Blog

Bubur Organik Buat Bayi

Bubur Organik buat Bayi – Bubur organik berbahan kacang hijau memang sudah terkenal banyak manfaatnya. Bahkan kacang hijau tidak hanya bagus untuk bayi namun juga bagus untuk orang dewasa.

Bubur Organik buat Bayi

Manfaat Bubur Organik Buat Bayi Rasa Kacang Hijau

Kacang hijau tidak hanya mengandung protein nabati, juga dikenal sebagai sumber mineral dan vitamin. Sehingga dimanfaatkan kacang hijau sebagai MPASI bayi dalam bentuk menu bubur organik adalah hal yang baik. Banyaknya nutrisi penting dalam bubur organik buat bayi MPASI dari kacang hijau memberikan banyak manfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan si kecil.

    • Kandungan vitamin A  berperan dalam kesehatan mata si kecil.
    • Vitamin C meningkatkan daya imunitas dari serangan virus.
    • Kandungan Kalium dan Magnesium berperan dalam kesehatan pembuluh darah.
    • Kaya serat yang sangat penting untuk melancarkan sistem pencernaan, sebab bayi lebih sering sembelit dibandingkan orang dewasa.
    • Mengeluarkan racun dalam tubuh.
    • Bagus untuk kesehatan hati si kecil.
    • Zat besi agar si kecil tidak anemia.
    • Menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh.
    • Mengaktifkan antibodi dan sel darah putih.
    • Kandungan flavonoid berguna sebagai anti inflamasi dan anti mikroba agar si kecil tidak mudah terserang penyakit.
    • Kandungan asam folat bagus untuk perkembangan otak dan daya ingat bayi.

Meskipun ukuran kecil, namun bahan ini aman dikonsumsi mulai usia bayi 6 bulan hingga lebih. Tentunya dengan catatan si kecil tidak ada reaksi alergi saat menyantap bubur kacang hijau ini. Bahkan, akan lebih bagus jika memberikan kacang hijau berwarna kuning di mana kulit hijau tipisnya sudah dibuang. Tetapi, jika tidak ada kacang hijau warna kuning ini,  maka boleh saja memberikan kacang hijau yang penting teksturnya sudah halus.

Tips Aman Sajikan Bubur Organik Kacang Hijau untuk Bayi

Kacang hijau yang sudah dijelaskan di atas dengan segala manfaatnya bagus disajikan untuk si kecil dalam bentuk bubur organik. Mungkin sebagian orang tua takut ataupun khawatir memberikan bubur kacang hijau, tetapi coba ikuti tips berikut.

  • Konsultasi dengan Dokter

Sangat bagus jika langsung berkonsultasi dengan dokter anak. Sehingga nanti dokter bisa langsung melakukan pengecekan apakah si kecil ada riwayat alergi kacang hijau atau tidak. Jika tidak alergi maka akan lebih mudah memberikan bubur organik buat bayi sehat. Tentunya porsi dan waktu diberikan perlu disesuaikan. Umumnya untuk bayi yang tidak memiliki riwayat alergi, bisa langsung diberikan saat sudah masuk usia 6 bulan. Namun, jika ada riwayat alergi silakan  berikan ketika bayi sudah berusia 24-36 bulan.

Sebagai orang tua memang sangat penting secara rutin berkonsultasi terkait pertumbuhan dan perkembangan anaknya dengan dokter. Termasuk juga berkonsultasi tentang MPASI yang diberikan. Karena tidak semua orang tua tahu dan memahami dengan baik apa kebutuhan bayi. Apalagi bubur organik kacang hijau yang diberikan pun perlu disesuaikan dengan usia bayi. Jika umur 6 bulan, ada kadar tertentu yang cukup untuk bayi. Jangan diberikan berlebihan dan jangan sangat sedikit. Saat usianya sudah bertambah, porsi makanan pun perlu diberikan lebih banyak daripada porsi sebelumnya.

  • Pilih yang Berkualitas

Ketika memilih kacang hijau, pilihlah yang berkualitas dan terbaik. Bijinya yang masih bulat utuh dan tidak ada ulat atau semacamnya. Kini sangat mudah sebab sudah ada bubur organik kacang hijau untuk bayi yang bisa langsung diberikan. Tidak perlu memasak lagi hanya perlu pesan saja. Belilah di tempat terpercaya, yang aman dan higienis.

Namun, terutama untuk para orang tua super sibuk kini ada bubur organik kacang hijau. Jika tidak ingin membuat ataupun tidak sempat masak, maka tinggal beli saja yang sudah jadi. Tentu harus beli di tempat yang aman agar terjamin kualitasnya. Jangan lupa lihatlah juga kebersihan lingkungan tempat yang dibeli tersebut.

Sistem pencernaan bayi masih sangat sensitif. Jika sedikit saja ada kotoran yang tidak sengaja masuk, berpotensi membuat bayi sakit perut bahkan bisa saja diare jika sangat parah. Jika hal ini terjadi, maka orang tua juga akan kesusahan menjaga dan merawat bayi. Belum lagi suara menangisnya yang keras-keras.

Memang benar, memilih makanan bayi terbilang gampang-gampang susah. Pasalnya, tidak sama dengan memilih makanan untuk orang dewasa yang bisa makan berbagai makanan. Bahkan tak peduli bersih, yang sudah terkena semut ataupun yang lainnya bisa saja langsung dimasukkan ke mulut. Namun sangat berbeda dengan bayi, semua yang masuk ke dalam mulut bayi harus terjaga kebersihannya, higienis dan aman dari segala bahan kimia. Hal ini sangat penting diperhatikan saat berkunjung ke tempat jual bubur organik bayi terbaik.

  • Cek Selama 2 Hari

Jika masih ingin mengecek sendiri apakah si kecil alergi kacang hijau atau tidak, para orang tua juga bisa melakukannya langsung di rumah. Silakan berikan bubur organik kacang hijau secara berturut-turut selama 2 hari. Kemudian perhatikan apakah ada reaksi dari sistem pencernaan si kecil atau tidak. Jika ditemukan reaksi disertai rasa gatal hingga eksim, maka hentikan sementara. Konsultasi dengan dokter untuk mengatasinya. Namun jika tidak ada reaksi buruk, bubur organik kacang hijau bisa langsung diberikan.

  • Perhatikan Kemampuan Bayi

Ketika memberikan bubur kacang hijau, juga perlu melihat kemampuan mengunyah si kecil. Terutama untuk bayi berusia 6 bulan, sangat penting memberikan bubur dalam kondisi sangat halus agar tidak tersedak. Selain itu, si kecil juga masih beradaptasi dengan tekstur makanan yang masuk ke mulutnya.

Jadi, sangat penting bagi orang tua untuk selalu mendampingi si kecil makan. Sebab mereka belum tahu apa saja yang bisa dimakan dan yang mana yang tidak boleh dimakan. Begitu juga saat minum air, si kecil belum bisa minum langsung tanpa dibantu. Orang tua perlu cekatan dalam hal ini.

Bubur organik memang makanan menarik untuk bayi. Teksturnya yang halus memudahkan bayi menelannya. Tetapi hal ini tentunya butuh proses, sebab bayi belum bisa melakukan semua hal dengan sempurna.

Bayi yang belum tumbuh gigi, tentu tidak bisa mengunyah. Ia hanya akan menggerakkan mulutnya saja. Namun hal ini juga ikut berperan dalam perkembangan motorik si kecil. Pergerakan dan segala yang dilakukan  bayi sebenarnya ikut berperan dalam perkembangannya. Makanya, sangat penting juga untuk membiarkan si kecil makan sendiri. Memegang sendok dan mengambil bubur organik dengan tangannya sendiri. Ibu hanya perlu melihat dan membantu jika ada yang membuat bayi kesulitan. Meskipun ada yang tumpah, namun tak masalah sebab si kecil sudah bisa belajar hal baru.

Untuk membantu perkembangannya berikan bubur organik Onic yang terbuat dari bahan berkualitas pilihan. Dengan berbagai variasi rasa tentunya akan membuat si kecil lebih menyukai rasanya. Karena itulah jika Anda berminat untuk menggunakan bubur Onic maupun menjadi agen segera hubungi kami di nomor telepon 0821-2524-3680 atau melalui alamat email info@buburorganik.co.id.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp