Blog

Bubur Organik Surabaya

Bubur Organik Surabaya – Memberikan MPASI atau makanan pendamping asi untuk si kecil memang harus dilakukan ketika si kecil sudah berusia 6 bulan. Pada saat tersebut, si kecil akan membutuhkan nutrisi yang lebih banyak dan tidak bisa hanya didapatkan dari mengonsumsi asi saja. Namun bukan berarti kebutuhan asi untuk si kecil bisa dihentikan. Si kecil harus tetap mengonsumsi asi hingga setidaknya usia 1 tahun. 

Menurut Badan Kesehatan Dunia atau WHO, transisi dari masa pemberian asi hingga ke MPASI adalah ketika si kecil berusia 6 bulan hingga 18-24 bulan. Ketika masa tersebut penting bagi Anda untuk memilih menu MPASI yang juga berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan si kecil agar tidak terjadi kekurangan nutrisi atau malnutrisi.

Bubur Organik Surabaya

Tips Memberikan Bubur Organik

Untuk memastikan kebutuhannya bisa terpenuhi, berikut adalah beberapa hal yang penting untuk diperhatikan. Hal yang perlu diperhatikan untuk memberikan bubur organik Surabaya:

  • Tepat waktu

Pemberian MPASI untuk si kecil harus dilakukan tepat pada waktunya. Biasanya ketika si kecil membutuhkan nutrisi dan juga energi yang melebihi dari yang biasa didapatkan ketika mengonsumsi ASI. Lebih tepatnya pada usia 6 bulan.

  • Memadai

MPASI yang diberikan untuk si kecil harus menyediakan dan juga memenuhi kebutuhan protein, mikronutrien dan juga energi si kecil. Tujuannya agar si kecil juga bisa tumbuh dengan baik dalam masa perkembangannya. 

  • Aman 

MPASI bubur organik Surabaya harus disimpan dengan aman dan juga disajikan dengan higienis pada si kecil. Anda juga harus memastikan mengenai kebersihan dari alat makan yang Anda gunakan atau ketika menyuapinya.

  • Tepat sesuai dengan kebutuhan

Berikan si kecil MPASI dengan tepat seperti waktu makannya, porsi yang digunakan, apakah si kecil sedang nafsu makan atau tidak hingga apakah si kecil masih merasa kenyang. Dengan begitu si kecil akan lebih nyaman dan juga mudah untuk menerima MPASI-nya.

Contoh Pilihan MPASI Untuk si Kecil

Ketika berumur 6 bulan, si kecil pasti masih memiliki sistem pencernaan yang belum bekerja dengan maksimal. Oleh karena itu, penting jika makanan yang dikonsumsi si kecil harus MPASI yang lembut dan juga halus agar semakin mudah untuk dicerna.

Anda bisa menggunakan asi atau susu formula untuk membantu menghaluskan makanan tersebut. Berikut adalah beberapa pilihan MPASI yang bisa diberikan untuk si kecil:

  1. Makanan dengan sumber energi. Anda bisa menggunakan daging atau sereal bayi yang dimasak dan juga dihaluskan. Selain itu, tahu atau kacang-kacangan juga bisa Anda gunakan.
  2. Sayuran yang dibuat puree atau dihaluskan seperti ubi, kentang, wortel, dan brokoli.
  3. Buah-buahan yang dihaluskan. Seperti mangga, pepaya, apel, pir. Anda juga bisa menggunakan buah-buahan yang memang memiliki tekstur yang sudah lembut seperti alpukat dan pisang.
  4. Bubur dengan menggunakan nasi, tepung beras, atau tepung beras merah yang juga bisa ditambahkan dengan kaldu ayam, daging, atau ASI.
  5. Sereal khusus untuk makanan bayi atau makanan olahan susu

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia atau IDAI, bayi yang berusia 6 bulan hingga 23 bulan biasanya membutuhkan jumlah kalori yang berbeda-beda. Oleh karena itu porsi dan juga frekuensi yang dibutuhkan setiap anak juga berbeda-beda. 

Bayi dengan usia 6 hingga 9 bulan biasanya membutuhkan kalori sebanyak 200 kkal per harinya. Oleh karena itu, frekuensi makan yang diperlukan sekitar 2 hingga 3 kali makan besar dan 1 hingga 2 kali makan ringan atau camilan. Banyaknya porsi untuk MPASI biasanya sekitar 3 sendok makan kecil berukuran 250 ml. Pastikan tekstur makanan tersebut halus atau puree. 

Sedangkan untuk bayi yang berusia 9 hingga 12 bulan biasanya membutuhkan sekitar 300 kkal setiap harinya. Oleh karena itu porsi bubur organik Surabaya biasanya sekitar 3 hingga 4 kali makan dan 1 hingga 2 kali makan camilan. Tekstur dari makanan yang diperlukan bisa sedikit agak kasar atau cincang halus, kasar atau makanan yang dipegang tangan. 

Sedangkan untuk si kecil yang berusia 12 sembarang 23 bulan, kalori yang dibutuhkan sekitar 550 kkal per harinya. Untuk frekuensi makannya menjadi 3 hingga 4 kali makan besar dengan 1 hingga 2 kali makan ringan. Banyaknya porsi yang digunakan bisa ¾ hingga satu sendok penuh yang berukuran 250 ml. Teksturnya bisa sama dengan makanan keluarga.

Dengan Anda memberikan MPASI yang tepat dan juga mengandung protein, lemak dan karbohidrat dan juga serat, tentunya akan bermanfaat untuk kesehatan dan juga pertumbuhan dari si kecil. Hal ini juga berguna untuk membantu mengoptimalkan pertumbuhan, dan juga perkembangan psikologis dan juga kognitif si kecil.

Selain itu juga berguna untuk membantu mencegah obesitas, mengurangi risiko anemia, mengurangi malnutrisi hingga mengurangi risiko terkena diare atau infeksi.

Hal Penting Untuk Anda Perhatikan Pada Pemberian Bubur Bayi

  • Tekstur bubur bayi

Tekstur untuk bubur bayi yang bisa diberikan untuk si kecil adalah bubur dengan tekstur yang lembut. Tujuannya agar si kecil bisa dengan mudah mencerna makanan tersebut. Terutama jika si kecil masih berusia 6 bulan. Nanti dengan seiring dengan berjalannya waktu, Anda bisa meningkatkan tekstur tersebut menjadi lebih kasar. 

  • Bentuk MPASI

Bentuk MPASI untuk si kecil yang masih berusia 6 bulan biasanya membutuhkan makanan dengan tekstur MPASI yang lebih cair dan hampir menyerupai dengan asi. Secara bertahap Anda bisa mulai mengentalkan makanannya. Anda juga bisa menggunakan bubur kemasan di toko jual bubur organik Surabaya yang lebih praktis dan juga memiliki banyak varian rasa yang bisa Anda gunakan untuk si kecil setiap harinya.

  • Porsi makan 

Porsi makan untuk si kecil yang baru awal memulai MPASI adalah satu hingga dua sendok saja. Semakin bertambah usia dan juga berat badannya, Anda bisa menambahkan dengan beberapa sendok lagi mulai dari tiga hingga empat sendok. Untuk jenis sayur-sayuran yang bisa Anda gunakan seperti kentang, lobak, wortel, labu parang, kacang polong, brokoli, kembang kol, ibu merah, atau berbagai macam ubi-ubian.

Sedangkan untuk buah-buahan Anda bisa menggunakan buah apel, pisang, pir, pepaya, atau alpukat. Anda juga bisa mengenalkan ikan, ayam, daging yang sudah dihaluskan terlebih dahulu. Anda juga bisa menggunakan bubur organik Surabaya yang lebih praktis dan memiliki banyak sekali varian rasa. Dengan menggunakan bubur organik, Anda juga bisa lebih mudah untuk membuatnya tanpa perlu repot.

Mengapa Lebih Baik Berikan Bubur Bayi Organik?

Jika Anda bingung cara memberikan MPASI yang baik pada si kecil, Anda bisa beli bubur bayi organik ONIC FOOD. Kelebihan dari pemberian bubur ini yaitu:

  • Bebas MSG dan pengawet
  • Tidak encer
  • Simpel dan praktis
  • Terjangkau

Tidak hanya itu, Anda juga bisa jual produk bubur organik Surabaya ini sebagai mitra dari ONIC. Caranya hubungi kami di nomer berikut: 0821-2524-3680.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp