Blog

Bubur Bayi Organik Sidoarjo

Bubur Bayi Organik SidoarjoMakanan pendamping asi untuk si kecil bisa dibuat dari banyak sekali pilihan bahan. Berbagai macam bahan yang digunakan untuk membuat MPASI juga akan bermanfaat untuk kebutuhan gizi si kecil. Terutama guna mendukung pertumbuhan dan juga perkembangannya.

Akan tetapi bagaimana dengan menggunakan rempah-rempah untuk MPASI? Apakah penggunaan rempah-rempah tersebut memang diperbolehkan?

Bubur Bayi Organik Sidoarjo

Ternyata Anda bisa menggunakan rempah-rempah ketika membuat MPASI sendiri. Bahkan penggunaan rempah-rempah tersebut untuk MPASI si kecil juga dianjurkan karena bisa membantu si kecil untuk mengenalkan berbagai macam rasa.

Rempah-rempah Untuk Bahan MPASI si Kecil

Rempah-rempah sendiri merupakan berbagai macam tanaman yang menghasilkan rasa dan aroma tertentu pada makanan. Rempah juga berguna untuk memberikan warna khas pada makanan. Rempah biasanya memiliki bentuk berupa biji, daun, bunga, buah hingga akar. Misalnya bawang putih, bawang merah. daun pandan, merica dan lainnya. Pemberian rempah-rempah ini biasanya juga ada pada makanan bayi. 

Akan tetapi pemberian rempah-rempah tersebut tidak dianjurkan jika si kecil baru memulai MPASI. Minimal si kecil sudah berusia 1 tahun untuk bisa menggunakan MPASI dengan campuran rempah-rempah. Hal ini karena pada dasarnya tujuan dari adanya MPASI adalah untuk mengenalkan si kecil pada berbagai macam rasa, tekstur dari makanan hingga membiasakan si kecil dengan porsi bubur bayi organik Sidoarjo. Jika ketika pada awal MPASI si kecil sudah diberikan MPASI dengan kandungan rempah-rempah, maka akan menyebabkan kebingungan karena rasa pada si kecil. 

Bahkan ketika membuat MPASI, si kecil juga masih belum membutuhkan cita rasa yang asin dari garam. Itulah mengapa garam sangat dihindari atau tidak pernah digunakan ketika membuat MPASI. Si kecil yang masih berusia kurang dari 1 tahun memang sebaiknya menghindari untuk mengonsumsi MPASI yang mengandung rempah-rempah. Tujuannya agar si kecil benar-benar mengenal dan terbiasa dengan berbagai macam rasa dari makanan yang berbeda. 

Pemberian rempah-rempah pada MPASI si kecil juga tidak boleh dipaksakan. Namun jika Anda memang ingin memberikan campuran rempah pada MPASI si kecil, maka hindari untuk memberikan lada dan juga cabai. Hal ini karena jika rempah yang digunakan terlalu menyengat, pedas dan juga merangsang indranya maka akan membuat selera makan si kecil menjadi terganggu. 

Tips Memberikan Rempah-rempah Pada MPASI

  • Berikan dalam jumlah yang sedikit

Ketika si kecil sudah mulai terbiasa dengan rasa dari MPASI yang biasanya Anda berikan, maka Anda bisa mencoba untuk memberikan tambahan rempah-rempah pada MPASI. Akan tetapi agar si kecil tidak kebingungan dengan rasa baru dari MPASI, Anda bisa memberikan satu jenis rempah-rempah saja pada MPASI. Tambahkan sejumput bumbu pada MPASI bubur bayi organik Sidoarjo dan pastikan jika rempah dengan bubur tersebut sudah tercampur dengan rata.

Selanjutnya tunggu dan perhatikan reaksi si kecil. Jika si kecil tidak menyukainya, maka selanjutnya Anda bisa menghentikan penggunaan rempah tersebut. Namun jika si kecil menyukainya, maka Anda bisa menambahkan rempah lagi. Akan tetapi pastikan jika jumlah atau takaran dari rempah tersebut tidak berlebihan atau sedikit saja. 

  • Hindari untuk menambahkan gula atau garam

Penggunaan rempah pada makanan pendamping asi si kecil memang bagus untuk perkembangan langit-langit mulutnya. Akan tetapi tambahan berupa garam dan juga gula memang harus dihindari. Hal ini dikarenakan gula dan garam bisa menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan untuk si keci.

Misalnya diabetes, obesitas, hingga penyakit jantung. Terlebih lagi berbagai macam masalah kesehatan tersebut selain berdampak ketika masih kecil juga bisa tetap berdampak ketika si kecil sudah dewasa. Itulah mengapa garam dan gula tidak digunakan ketika membuat MPASI.

Jika Anda memilih untuk menggunakan bubur organik instan, maka pastikan juga jika tidak ada gula, garam atau penyedap rasa lainnya pada komposisi tersebut. Jika memang ada rasa manis, maka pastikan rasa manis tersebut merupakan rasa manis alami yang berasal dari sumber bahan yang digunakan. Seperti buah-buahan atau sayuran yang memiliki rasa manis yang alami.

  • Menggunakan rempah-rempah yang masih segar

Dalam hal keamanan, penting untuk Anda menggunakan rempah-rempah yang masih segar. Jadi yang digunakan bukanlah rempah-rempah yang sudah diolah atau bumbu instan yang banyak ditemukan di toko.

Akan tetapi jika memang Anda terpaksa untuk menggunakan rempah-rempah yang ada di supermarket, maka pastikan tentang tanggal kedaluwarsanya. Selain itu ingat juga untuk tidak memberikan jumlah atau takaran rempah-rempah yang berlebihan ketika membuat menu MPASI si kecil.

  • Menggunakan rempah yang bebas dari pestisida

Rempah-rempah yang masih sehat memang akan lebih aman digunakan untuk campuran makanan si kecil. Terlebih lagi jika Anda menanam sendiri rempah tersebut. Dengan menanam sendiri rempah, maka juga akan lebih aman karena tidak menggunakan pestisida.

Agar lebih aman dan juga praktis, Anda bisa menggunakan bubur bayi organik instan yang mengandung rempah-rempah. Bubur organik tersebut bisa ditemukan pada jual bubur bayi organik Sidoarjo.

Penggunaan bahan rempah yang terhindar dari pestisida juga akan lebih aman untuk kesehatan si kecil. Selain itu penggunaan zat yang berbahaya juga akan lebih rentan menimbulkan efek samping untuk kesehatannya. Namun penting juga untuk diingat bahwa penggunaan rempah-rempah memang harus disesuaikan dengan usia si kecil, yaitu di atas 1 tahun. 

  • Cita rasa rempah dalam MPASI

Ada berbagai macam pro dan kontra dalam penggunaan rempah-rempah atau bumbu untuk MPASI si kecil. Rempah-rempah bahkan memiliki dua jenis yang berbeda. Pertama adalah rempah-rempah aromatik dan pedas. Pala, bawang putih, jahe, kayu manis, ketumbar, adas dan jintan termasuk dalam rempah-rempah aromatik yang baik untuk diperkenalkan ada si kecil. 

Akan tetapi ada juga beberapa bayi yang lebih sensitif dengan bumbu dan juga rempah-rempah. Anda disarankan untuk menunggu beberapa hari jika ingin memperkenalkan rempah-rempah tersebut. Gunakan jenis rempah yang sama pada makanannya selama beberapa hari.

Hal ini juga sama seperti ketika Anda mencoba untuk memperkenalkan makanan baru pada si kecil. Tujuannya adalah untuk melihat apakah ada efek samping seperti alergi pada si kecil ketika mengonsumsi makanan dengan tambahan rempah tersebut.

Jika si kecil memang menyukainya dan tidak menimbulkan dampak apa pun, maka Anda bisa mencoba untuk memberikan rempah jenis lain pada makanannya. Prosesnya bisa Anda lakukan secara berulang. Sehingga juga akan lebih aman dan memudahkan Anda untuk mendeteksi reaksi si kecil terhadap bubur bayi dengan tambahan rempah-rempah.

Mitra Bubur Bayi Organik Sidoarjo

Apakah Anda tertarik menjadi mitra bubur bayi pabrikan ONIC? Kami adalah perusahaan makanan bayi organik yang telah lama membuat produk-produk MPASI berbahan alami sehingga aman bagi si kecil.

Saat ini sudah ada 40 outlet ONIC bubur bayi organik di Indonesia termasuk nantinya outlet bubur bayi organik Sidoarjo. Anda pun bisa buka sendiri di area Anda. Hubungi 0821-2524-3680 atau email ke info@buburorganik.co.id jika Anda tertarik jadi mitra kami.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp