Blog

Bubur Organik Untuk Bayi 6 Bulan

Bubur Organik Untuk Bayi 6 BulanJika berat badan si kecil turun dengan drastis sehingga membuat ia terlihat kurus, tentu orang tua terutama sang ibu akan merasa cemas dan khawatir. Akan tetapi masih banyak ibu yang melakukan cara yang salah ketika si kecil mengalami penurunan berat badan. Sering kali, ibu akan menambah porsi makan si kecil agar berat badannya juga ikut naik. Padahal tindakan tersebut bukan berarti bisa membantu berat badan si kecil juga akan naik. 

Bubur Organik Untuk Bayi 6 Bulan

Hal yang penting dalam mpasi bubur organik untuk bayi 6 bulan adalah kandungan nutrisi dan juga gizi yang ada pada makanan tersebut. Jadi kuantitas atau jumlah porsi makan si kecil bukan menjadi jaminan atau cara untuk menaikkan berat badannya.

Oleh karena itu, penting untuk Anda mengetahui berbagai macam makanan yang kandungan gizinya bisa berguna untuk membantu menaikkan berat badannya. Berikut adalah beberapa makanan yang bisa berguna untuk menambah berat badan si kecil.

Jenis Bubur Organik Untuk Bayi 6 Bulan Penambah Berat Badan

  • Kentang

Ketika si kecil sudah menginjak usia 6 bulan, kentang menjadi salah satu sumber makanan yang bagus untuk digunakan atau dikonsumsi si kecil. Kentang yang juga sebagai sumber karbohidrat ternyata juga berguna untuk membantu menambah berat badan si kecil. Kandungan yang ada dalam kentang seperti vitamin B6, vitamin C, mangan dan fosfor merupakan jenis nutrisi yang bagus untuk pertumbuhan si kecil.

Jika si kecil masih pertama kali memulai MPASI dan mencoba mengonsumsi kentang, Anda bisa memberikannya dalam jumlah atau porsi yang kecil dulu. Porsi kecil tersebut untuk membantu si kecil yang mungkin bisa sakit perut karena kandungan gas dalam kentang. 

  • Ubi jalar

Bahan bubur organik untuk bayi 6 bulan selain kentang yang juga bisa membantu untuk meningkatkan berat badan si kecil adalah ubi jalar. Umbi jalar mengandung berbagai macam vitamin seperti vitamin B6, vitamin A, vitamin C, mangan dan juga tembaga.

Selain itu, dalam ubi jalar juga mengandung magnesium, fosfor, serat, kalium dan lemak jenuh yang rendah. Sehingga penambahan berat badan si kecil tersebut tidak akan menyebabkan obesitas. 

  • Pisang

Buah-buahan yang bisa membantu untuk menambah berat badan si kecil adalah pisang. Ketika si kecil berusia 6 bulan tentu kebutuhan nutrisi dan juga gizinya akan meningkat. Kebutuhan nutrisi tersebut tidak cukup jika hanya berasal dari asi saja.

Dalam buah pisang mengandung karbohidrat, vitamin C, vitamin B6, serat hingga 100 kalori. Sehingga pisang tidak hanya berguna untuk menambah berat badan namun juga bagus untuk perkembangan si kecil. 

  • Alpukat

Buah lainnya selain pisang adalah alpukat. Buah ini juga sering dijuluki dengan “super” karena berbagai macam kandungan lemak nabati yang sehat. Selain itu buah alpukat juga mengandung berbagai macam nutrisi lainnya seperti asam folat, serat, asam pantotenat, berbagai macam vitamin seperti vitamin C, K, E dan B6.

Lemak nabati yang ada pada alpukat bisa berguna untuk menambah berat badan tanpa takut si kecil akan mengalami obesitas. Untuk MPASI awal si kecil, Anda bisa membuatkan MPASI alpukat dalam bentuk puree

  • Ayam

Sumber hewani berupa ayam juga bisa membantu menambah berat badan si kecil. dalam daging ayam mengandung fosfor, niacin, magnesium, vitamin B6 dan B12. Akan tetapi untuk mpasi dengan olahan ayam, Anda bisa memberikannya pada si kecil yang sudah berusia 8 bulan saja.

Anda bisa mengolah daging ayam tersebut menjadi puree ayam, nasi ayam atau menambahkannya dalam sup ayam. Akan tetapi dikarenakan ayam juga bisa menyebabkan kolesterol, hindari untuk memberikan ayam dalam jumlah yang banyak dan terlalu sering. Anda bisa menggunakan bubur dengan ayam sekitar seminggu sekali untuk si kecil. 

  • Keju

Selain ayam, sumber hewani yang juga bisa Anda gunakan adalah keju. Keju mengandung vitamin A, vitamin B12, vitamin D, fosfor, selenium dan juga protein. Akan tetapi sama halnya dengan pemberian ayam, si kecil bisa mengonsumsi keju ketika sudah berusia 8 bulan.

Hal ini karena ada beberapa anak yang juga alergi dengan olahan susu berupa keju. Untuk itu penting juga bagi Anda berkonsultasi pada dokter anak sebelum memberikan MPASI dengan campuran atau tambahan keju. 

  • Pepaya

Buah yang khas berasal dari daerah tropis ini memiliki kandungan kalori yang cukup banyak. Selain itu juga ada kandungan gula alaminya, sehingga Anda tidak perlu menambahkan gula lagi pada menu olahan pepaya.

Jika Anda ingin mengolah buah pepaya ini untuk MPASI si kecil, pastikan memilih buah yang memang sudah matang karena tekstur buahnya yang lebih lunak. Sehingga si kecil juga akan lebih mudah untuk mengunyah dan mencernanya. Hindari untuk memberikannya terlalu banyak karena bisa menyebabkan diare. 

  • Telur

Dalam telur mengandung vitamin A, mineral dan juga vitamin B12. Akan tetapi jika Anda ingin menggunakan telur dalam menu MPASI si kecil, maka Anda harus menunggu hingga si kecil berusia 10 bulan.

Akan lebih baik lagi jika Anda memberikan MPASI dengan campuran telur ketika si kecil sudah berusia 1 tahun atau lebih. Hal ini karena telur juga bisa menyebabkan alergi pada si kecil. untuk itu lebih baik jika Anda juga berkonsultasi pada dokter anak agar lebih aman.

  • Apel

Buah selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk membantu meningkatkan berat badan si kecil adalah buah apel. Dalam buah apel mengandung kalori dan antioksidan alami yang jumlahnya cukup tinggi. Biasanya buah ini lebih sering digunakan sebagai pendamping untuk menu makan si kecil dan berguna untuk membantu meningkatkan berat badannya. Buah apel ini bisa Anda olah menjadi bentuk puree dan bisa memberikannya sekitar 2 hari sekali. Agar tidak terlalu repot untuk membuat puree, Anda bisa memilih untuk membeli di toko yang jual bubur organik untuk bayi 6 bulan dengan varian apel. 

  • Mangga

Buah terakhir yang bisa Anda gunakan juga adalah buah mangga. Buah ini memiliki rasa manis alami dan juga sedikit masam. Anda bisa menggunakan buah mangga yang matang dan manis untuk diolah menjadi bubur organik untuk bayi 6 bulan. Anda juga bisa mengolahnya menjadi jus agar lebih mudah dikonsumsi si kecil.

Bubur Organik Bayi 6 Bulan

Mau Tambah Penghasilan Tambahan?

Buat Anda yang sedang ingin cari penghasilan tambahan, maka Anda bisa berjualan bubur organik untuk bayi. Kami dari perusahaan ONIC, menawarkan kesempatan bagi Anda untuk bermitra bersama kami dan jual produk varian bubur organik buatan ONIC.

Sudah ada 40 outlet yang tersebar di berbagai area di Indonesia dan kini giliran Anda untuk buka outlet bubur bayi. Brand kami sudah cukup lama dikenal sebagai brand bubur bayi organik yang aman, halal dan bernutrisi serta praktis dikemas. Hubungi kami untuk tahu info cara jadi mitra terbaik.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp