Blog

Bubur Organik Tahan Berapa Jam?

Bubur Organik Tahan Berapa Jam – Banyak orang yang memilih membuat sendiri makanan untuk bayi mereka dengan anggapan akan lebih sehat dan mengandung gizi lebih baik dari pada makanan instan. Namun apakah Anda yakin mengenai ketahanan yang diberikan oleh bubur buatan sendiri ini? Bagaimana kalau yang Anda berikan untuk bayi ternyata sudah basi dan tidak layak konsumsi.

Bubur Organik Tahan Berapa Jam

Sebenarnya Bubur Organik Tahan Berapa Jam?

  • Masa Ketahanan Bubur

Banyak orang yang asal dalam menyimpan bubur terlebih pada bubur yang dibuat sendiri tanpa mengerti penyimpanan yang benar dan juga batas waktu basi yang ditentukan. Padahal bubur yang dibuat secara manual jelas saja akan mudah basi dibandingkan bubur yang diproses dengan teknologi mesin yang canggih.

Lalu biasanya bubur organik tahan berapa jam? Biasanya bubur yang dibuat sendiri hanya bisa bertahan hanya dalam waktu 2 jam saja.

Jadi setelah melalui proses panjang dalam pembuatan dan juga pemasakannya lebih baik bubur langsung diberikan pada bayi tanpa disimpan terlebih dahulu. Apalagi memberikan bubur ini pada bayi dalam waktu lebih dari 2 jam. Mengapa hanya 2 jam saja?

Bubur bayi yang diolah apa adanya ini memiliki kandungan air yang cukup banyak di dalamnya sehingga dalam waktu dua jam sudah banyak bakteri dan jamur yang berkembang di dalamnya.

Jika bubur ini tetap dipaksakan untuk diberikan pada anak maka hal-hal yang buruk tentu saja akan terjadi. Terlebih lagi pencernaan bayi yang masih sangat rentan akan cepat memberikan efek samping pada bubur yang diberikan tersebut. Bayi akan diare atau merasakan sakit perut yang berkepanjangan. Tentu saja hal ini tidak akan baik jika terjadi terus-menerus pada bayi.

Bahkan bubur yang dibuat sendiri ini belum dipastikan kandungan yang pas di dalamnya sebagai orang awam yang hanya bisa mengira-ngira takaran gizi dari bahan bubur bayi yang digunakan. Untuk menghindari adanya keraguan dalam kebersihan maupun kandungan dari bubur bayi yang diberikan lebih baik menggunakan bubur instan saja yang sudah jelas kandungan gizi di dalamnya.

Selain bahan yang digunakan pasti organik dan sehat selain itu pembuatan menggunakan teknologi yang canggih ini juga meminimalisir terjadinya kontaminasi bakteri dan jamur pada buburnya sehingga lebih aman diberikan pada bayi asalkan dengan penyimpanan dan cara penyajian sesuai dengan petunjuk yang tertera pada kemasannya.

Namun jika Anda tetap mau memberikan bubur organik buatan sendiri pada bayi jangan lupa untuk memperhatikan penyimpanan dimana dalam kasus bubur organik tahan berapa jam di kulkas, bubur organik hanya mampu bertahan 2 jam saja. Hal ini akan sangat merepotkan terlebih jika Anda orang yang harus bekerja di luar rumah dan tidak memiliki waktu banyak dalam memproses bubur organik setiap jam makan bayinya.

Cara Menyimpan Bubur Organik Yang Tepat

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat bubur organik tetap bagus dikonsumsi untuk bayi. Cara-cara ini dipercaya mampu mengurangi pertumbuhan jamur dan bakteri pada bubur organik tersebut. Berikut merupakan cara-cara yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan:

  • Wadah yang digunakan

Wadah yang digunakan untuk menyimpan bubur nyatanya juga mempengaruhi bagaimana bubur bisa bertahan atau tidak. Terlebih untuk penyimpanan yang aman gunakan kemasan yang menggunakan penutup rapat. Tutup yang sangat rapat memungkinkan tidak adanya ruang udara yang bisa masuk ke dalam buburnya sehingga kebaikan bubur bisa terjaga dengan baik.

Wadah plastik yang terpercaya dan juga aman terkena panas maupun dingin juga tidak akan mengganggu kesehatan bayi. Wadah yang tidak terpercaya atau asal akan membuat suatu bubur menjadi kehilangan kenikmatannya untuk dimakan bayi.

  • Dibekukan

Bubur organik tahan berapa jam di freezer? Jika bubur bayi dibekukan dengan benar dalam freezer maka bubur ini bisa bertahan maksimal 3 bulan dengan suhu yang direkomendasikan. Bubur yang beku cenderung lebih mampu mempertahankan kandungan yang ada di dalamnya dari pada bubur yang hanya didinginkan saja. Namun tetap disarankan untuk segera mengonsumsi bubur organik yang telah dibuat tanpa harus menyimpannya terlalu lama.

Proses membekukan memang sangat direkomendasikan untuk mengawetkan makanan dengan cara yang lebih mudah tanpa mengubah rasa dari makanan yang diawetkan.

  • Selalu sajikan dalam kondisi hangat

Berikan MPASI organik pada kondisi hangat. Kondisi yang baru saja matang dan hangat memungkinkan belum adanya bakteri maupun kuman yang bersarang pada makanannya berbeda lagi jika kondisi bubur tersebut sudah dingin atau bahkan menggumpal lebih baik jangan diberikan lagi pada bayi karena akan berbahaya untuk kesehatan bayinya.

Kondisi hangat juga akan membuat bubur menjadi lebih menggugah selera dari pada memberikannya pada kondisi yang sudah dingin. Kondisi yang hangat memungkinkan bayi bisa mengendus aroma yang menarik minatnya untuk makan.

  • Didihkan MPASI

MPASI yang baru disimpan di freezer haruslah dididihkan dengan tepat agar bubur mencair dengan sempurna tanpa kehilangan unsur gizi yang ada di dalamnya. Mendidihkan bubur juga merupakan suatu upaya untuk membuat bakteri dan penyakit yang ada di dalam bubur tersebut mati dengan sempurna. MPASI yang dididihkan juga akan membuat rasa dari MPASI kembali normal dan disukai oleh bayi.

MPASI yang hanya dibiarkan mencair saja akan membuatnya kehilangan gizi dan juga rasa lezat dalam buburnya. Untuk itu pencairan secara sederhana ini akan memperburuk kondisi bubur yang sudah diawetkan ini.

  • Simpan di lemari es

Batas berapa hari MPASI bisa bertahan di lemari es? Banyak orang yang asal saja menaruh MPASI pada lemari es tanpa tahu batasan masa kadaluwarsanya. Bubur yang disimpan dalam lemari es bisa bertahan tidak lebih dari dua hari lebih baik sehari langsung diberikan pada bayi.

Jangan pernah membiarkan MPASI terlalu lama dalam lemari es karena sudah tidak layak diberikan pada bayi. Selain sudah tidak ada kandungan gizinya MPASI ini akan berbahaya untuk kesehatan bayi.

Bubur Organik Instan Lebih Praktis dan Tahan Lama

Membuat bubur organik memang sedikit ribet terlebih dalam proses penyimpanannya yang membutuhkan kehati-hatian dan risiko kesehatan pada bayi ketika bubur yang diberikan sudah tidak layak pakai. Selalu cek apakah rasa, aroma dan warna dari bubur tersebut masih sama atau sudah berubah. Ingin yang lebih mudah?

Anda bisa menggunakan bubur instan yang sudah terjamin aman dan tidak memerlukan penyimpanan yang ribet. Untuk gizinya pasti terjamin dan bisa dilihat pada kemasan mengenai komposisi dan nilai AKG yang tersedia pada buburnya. Selain itu, jika Anda beli bubur instan dalam kemasan maka jelas lebih tahan lama dan praktis disimpan.

Anda bisa beli bubur organik buatan ONIC contohnya yang menawarkan berbagai varian rasa bubur dari bahan alami yang bebas pengawet serta MSG. Tidak hanya itu karena ONIC juga menawarkan Anda yang berniat berjualan bubur sekalian sebagai mitra.

Itulah beberapa pengetahuan yang perlu diketahui mengenai bubur organik tahan berapa jam.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp