Blog

Bubur Organik Bayi Terbaik

Bubur Organik Bayi Terbaik – Pemberian makanan lain sekaligus minuman lain ketika bayi sudah berusia lebih dari 6 bulan dinamakan makanan pendamping ASI. Contohnya pemberian bubur organik, nasi tim ataupun puding. Tetapi ASI masih tetap diberikan hingga bayi berumur 2 tahun. MPASI diberikan harus tepat waktu, jangan terlalu lambat ataupun sebaliknya. Jika diberikan sebelum umur 6 bulan berisiko besar memiliki alergi, obesitas hingga eksim. Sedangkan jika diberikan terlalu lambat mengakibatkan gangguan pertumbuhan.

Bubur Organik Bayi Terbaik

Manfaat Bubur Organik Bayi Terbaik untuk MPASI

    • Memenuhi Kebutuhan Nutrisi

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa pemberian ASI saja tidak bisa memenuhi kebutuhan gizi bayi. Oleh karena itu, ditambahkan MPASI yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin hingga mineral lainnya. Jika nutrisi ini tidak masuk ke dalam tubuh bayi saat sudah berusia 6 bulan, ini akan mengganggu pertumbuhannya. Bisa saja bertumbuh pendek ataupun bertubuh kerdil.

    • Perkembangan Motorik

MPASI seperti bubur organik bayi terbaik MPASI juga membantu perkembangan motorik bayi serta melatih kemampuan otot-otot yang ada di mulut bayi. Sehingga saat berumur satu tahun dia sudah bisa mengunyah dan menelan dengan baik. Si kecil pun bisa dengan mudah menerima tekstur bayi mulai dari yang halus, kenyal hingga padat dengan berbagai rasa.

Strategi Pemberian Bubut Bayi Organik untuk MPASI

Strategi ini dibutuhkan agar tidak salah dalam memberikan MPASI. Karena kesalahan merugikan  si kecil itu sendiri.

  • Tepat  Waktu

Telah disinggung di atas bahwa MPASI harus diberikan tepat waktu yang tidak boleh terlalu lambat ataupun terlalu cepat. Namun juga harus disesuaikan dengan kesehatan bayi. Sebab untuk kasus tertentu, ada juga dokter menyarankan agar MPASI diberikan sebelum bayi berusia 6 bulan. Terutama jika berat badan bayi masih jauh dari rentang normal.

  • Menu yang Memadai

Menu MPASI untuk bayi yang sudah berusia 6 bulan terbagi menjadi dua jenis yaitu menu tunggal dan menu campuran. MPASI yang hanya terdiri atas satu macam sumber disebut menu tunggal seperti dari buah saja, sayur saja ataupun lauk saja. Sedangkan menu campuran ialah menu yang dibuat dari berbagai sumber, ada nasi dilengkapi lauk, buah, sayur hingga menu pelengkap lainnya.

  • Menu yang Higienis dan Aman

Hal ini dilihat dari berbagai aspek, mulai dari penyimpanan, pengolahan hingga penyajian bubur organik bayi terbaik sehat. Jika disimpan di tempat yang tidak aman dan kotor, tentu makanan menjadi tidak higienis. Begitu juga jika tidak dicuci bersih, diolah dengan cara yang kurang tepat maka tidak bagus untuk dikonsumsi bayi. Jadi,  harus digunakan alat yang bersih terutama ketika mengolah, memasak dan menyajikan.

  • Pemberian Responsif

Maksudnya di sini, MPASI untuk si kecil diberikan ketika si kecil lapar  atau ketika sudah masuk waktu makan. Jika bayi sudah kenyang, jangan memaksakan makan karena si kecil pun menjadi kesal sehingga ke depannya bisa saja tak mau makan lagi.

Cara Memberikan Bubur Organik untuk MPASI Si Kecil

Bubur organik kini sudah semakin populer untuk bayi karena selain dibuat dengan cara yang bagus juga menggunakan bahan yang segar. Tentunya banyak bahan yang bisa diolah menjadi bubur selain beras merah saja. Campurkan dengan sayur dan daging. Nah, untuk cara memberikannya berikut penjelasan.

  • Mulai dengan Satu Rasa

Saat masa awal pemberian MPASI, pilih yang satu rasa dulu ataupun satu jenis bahan makanan. Misalnya bubur yang mengandung daging ikan, besoknya yang mengandung daging ayam yang bisa dibeli di tempat jual bubur organik bayi terbaik.

Secara perlahan, kenalkan berbagai variasi makanan dengan rasa yang berbeda tentunya. Tetapi sebatas apa yang bisa dikonsumsi oleh bayi saja terutama masa awal MPASI. Pemberian satu rasa ini agar si kecil bisa mengenal rasa dasar yaitu asam, manis, asin dan gurih. Sehingga memang harus diberikan secara bervariasi. Perlu juga diperhatikan agar jangan selalu memberi rasa manis ataupun gurih, sehingga si kecil tidak menolak rasa yang lain.

  • Berikan Rasa yang Sama

Hal ini dilakukan selama beberapa hari, mungkin pertama kali si kecil tidak langsung suka dengan makanan yang disodorkan. Bahkan bisa saja akan dibuang makanan tertentu. Namun, jangan khawatir hal ini karena bayi belum kenal dengan rasa makanan yang masuk ke mulutnya. Si kecil masih bingung dengan tiba-tiba ada rasa baru yang diketahui. Apalagi saat bayi mengonsumsi makanan dengan rasa baru, membuang ataupun melepehkan makanan adalah hal normal yang terjadi.

Para orang tua harus bersabar hingga anaknya menyukai makanan yang diberikan. Memberikan rasa yang sama dan satu rasa ini juga berguna untuk melihat apakah ada reaksi dari si kecil atau tidak. Jika muncul benjol-benjol, ruam dan rasa gatal setelah mengonsumsi makanan tertentu, maka hentikan sementara dan silakan berkonsultasi dengan dokter.

Lebih mudah mendeteksi dan mengetahui penyebab alergi ketika si kecil mengonsumsi satu rasa dari satu sumber makanan. Namun, jika si kecil sangat suka  dengan makanan yang diberikan, itu tidak masalah. Apalagi jika si kecil sampai menghabiskan makanan MPASI-nya.

  • Kombinasi Dua Rasa

Setelah beberapa hari memberikan satu jenis makanan dengan rasa yang sama. Kini saatnya mencampurkan dua hingga lebih sumber makanan. Hal ini agar nutrisi yang masuk ke tubuh si kecil tidak hanya satu jenis saja. Silakan berikan bubur organik yang mengandung daging dan sayur. Begitu juga dengan nasi tim, kombinasikan dengan buah dan sayur. Termasuk puding yang kini bisa dibuat dengan berbagai bahan dengan hasil yang lezat dan menarik.

Jangan lupa perkenalkan tekstur makanan yang baru pada si kecil. Jika sebelumnya hanya diberikan bubur ataupun puree, sekarang mulai mencoba memberikan bubur saring saat usianya sudah memasuki 7-8 bulan. Begitu juga sudah bisa diberikan nasi tim dan finger food saat si kecil berusia 9 bulan.

Ajarkan si kecil untuk makan sendiri. Mulai memegang sendok, mengambil makanan hingga memasukkan ke mulut dengan tangannya sendiri. Hal ini berguna agar kemampuan motorik si kecil bisa lebih terangsang. Biarkan si kecil mencoba banyak hal agar lebih mandiri ke depannya.

Nah, itulah strategi dan cara yang perlu diperhatikan oleh orang tua saat memberikan bubur organik bayi terbaik untuk si kecil tercinta. Tips di atas juga memudahkan orang tua mendapatkan MPASI terbaik yang sehat berkualitas untuk si kecil. Terlebih lagi jika Anda menggunakan Bubur Organik Onic yang dibuat dari berbagai bahan berkualitas. Tentunya ada lebih banyak lagi keuntungan yang bisa di dapatkan saat menggunakan bubur ini sebagai MPASI untuk si kecil. Karena itulah jika Anda berminat untuk menggunakan bubur Onic maupun menjadi agen segera hubungi kami di nomor telepon 0821-2524-3680 atau melalui alamat email info@buburorganik.co.id.

[Total: 3   Average: 5/5]
Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 082125243680
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp