Blog

Jual Makanan Khusus Bayi

Jual Makanan Khusus Bayi – Saat ini ada makanan pendamping ASI yang dikenal dengan nama MPASI yang diberikan untuk bayi ketika sudah berusia 6 bulan. Tidak boleh sembarangan memilih MPASI, harus memperhatikan teksturnya, cara penyajian hingga kandungan gizi.

Jual Makanan Khusus Bayi

Pentingnya Mengetahui Kandungan Lemak Ketika Beli MPASI

Umumnya, MPASI yang diberikan untuk si kecil harus mengandung makronutrien mulai dari protein, karbohidrat dan lemak. Juga harus mengandung mikronutrien  yaitu vitamin dan mineral. Nah, berikut ini akan dibahas dulu tentang lemak.

  1. Pentingnya lemak dalam MPASI

ASI ialah makanan yang sangat baik untuk bayi hingga umurnya sudah masuk 6 bulan. Namun, selebih itu nutrisi yang ada dalam ASI tidak cukup lagi untuk kebutuhan gizi si kecil. Makanya dibutuhkan MPASI. Kandungan lemak dalam ASI sekitar 50-60%, maka dalam MPASI juga harus begitu. Lemak juga berperan penting dalam pertumbuhan badan dan otak karena berfungsi membantu membangun selubung myelin.

Selain itu, lemak ialah nutrisi sekaligus bahan  bakar yang nilainya lebih tinggi 2 kali lipat daripada makanan yang lain. Sehingga lemak dikenal sebagai sumber energi utama dalam tubuh. Selain itu juga ada fungsi lain dari lemak yaitu sebagai lemak esensial yang melarutkan vitamin A, D, E dan vitamin K. Kemudian, dengan adanya lemak, makanan menjadi lebih gurih.

Jangan takut bayi obesitas atau kegemukan jika mengonsumsi lemak. Asalkan diberikan dalam kadar yang cukup, tidak berlebihan sesuai anjuran. Berkaitan dengan hal ini, telah dilakukan penelitian yang menunjukkan  bayi yang sangat sedikit mengonsumsi lemak di bawah usia dua tahun, akan terganggu pertumbuhannya. MPASI bisa didapatkan  di toko jual makanan khusus bayi organik.

  1. Kadar lemak yang dibutuhkan bayi

Oleh karena itu, lemak sangat diharuskan ada lama MPAS yang diberikan untuk si kecil. Jika masih berusia 6-8 bulan, maka kandungan lemak dalam MPASI sebesar 0-34%. Kemudian, ketika umur bayi 9-11 bulan dibutuhkan 5-38 persen lemak. Selanjutnya ketika sudah berusia 12-23 bulan dibutuhkan 17-42 persen lemak. Jangan lupa selingi juga dengan protein hewani. Usahakan berikan seimbang agar semua nutrisi si kecil tercukupi. Jangan hanya karena fokus pada satu hal hingga mengabaikan hal yang lainnya.

Jenis Lemak Yang Dianjurkan Untuk MPASI

Lemak yang  umumnya digunakan untuk MPASI ialah lemak dari minyak buah Zaitun Ekstra Virgin. Namun, ada juga lemak yang dianjurkan yaitu lemak yang mudah didapat dengan harga yang terjangkau tentunya:

  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun yang disarankan ialah yang tinggi kandungan lemak tak jenuh tunggal. Serta juga mengandung asam lemak yang juga ditemukan pada ASI. Kandungan kedua nutrisi ini sangat penting untuk pertumbuhan bayi. Juga mengandung beberapa vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh yaitu vitamin A, B, C, D, E dan vitamin K. Bahkan juga memiliki kandungan OMEGA3 yang sangat bagus untuk perkembangan otak.

Minyak zaitun yang dijual di toko obat ada yang bisa dikonsumsi dan ada yang untuk pengobatan. Jangan salah pilih. Tanya dulu kepada penjualnya yang mana yang bisa dikonsumsi. Kemudian, bacalah tulisan di kemasan minyak zaitun tersebut.

Umumnya terdapat informasi apakah untuk dikonsumsi atau yang lainnya. Terutama untuk si kecil, tentu saja tidak boleh menggunakan yang abal-abal atau belum jelas apakah bisa dikonsumsi atau tidak. Baca dengan teliti, jika tidak ada di toko obat pertama, coba cari di toko selanjutnya. Atau coba kunjungi tempat jual makanan khusus bayi MPASI.

  1. Mentega

Mentega terbagi dalam dua jenis yaitu mentega asin dan mentega tidak asin. Jika si kecil baru saja atau pertama kalinya memulai MPASI, maka berilah butter tidak asin. Sebab dalam kondisi ini,  si kecil tidak membutuhkan natrium dalam jumlah yang banyak.

Selanjutnya setelah beberapa hari, barulah diberikan mentega asin dan tidak berlebihan ketika sudah berumur 8 bulan. Hal ini karena di umur ini, ginjal si kecil sudah dapat mentolerir banyak garam. Mentega asin juga bisa menambah selera makan anak sehingga disukai para orang tua.

  1. Margarin

Margarin dibuat dari minyak sawit, minyak kedelai dan minyak jagung. Meskipun sebagian orang menganggap antara mentega dengan margarin adalah sama. Tetapi pada kenyataannya berbeda terutama dari kandungan bahan yang digunakan. Margarin dalam proses pemilihan sama dengan mentega. Gunakan margarin yang rendah kadar natrium ketika awal pertama pemberian. Selanjutnya silakan gunakan yang mengandung margarin asin.

  1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa tentu semua orang mengenalnya. Ternyata tidak hanya bagus untuk orang dewasa, namun juga bagus untuk si kecil. Pasalnya, terdapat kandungan asam lemak rantai menengah dalam minyak kelapa dengan kadar tinggi. Bahkan asam lemak ini juga ditemukan dalam ASI makanya, dianjurkan untuk diberikan sebagai makanan pendamping ASI.

Minyak kelapa juga mengandung asam lemak larut yang berfungsi meningkatkan sistem imunitas tubuh. Minyak kelapa ini penggunaannya untuk menggoreng MPASI. Tetapi hanya digunakan satu kali saja atau habis sekali pakai. Jangan digunakan minyak bekas secara berulang kali.

  1. Minyak Lainnya.

Minyak lain yang juga bagus untuk MPASI ialah minyak kanola, minyak safflower dan minyak samin. Juga termasuk krim kelapa yang diperoleh dari perasan kelapa tanpa air dan minyak wijen. Jika butuh MPASI, juga bisa pesan atau beli di tempat jual makanan khusus bayi homemade.

Nah, inilah jenis lemak yang dianjurkan untuk MPASI si kecil. Namun, pilihlah minyak yang mudah didapat dengan harga terjangkau. Jangan memaksa keinginan jika kebutuhan sulit diperoleh. Hal yang harus diutamakan ialah makanan pendamping ASI yang mengandung asam lemak dan asam lemak esensial. Juga mengandung omega3 dan omega6.

Saat ini banyak sekali jenis makanan pendamping ASI yang bisa diperoleh dengan mudah. Tetapi perhatikan kandungan nutrisi ataupun komposisinya. Jangan asal pilih karena sistem pencernaan si kecil belum lebih kuat seperti sistem pencernaan orang dewasa.

Sebelum memilih MPASI, akan lebih baik jika berkonsultasi dengan dokter lebih dulu. Sehingga akan lebih yakin ingin menggunakan makanan yang mana. Selain itu, anjuran dokter tentunya sesuatu yang bisa dipercaya dan sudah jelas yang terbaik untuk pasiennya. Jadi, jangan ragu untuk bertanya.

Setelah membaca artikel ini pastikan memperhatikan kadar lemak dalam makanan bayi. Begitu juga ketika ingin memberikan MPASI untuk si kecil harus sesuai dengan umurnya. Sebab sudah dijelaskan di atas berbeda umur, berbeda tingkatan kadar lemak yang dibutuhkan.

Jual Makanan Khusus Bayi di Indonesia

Pemberian MPASI bagi bayi tidak boleh sembarangan, Anda harus memperhatikan makanan tersebut halal, sehat dan bergizi seimbang. Akan lebih baik dengan memberikan makanan yang jelas dari bahan-bahan alami alias organik.

Kami dari ONIC FOOD menawarkan produk bubur bayi organik unggulan yang bisa Anda coba untuk MPASI si kecil. Di sini kami tidak hanya menawarkan varian bubur instan, namun juga yang bisa langsung dimakan serta menu pendamping lainnya. Tidak hanya memberikan makanan bubur organik pada bayi, Anda juga berkesempatan jual makanan khusus bayi ini untuk dapat penghasilan tambahan. Hubungi kami di nomer berikut untuk info lebih lanjut: 0821-2524-3680.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp