ini berarti gerak gigi biasanya akan meningkat. Jika beberapa tanda tersebut sudah mulai tumbuh berarti Anda sudah bisa mencoba untuk memberikan MPASI dengan tekstur yang lebih kasar. Contohnya makanan yang dicincang atau nasi tim.

Alat yang cocok untuk digunakan membuat bubur yang sedikit lebih kasar adalah food processor. Alat ini juga memiliki fungsi yang justru lebih banyak dibandingkan dengan blender dalam membuat MPASI. Anda bisa menggunakan alat ini untuk memotong, memarut, mencacah, mengiris dan juga mencampurkan bahan untuk membuat MPASI tanpa menambahkan air lagi. Alat ini juga cocok digunakan untuk membuat sereal untuk si kecil. Sehingga alat ini juga sangat praktis untuk Anda gunakan.

Dikarenakan food processor sudah bisa membantu Anda untuk membuat MPASI yang lebih kasar maka Anda juga tidak perlu menambahkan cairan lagi ketika menggunakan alat ini. Hal ini karena tekstur makanan yang cair akan membuat food processor menjadi bocor dan rusak.

Namun jika Anda masih cukup repot untuk membuat MPASI sendiri, Anda bisa memilih untuk membeli bubur bayi di toko yang jual bubur bayi organik Kebumen agar lebih praktis.

  1. Penggunaan blender yang salah bisa mengurangi nutrisi MPASI

Beberapa penelitian menyatakan bahwa panas yang dihasilkan dari pisau blender bisa membuat beberapa kandungan gizi makanan menjadi terurai. Selain itu jika terlalu banyak cairan yang ditambahkan, si kecil juga tidak menyukainya karena terlalu encer. Oleh karena itu Anda bisa menggunakan bubur bayi organik daripada repot menggunakan alat dan juga lebih praktis.

Salah satu produk MPASI yang praktis dan simpel adalah bubur organik bayi buatan ONIC. Produk ini sudah cukup lama beredar di masyarakat sejak tahun 2015 dan telah ada di 40 outlet sendiri di seluruh Indonesia. Anda pun bisa coba buka outletnya dengan bergabung jadi mitra bubur bayi organik Kebumen atau area lainnya. Hubungi 0821-2524-3680/ email ke info@buburorganik.co.id.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp