Blog

Bubur Organik Untuk Bayi Berapa Bulan?

Bubur Organik Untuk Bayi Berapa Bulan – Memiliki anak pertama sudah pasti memiliki kekhawatiran dan juga banyak pertanyaan ketika mengurusnya. Hal ini karena miliki anak pertama juga berarti mengurus dan juga merawat si kecil sebagai pengalaman pertama orang tua. Misalnya seperti mulai untuk memberikan asi, mengatur waktu tidur, hingga untuk pertama kalinya memberikan MPASI untuk si kecil. Hal tersebutlah yang membuat banyak sekali pertanyaan yang timbul. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang umum ditanyakan untuk yang baru pertama kali menjadi orang tua.

Bubur Organik Untuk Bayi Berapa Bulan

 

Menjawab Bubur Organik Untuk Bayi Berapa Bulan

  1. Apakah pada usia empat/ enam bulan si kecil sudah bisa mengonsumsi MPASI?

Menurut WHO, si kecil memang lebih ideal untuk diberikan MPASI ketika usianya sudah 6 bulan. Pada usia tersebut si kecil membutuhkan asupan nutrisi tambahan tidak hanya dari asi saja. Akan tetapi penting juga untuk Anda mengetahui tanda-tanda jika si kecil sudah siap dengan makanannya.

Tanda yang pertama adalah si kecil mulai memperhatikan ketika Anda mengunyah makanan. Kedua, si kecil juga sudah mulai mencoba untuk membuka mulutnya ketika Anda memasukkan sendok ke arah mulutnya. Hindari untuk memberikan si kecil makanan jika usianya baru menginjak 17 minggu.

Pada usia tersebut sistem pencernaan si kecil belum benar-benar kuat untuk mengolah makanan yang lebih padat. Namun jika Anda memang khawatir kapan memberikan MPASI bubur organik untuk bayi berapa bulan, maka Anda bisa menanyakan pada dokter anak.

  1. Adakah sayuran atau buah yang lebih baik untuk MPASI?

Anda bisa mulai untuk memberikan MPASI berupa sayuran dengan rasa manis dan juga buah-buahan seperti pir, apel, pisang atau buah persik. Untuk sayurannya Anda bisa menggunakan brokoli atau bayam yang dicampur dengan jenis sayuran yang lebih mengenyangkan seperti ubi atau kentang.

  1. Cara memasak yang lebih baik dengan mengukus atau microwave?

Sebenarnya tidak ada cara memasak yang lebih baik atau yang paling bagus untuk digunakan. Hanya saja perlu diperhatikan beberapa hal berikut ini ketika Anda memasak MPASI untuk si kecil. Potong makanan dalam ukuran yang lebih besar agar tidak terlalu banyak vitamin yang terbuang. Kedua, gunakan steamer agar kandungan dalam sayuran atau buah tersebut tidak hilang. Terakhir hindari untuk menggunakan makanan mentah pada si kecil.

  1. Apa yang harus dilakukan jika si kecil menolak makan siang?

Kebanyakan ibu sudah pasti akan bingung jika si kecil menolak untuk makan. Bahkan normal untuk si kecil jika menolak makanannya hingga 15 kali. Caranya adalah coba untuk memberikan pujian pada si kecil ketika ia mencoba untuk memakan makanan ringan. Dengan begitu si kecil akan merasa tertarik untuk mencoba MPASI.

  1. Apakah aman memberikan ramuan herbal pada bubur bayi?

Menambahkan beberapa bahan herbal seperti kemangi, bawang putih, kayu manis hingga vanili bisa Anda lakukan pada MPASI si kecil. Bahan herbal atau rempah-rempah tersebut berguna untuk memberikan rasa tanpa perlu menambahkan gula atau garam. Hal ini karena memberikan garam atau gula pada menu bubur organik untuk bayi berapa bulan juga tidak disarankan.

  1. Apakah harus ditumbuk atau tekstur yang utuh untuk si kecil?

Makanan bayi dengan jenis finger food bagus untuk membantu perkembangan koordinasi mata dan tangannya. Sedangkan makanan yang halus atau lembut berguna untuk membantu si kecil mendapatkan nutrisi mikro dan makro seperti zat besi dan protein.

Akan tetapi memberikan MPASI dengan halus atau lebih kasar sebenarnya didasarkan pada usia si kecil. Anda sudah bisa memberikan si kecil makanan yang lebih kasar atau finger food ketika si kecil sudah tumbuh beberapa gigi. Namun, jika si kecil masih mencoba MPASI untuk pertama kali maka lebih baik teksturnya halus bahkan lebih cair.

  1. Apakah harus menggunakan makanan organik?

Memang tidak ada ketentuan yang pasti apakah harus menggunakan makanan organik atau tidak. Namun makanan organik sudah pasti akan lebih aman dan juga sehat untuk dikonsumsi si kecil. Kandungan nutrisi dari makanan organik akan jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan bahan makanan yang menggunakan pestisida. Selain itu, si kecil juga akan lebih aman dari kandungan bahan kimia yang berbahaya.

Manfaat Ikan Teri Untuk MPASI si Kecil

  1. Bagus untuk kesehatan jantung

Dalam ikan teri mengandung cukup banyak omega 3 yang bagus untuk menjaga kesehatan jantungnya. Akan tetapi penting untuk diperhatikan bahwa hindari untuk menggunakan ikan teri yang sudah digoreng atau diasinkan. Hal ini karena kandungan lemak jenuh yang rendah bisa berubah menjadi tidak baik ketika sudah diasinkan.

  1. Membantu menjaga kesehatan tulang dan sendi

Pada awal perkembangan si kecil, tulang dan juga sendi adalah hal yang penting untuk dijaga. Untuk itu kandungan fosfor, kalsium dan juga asam amino yang ada pada ikan teri ini berguna untuk membantu menjaga kesehatan tulang dan juga sendi si kecil agar lebih kuat. Si kecil bisa makan bubur organik untuk bayi berapa bulan dengan tambahan ikan teri ketika si kecil berusia 9 bulan. Anda bisa mengolahnya dengan cara mencampurnya pada bubur bayi.

  1. Membantu menjaga kesehatan otak

Ikan teri termasuk dalam jenis ikan yang bagus untuk membantu meningkatkan fungsi otak si kecil. Hal ini karena pada ikan teri mengandung omega 3 yang bagus untuk otaknya. Terlebih lagi si kecil masih dalam pertumbuhan.

  1. Membantu pertumbuhan rambut, gigi dan kuku

Ikan teri juga bermanfaat dalam pertumbuhan rambut, gigi dan juga kuku si kecil. Hal ini karena adanya kandungan mineral yang cukup tinggi. Oleh karena itu, jika Anda ingin si kecil memiliki rambut, kuku dan juga gigi yang tetap sehat, Anda bisa memenuhi kebutuhan mineral hariannya.

  1. Membantu melancarkan sistem pencernaan

Manfaat yang terakhir dari ikan teri untuk si kecil adalah membantu untuk melancarkan sistem pencernaannya. Kandungan asam aminolah yang membantu untuk meningkatkan asam klorida pada perut.

Dimana asam klorida ini berguna untuk menjaga kesehatan pencernaan si kecil. Sehingga si kecil juga tidak akan mengalami masalah pencernaan seperti diare. Oleh karena itu Anda bisa mulai memberikan bubur organik untuk bayi berapa bulan yaitu ketika si kecil berusia 9 bulan. Ikan teri tersebut biasanya dihancurkan kemudian dicampurkan pada makanan si kecil.

Cari MPASI Terbaik Bagi si Kecil Yang Praktis?

Jika Anda adalah orang tua yang terlalu sibuk mengurus dan memasak MPASI bagi si kecil, maka solusinya Anda bisa beli bubur bayi organik dari ONIC FOOD. Di sini kami menawarkan produk bubur bayi yang praktis dalam kemasan pouch maupun yang siap saji. Rasanya enak dan tidak encer.

Bahkan perusahaan ONIC saat ini tidak hanya menawarkan produk, namun juga memberikan kesempatan pada mereka yang ingin mendapat penghasilan tambahan dengan jadi mitra bubur bayi ONIC. Anda bisa jual produk bubur organik untuk bayi ini di berbagai area di Indonesia. Apalagi bubur organik untuk bayi berapa bulan dari umur empat bulan, enam bulan dan seterusnya jadi bisa digunakan untuk MPASI bayi berapa pun usianya.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp