Blog

Contoh Peluang Usaha Bubur Bayi

Contoh Peluang Usaha Bubur Bayi – Saat ini menjual produk keperluan bayi sudah menjadi suatu hal yang wajar, salah satunya adalah menyediakan bubur bayi yang siap untuk dinikmati. Banyak orang yang masih bingung dan takut untuk memulai peluang bisnis yang satu ini. Untuk itu perlunya banyak membaca mengenai perancangan bisnis serupa dan juga banyaknya modal yang dibutuhkan untuk menjalankan usahanya.

Contoh Peluang Usaha Bubur Bayi

Cara Terjun ke Peluang Usaha Bubur Bayi

  1. Rancangan bisnis

Contoh peluang usaha bubur bayi organik pertama bisa dilihat dari rancangan pembangunan suatu bisnisnya. Anda bisa membuka beberapa referensi terkait rancangan bisnis yang dimiliki oleh penjual produk sejenis untuk diubah sesuai dengan kondisi lapangan dan juga keuangan yang dimiliki.

Rancangan bisnis merupakan hal pertama yang sangat krusial dalam menentukan keberhasilan suatu usaha. Itulah mengapa dalam pembuatannya tidak boleh asal-asalan dan harus didasari dengan kondisi nyata yang sedang dihadapi.

Berikut merupakan beberapa poin yang harus dirancangkan dengan benar:

  • Catat semua hal yang dibutuhkan untuk mendaftar pada sebuah franchisor agar tidak ada yang terlewat. Biasanya untuk mendaftar Anda diharuskan menyiapkan data diri lengkap dengan dokumen pengenal dan juga modal yang sudah disepakati di awal sebelum bergabung.
  • Carilah referensi kisaran modal yang dibutuhkan untuk jualan produk bubur bayi ini. Hal ini akan membuat Anda lebih siap dan percaya diri dalam melakukan diskusi bisnis dengan franchisor
  • Pilihlah lokasi yang menunjang produk jualan bubur bayi Anda. Tentu saja untuk mengetahui hal ini memerlukan adanya survei terkait beberapa faktor yang mempengaruhi berkembang tidaknya suatu usaha.
  • Berikan brand atau nama produk jualan dengan nama yang sesuai dengan produk yang dijual. Jangan memberikan nama yang aneh atau menyeramkan terutama ketika memilih berjualan produk bubur bayi.

  1. Modal yang dibutuhkan

Tentu saja dalam mendirikan usaha diperlukan modal paten untuk membeli semua perlengkapan baik perlengkapan yang paten maupun sekali pakai. Di bawah ini akan dijelaskan contoh peluang usaha bubur bayi modal kecil yang bisa dipakai untuk referensi Anda ketika berjualan.

Biasanya sebuah franchisor akan menawarkan beberapa paket investasi yang bisa dipilih sesuai dengan ketersediaan modal dan kesepakatan antara pengguna dan juga pemiliknya. Untuk modalnya bisa berkisar mulai dari 5 juta sampai dengan maksimal 10 juta untuk perlengkapan yang banyak dan juga produk dagang yang melimpah.

Tentu saja modal itu akan disulap menjadi hal yang bermanfaat dalam proses penjualannya, berikut adalah beberapa perlengkapan yang diberikan untuk menjual produk bubur bayi ini:

  • Booth

Booth adalah sebuah grobak maupun tempat yang digunakan untuk berjualan. Keuntungan memilih bergabung pada franchisor adalah sudah tersedianya booth tanpa harus repot-repot membeli dan memilih desain yang sesuai.

  • Alat masak

Alat masak atau perlengkapan masak merupakan suatu hal yang sangat mahal dan susah untuk mendapatkannya. Apalagi peralatan canggih yang gunanya untuk memproses bubur bayi sampai menghasilkan bubur yang berkualitas bagus. Kalau membeli sendiri akan memerlukan biaya yang sangat mahal.

  • Barang keperluan lain

Anda juga akan mendapatkan barang-barang elektronik yang berguna untuk mempermudah dalam proses pengolahan buburnya. Barang-barang ini biasanya berupa timbangan digital dan blender yang khusus digunakan untuk mengolah buah dan sayuran.

  • Pamflet promosi

Terkadang orang-orang cukup susah untuk membuat desain atau harus membayar orang untuk membuatkan pamflet yang digunakan untuk bahan promosi. Belum lagi biaya yang digunakan untuk mencetak brosurnya tentu saja hal ini membutuhkan modal lagi ketika tidak dipersiapkan. Namun jangan khawatir karena Anda sudah mendapatkan pamflet yang siap edar dengan jumlah cetakan yang banyak.

  • Panduan lengkap

Mungkin beberapa orang masih bingung bagaimana cara membuat bubur bayi dan penggunaan dari masing-masing perlengkapan yang telah diberikan. Untuk itu disediakan panduan lengkap tata cara membuat bubur sampai dengan cara berjualan yang dianjurkan untuk dipelajari. Hal ini bisa membantu siapa saja yang ingin membuka usaha tanpa harus terampil terlebih dahulu.

  • Seragam paten

Berjualan menggunakan pakaian biasa tentu saja akan kurang meyakinkan apalagi produk yang dijual adalah bubur bayi, sehingga ketika Anda mendapatkan seragam untuk berjualan hal ini akan membuat masyarakat percaya bahwa produk yang dijual memang tidak abal-abal.

  • Banner outlet

Proses desain dan cetak banner untuk outlet biasanya membutuhkan banyak waktu dan juga biaya untuk mendapatkannya. Namun dengan paket investasi yang dipilih Anda sudah bisa mendapatkannya tanpa harus membayar biaya tambahan lagi.

Adapun untuk kisaran biaya yang digunakan sehari-hari dalam penggunaan barang habis pakai bisa dirinci sebagai berikut:

  • Sewa tempat jualan: Rp 760.000,-
  • Bahan baku habis pakai 1 bulan: Rp 1.010.000,-
  • Beban air dan listrik: Rp 260.000,-
  • Sendok, wadah bubur, dll: Rp 320.000,-
  • LPG Gas: Rp 36.000,-
  • Beban penyusutan peralatan: Rp 176.000,-

Sehingga ketika ditotalkan secara keseluruhan akan membutuhkan  Rp 2.562.000

  1. Analisa keberhasilan suatu usaha

Dalam menghitung keberhasilan suatu usaha yang perlu dilakukan adalah merinci setiap pengeluaran dan juga modal yang telah dikorbankan dalam membuka sebuah usaha agar nominal yang dihasilkan benar-benar nyata.

Berikut merupakan contoh peluang usaha bubur bayi franchise yang diperhitungkan menggunakan analisa keberhasilan sebuah usahanya:

  • Modal usaha yang digunakan: Rp 8.000.000,-
  • Biaya operasional yang dibutuhkan: Rp 2.562.000,-
  • Hasil seluruh penjualan: Rp 5.670.000,-

Bagaimana hasil seluruh penjualan bisa didapatkan?

Anda hanya perlu menjumlahkan berapa banyak cup bubur bayi yang berhasil dijual belikan lengkap dengan harga dan juga ukurannya. Pastikan tidak ada kesalahan dalam perhitungan dan juga pencantuman harga pada perhitungannya:

  • 30 cup kecil x Rp. 3000 x 30 hari: Rp 2.700.000,-
  • 18 cup besar x Rp. 5500 x 30 hari: Rp 2.970.000,-

Perhitungan Keuntungan:

(Pendapatan – Biaya operasional yang dibutuhkan) = Rp 5.670.000 – Rp 2.562.000 = Rp 3.108.000,-

Perhitungan Baliknya Modal

(Banyaknya Modal + Biaya operasional yang dibutuhkan) / keuntungan = Rp 8.000.000,- (+) Rp 2.562.000,- / Rp. 3.108.000,- = 3,398

Dari hasil perhitungan di atas bisa dilihat bahwa dalam waktu 3,4 bulan modal yang Anda gunakan bisa segera kembali. Untuk diperlukan semangat dan kegigihan yang banyak agar modal yang digunakan bisa segera kembali, tentu saja hal ini didukung dengan keuntungan yang selalu stabil dalam setiap bulannya.

Itulah beberapa peluang usaha bubur bayi yang bisa dijadikan gambaran ke depannya. Jika Anda tertarik membuka dan terjun ke usaha ini, maka akan lebih mudah jika Anda terjun menjadi mitra bubur ONIC. Kami adalah pabrik bubur bayi organik yang sudah lama dikenal luas di masyarakat sejak tahun 2015.

Sehingga Anda tidak perlu ragu lagi akan kualitas produk yang kami jual. Anda bisa mencoba contoh peluang usaha bubur bayi organik kami ini. Caranya dengan menghubungi di nomor ini terlebih dahulu: 0821-2524-3680 atau email: info@buburorganik.co.id.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp