Blog

Bubur Organik Karawang

Bubur Organik Karawang – Seorang ibu sudah pasti akan merasa sangat bersemangat jika si kecil sudah memasuki usia 6 bulan. Hal ini karena pada umur tersebut si kecil sudah boleh untuk mengonsumsi makanan solid atau makanan pendamping ASI (MPASI).

Tentunya sebagai seorang ibu baru, maka banyak timbul kebingungan dan juga ketakutan agar memberikan MPASI yang berkualitas dan juga baik untuk si kecil. Selain itu, pasti juga banyak sekali pertanyaan yang berhubungan dengan MPASI.

Bubur Organik Karawang

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering membingungkan ibu ketika hendak memberikan MPASI pertama untuk si kecil.

5 Pertanyaan Umum Seputar MPASI Untuk si Kecil

  1. Apakah si kecil harus mengenal buah-buahan dan sayuran terlebih dahulu?

Kebanyakan dari ibu yang baru pasti akan berpikir untuk memberikan MPASI pertama pada si kecil berupa sayuran. Hal ini karena banyak juga yang menganggap bahwa sayuran akan lebih mudah untuk dicerna si kecil. Akan tetapi ternyata tidak seperti itu, menurut dokter anak, bayi pada usia 6 hingga 1 tahun membutuhkan nutrisi berupa zat besi yang bagus untuk pertumbuhannya. Terlebih lagi kandungan zat besi pada asi juga mulai berkurang.

Zat besi tersebut juga tidak hanya terkandung dalam sayuran saja. Ada berbagai macam makanan lain yang juga mengandung banyak zat besi seperti daging merah, ikan hingga hati ayam. Beberapa produk hewani tersebut bahkan memiliki kandungan zat besi yang jauh lebih banyak dari pada yang ada pada sayuran. Namun terkadang mengolah produk hewani juga perlu hati-hati karena ada beberapa bayi yang alergi terhadap produk olahan hewani.

  1. Apakah si kecil harus mengenal banyak rasa?

Pertanyaan selanjutnya yang juga sering ditanyakan adalah apakah si kecil juga harus mengenal berbagai macam rasa pada awal MPASI. Bayi memang perlu untuk mengenal berbagai macam rasa. Akan tetapi bukan berarti Anda bisa menggunakan berbagai macam rasa MPASI yang berbeda dalam satu hari. Justru hal ini bisa membingungkan indra pengecapnya. Anda bisa mencoba untuk memberikan makanan yang sama selama 3 sampai 4 hari. Tujuannya agar si kecil bisa mengenal rasa tersebut.

Selain itu, bila terjadi reaksi alergi juga akan ketahuan. Ketika si kecil sudah bosan, baru saat itulah Anda bisa memberikan si kecil MPASI dengan rasa yang berbeda. Anda bisa menggunakan bubur organik Karawang terbaik dengan berbagai macam pilihan rasa dan juga nutrisi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan si kecil.

  1. Apakah si kecil harus menghabiskan satu porsi MPASI?

Umumnya ketika baru pertama kali memberikan MPASI perdana pada si kecil, ibu akan terlalu bersemangat untuk memberikannya. Sehingga ibu membuatkan bubur bayi hingga satu mangkuk penuh. Bahkan banyak juga yang memaksa si kecil untuk terus makan dengan menyuapinya. Padahal hal tersebut tidak perlu dilakukan. Perut bayi pada usia di bawah satu tahun masih belum bisa menyimpan terlalu banyak makanan.

Selain itu porsinya juga tidak banyak terutama karena masih baru pertama kali mencoba makanan solid. Anda bisa mencoba untuk memberikannya sekitar 2 hingga 3 sendok saja sebagai upaya untuk mengenalkannya pada MPASI. Seiring dengan berjalannya waktu dan juga bertambahnya umur si kecil, maka jumlah makanan yang bisa ia cerna juga akan lebih banyak. Jadi Anda tidak perlu memaksanya untuk menghabiskan semua makanannya.

  1. Apakah si kecil bisa ikut mengonsumsi makanan orang dewasa?

Salah satu yang terkadang merepotkan ketika si kecil sudah mulai MPASI adalah membuat dua makanan yang berbeda untuk dikonsumsi. Alasannya karena banyak ibu yang meyakini bahwa si kecil masih belum bisa atau belum kuat untuk mengonsumsi makanan seperti orang dewasa. Namun hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Pada saat di dalam kandungan, bayi sudah mengenal cukup banyak rasa dari air ketuban. Hal itulah yang membuat si kecil juga sudah mulai menolak makanan dengan rasa yang hambar.

Sebenarnya Anda juga bisa memberikan makanan orang dewasa seperti opor ayam atau nasi uduk untuk si kecil. Ketika Anda membuat nasi uduk, sisihkan beberapa nasi untuk dibuat menjadi bubur. Pastikan jika nasi tersebut belum diberi gula atau garam. Untuk memberikan rasa yang gurih, Anda bisa menambahkan potongan hati ayam.

  1. Mengapa gula dan garam tidak boleh untuk diberikan pada si kecil?

Memberikan garam pada bubur bayi si kecil memang tidak dilarang. Akan tetapi penggunaan garam yang berlebihan itulah yang harus dihindari. Kandungan garam yang berlebihan pada makanan pendamping asi bisa merusak sistem kerja ginjal si kecil. Oleh karena itu ada beberapa batasan untuk penggunaan garam pada makanan si kecil.

Si kecil yang berumur 0 sampai 1 tahun bisa mengonsumsi garam sekitar 1 gram. Sedangkan untuk si kecil yang berusia 1 hingga 2 tahun bisa mengonsumsi sekitar 2 gram garam. Maka Anda perlu untuk mengikuti aturan tersebut agar si kecil juga tetap sehat. Lain halnya dengan gula. Anda tetap bisa menggunakan gula akan tetapi rasa manis tersebut didapatkan dari bahan yang alami.

Seperti buah-buahan atau sayuran dengan rasa yang manis. Tempat jual bubur organik Karawang juga bisa Anda gunakan karena kandungan garam dan juga gula pada bubur tidak melebihi batas yang ditentukan.

Panduan Menu Sehat Dengan Bubur Organik Karawang

Untuk makanan bayi yang sudah berusia satu tahun harus penuh dengan nutrisi. Berikut adalah beberapa panduan menu makanan untuk si kecil yang bisa Anda gunakan:

  1. Menggunakan daging merah yang merupakan sumber protein dan juga zat besi adalah hal yang penting untuk dilakukan. Nutrisi ini sangat dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan si kecil agar tetap sehat. Anda bisa memberikan bubur bayi dengan tambahan daging merah setidaknya sekitar 2 hingga 3 kali dalam satu minggu. MPASI bubur organik Karawang juga bisa Anda jadikan pilihan untuk kebutuhan bubur bayi si kecil.
  2. Jeruk dan stroberi adalah buah-buahan yang bisa Anda gunakan karena banyak mengandung vitamin C yang juga berguna untuk membantu menyerap zat besi dalam tubuh.
  3. Untuk sayurannya, Anda bisa menggunakan wortel yang bagus untuk kesehatan mata si kecil. Hal ini karena si kecil bisa mendapatkan nutrisi dalam bentuk vitamin A yang banyak ditemukan pada wortel.
  4. Untuk olahan makanan laut, Anda bisa menggunakan ikan dengan daging putih yang banyak mengandung protein yang rendah lemak dan juga mineral. Hal ini berguna untuk membantu sistem kekebalan tubuh si kecil.
  5. Bahan bubur organik berupa nasi merah juga bagus untuk perkembangan si kecil. Bubur nasi merah mengandung banyak sekali vitamin B, protein dan juga mineral yang bagus sebagai sumber energi.

Anda bisa membeli produk bubur organik Karawang pabrikan ONIC yang aman, halal dan bernutrisi. Produk ini juga bebas dari bahan pengawet serta MSG sehingga menyehatkan bagi bayi. Selain itu, jika Anda tertarik maka Anda bisa mencoba tidak hanya memberikan pada si kecil, tapi berjualan produknya karena ONIC menawarkan kesempatan pada siapa pun untuk jadi mitra.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp