Blog

Bubur Organik di Klaten

Bubur Organik di Klaten – Bubur organik ialah salah satu menu makanan yang dibutuhkan bayi sebagai MPASI. Bubur tentunya dibuat dari berbagai sumber mulai dari beras, kemudian ditambahkan sayur hingga daging. Sehingga tercukupi semua kebutuhan nutrisi si kecil. Memberikan MPASI juga ada panduan yang sebaiknya diikuti orang tua. Hal ini selain memudahkan orang tua, juga berguna agar MPASI yang diberikan tersebut memang benar-benar sesuai yang dibutuhkan si kecil.

Bubur Organik di Klaten

Panduan Memberikan Bubur Organik di Klaten untuk MPASI

Ketahui Jenis Makanan

Makanan yang dimakan bayi jika dilihat dari teksturnya tentu sangat berbeda dengan bayi. Namun, dalam hal ini nutrisi yang dibutuhkan si kecil sama dengan nutrisi yang dibutuhkan orang dewasa. Seperti karbohidrat, protein, lemak, mineral hingga vitamin yang akan ditemukan dalam MPASI.

Pilihan menu MPASI bukan saja  menu tunggal ataupun menu campuran, namun juga ada menu yang lainnya seperti bubur organik di Klaten MPASI. Bahkan kini ada MPASI khusus yang dibuat sendiri ataupun buatan pabrik yang siap pakai. Hal ini tentu sangat memudahkan orang tua. Pilihan lain menu MPASI ialah menu yang seperti dikonsumsi keluarga tetapi sudah dimodifikasi. Bisa dihaluskan terlebih dulu atau digunakan bahan tertentu saja, misalnya tidak menggunakan penyedap rasa yang berbahaya untuk si kecil.

Menu bubur organik dihasilkan dari sumber makanan seperti beras dan segala lauk pauk serta sayuran. Hal ini juga harus diperhatikan oleh orang tua saat ingin menyajikan MPASI untuk anaknya.

  • Makanan Sumber Zat Besi

Ketika bayi sudah masuk usia 6 bulan, maka cadangan zat besi yang diperoleh sejak lahir sudah habis. Sehingga penting diberikan MPASI yang mengandung zat besi seperti hati sapi ataupun hati ayam, daging merah, makanan laut hingga kuning telur.

  • Makanan Sumber Karbohidrat

Makanan sumber karbohidrat ini salah satunya dari beras yang dijadikan menu bubur organik untuk si kecil. Selain itu, karbohidrat juga bisa diperoleh dari kentang ataupun umbi-umbian yang lainnya. Ketika usia si kecil masuk 8 bulan mulai boleh menyajikan gandum dan sereal untuknya.

  • Makanan Sumber Protein

Telur adalah sumber protein hewani yang dibutuhkan si kecil. Sedangkan protein nabati dapat ditemukan dalam kacang-kacangan ataupun produk lainnya seperti tahu dan tempe.

Memperhatikan Tekstur Makanan

Ketika masih awal perkenalan dari ASI ke MPASI, sangat dianjurkan orang tua menyajikan makanan yang bertekstur halus dan lembut untuk si kecil. Seperti bubur organik di Klaten sehat, nasi tim ataupun puding. Sehingga makanan harus dihaluskan terlebih dulu hingga menjadi bubur.

Cara penyajian seperti ini karena bayi belum memiliki gigi yang sempurna dan sistem pencernaannya pun masih beradaptasi untuk menerima makanan bertekstur padat. Tekstur makanan dikenalkan secara bertahap. Usia 6-8 bulan diberikan MPASI dalam bentuk puree ataupun makanan yang ditumbuk. Selanjutnya berilah makanan yang teksturnya lumayan tebal yaitu dalam kondisi lumat.

Ketika sudah masuk usia 9-11 bulan selain memberikan bubur, sudah bisa berikan camilan yang dicincang halus, kemudian cincang kasar hingga finger foods. Ketika berumur satu tahun sudah boleh diberikan makanan seperti orang dewasa, tetapi berkaitan dengan daging jangan beri bersama tulangnya.

Memperhatikan Porsi dan Frekuensi Makanan

Selain tekstur, porsi makanan yang diberikan pun harus diperhatikan. Supaya tidak diberikan secara berlebihan dan bayi pun tidak memperoleh porsi dengan sangan sedikit. Seiring bertambahnya usia si kecil maka porsi makannya pun ikut bertambah. Pertama makan dengan porsi sangat sedikit, kemudian naik mulai ukuran sedang hingga porsi banyak.

Hal ini bisa dilihat langsung, ketika masih di tahap peralihan dari ASI eksklusif ke MPASI. Sajikan makanan sedikit terlebih dulu  mulai dari 2-3 sendok makan dengan frekuensi 1 kali dalam sehari.  Frekuensi ini pun boleh ditingkatkan beberapa hari setelahnya. Berikan 2-3 kali per hari  masih dengan porsi 2-3 sendok makan. Boleh memberikan camilan di sela waktu makan utama. Ketika sudah berusia 9-11 bulan sudah boleh diberikan setengah mangkuk MPASI.

Pemberian Secara Responsive Feeding

Selanjutnya makanan diberikan secara responsive feeding yaitu dengan cara menyuapkan langsung ke bayi. Cara ini terus diterapkan hingga bayi sudah dapat makan sendiri. Ketika masuk usia tertentu, bayi bahkan sudah bisa memegang sendok dan menyuapi diri sendiri melihat orang tua makan.

Berkaitan dengan hal ini, jangan memaksa anak untuk menghabiskan makanan yang diberikan jika dia memang tidak suka. Juga tidak boleh memaksa si kecil makan sendiri ketika dia belum mampu. Sebagai orang tua tentunya harus sabar menghadapi si kecil. Biarkan saja si kecil mencoba sehingga bisa belajar dan beradaptasi secara alami. Sebaiknya jangan biasakan makan sambil bermain gadget dan menonton TV.

Varian Bubur Organik Onic Sebagai Menu MPASI

Menu MPASI yang bisa diberikan untuk dengan variasi yang sangat beragam. Contohnya seperti bubur organik, nasi tim, puding bahkan hingga menu yang lainnya bisa ditemukan di tempat jual bubur organik di Klaten.

  • Bubur Organik Beras Merah

Beras merah lebih mudah digunakan sebab hanya terkelupas lapisan kulit paling luarnya tanpa diperlukan proses penggilingan. Selain itu beras merah pun mengandung vitamin, asam lemak, serat dan mineral  yang lebih banyak daripada beras putih.

Juga mengandung protein, vitamin B1, B2, B3 hingga B6, serta kalium, natrium, mangan, fosfor dan zink yang sangat dibutuhkan si kecil untuk perkembangan. Bubur organik dimasak bersama sayuran pilihan  yang sudah dipotong-potong berukuran kecil. Jangan lupa diaduk hingga merata sebelum disajikan.

  • Nasi Tim Hati Ayam dan Jagung Manis

Membuat nasi tim tentunya diperlukan beras, kemudian air, hati ayam kampung. Gunakan jagung manis yang sudah diiris dan diblender. Tambahkan bayam satu genggam serta keju parut. Beras direbus terlebih dulu hingga menjadi bubur dan dimasukkan semua bahan. Kemudian setelah dimasak cukup kental dan tercampur merata, disaring terlebih dulu dan siap diberikan untuk si kecil. Kini agar lebih mudah, tinggal beli saja nasi tim yang dijual baik homemade ataupun pabrikan. Adanya jagung selain sumber karbohidrat juga mengandung serat yang bagus untuk sistem pencernaan si kecil.

  • Puding Kacang Hijau

Kacang hijau diketahui sebagai sumber protein nabati. Juga mengandung serat dan berbagai vitamin. Karbohidrat dan mineral seperti asam folat dan kalsium pun ditemukan dalam kacang hijau. Membutuhkan agar-agar karena tujuannya ingin dibuat puding. Boleh tambahkan buah yang lain seperti mata nangka, gula dan jeruk mandarin.

Nah, jadi ketika ingin memberikan MPASI sebaiknya ikuti panduan di atas. Selain memudahkan orang tua, bubur organik di Klaten juga sebaiknya diberikan sesuai kebutuhan si kecil agar segalanya tercukupi dengan benar. Karena itulah jika Anda berminat untuk menggunakan bubur Onic maupun menjadi agen segera hubungi kami di nomor telepon 0821-2524-3680 atau melalui alamat email info@buburorganik.co.id.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 082125243680
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp