Blog

Jual Makanan MPASI Bayi

Jual Makanan MPASI Bayi – Makanan pendamping ASI kini sudah terkenal di kalangan ibu muda. Tentu saja, anak pertama selalu diprioritaskan salah satunya dengan memperhatikan asupan makanannya. ASI memang makanan yang sangat bagus untuk bayi namun diberikan hanya di umur tertentu saja.

Jual Makanan MPASI Bayi

Bubur Bayi Organik dan Jenis Makanan Yang Harus Dipilih

Kini untuk makanan pendamping ASI banyak yang bisa digunakan tentunya yang juga memiliki kandungan nutrisi seperti ASI. Misalnya bubuk organik yang sangat bagus untuk si kecil. Bubur yang diberikan sejak bayi berusia 6 bulan yang berbahan daging ikan dan sayuran.

Tidak semua ikan aman dikonsumsi oleh bayi, berbeda dengan orang dewasa.  Apalagi ada sejumlah ikan yang mengandung merkuri bahkan metil merkuri yang harus dijauhkan dari asupan si kecil. Tetapi yang dianjurkan ialah ikan yang memiliki daging putih bertekstur lunak. Misalnya ikan cod, ikan flounder, ikan sole, ikan lele, remis, salmon dan ikan nila. Sedangkan ikan pedang dan king makerel tak boleh diberikan untuk bayi.

Sebelum dimasak, ikan harus dibersihkan terlebih dahulu termasuk buang semua sisiknya. Tubuh ikan yang digunakan ialah dagingnya, jadi jika ada tulang kecil ataupun duri pun harus dibuang. Hal ini dilakukan agar si kecil bisa makan dengan nyaman dan aman, tidak tersedak oleh dari ataupun sirip ikan. Bubur bayi organik kini pun bisa ditemukan di toko jual makanan MPASI bayi homemade.

Ikan yang diberikan untuk bayi tentunya dimasak sampai matang. Tidak boleh memberikan ikan yang masih mentah. Demi mencegah bakteri  apalagi sistem imun bayi pun belum sekuat orang dewasa. Begitu juga dengan sistem pencernaannya yang masih sensitif.

Ketika membuat bubur ikan, juga diperlukan susu formula dan ASI. Supaya lebih tercukupi nutrisinya, tidak salah menambahkan sayuran seperti wortel atau yang lainnya. Sehingga rasa yang lebih bervariasi dan si kecil senang menyantapnya.

Macam-macam Ikan Pengganti Ikan Salmon

Ikan salmon memang memiliki nutrisi yang sangat bagus untuk bayi salah satunya omega3. Namun, ikan salmon yang umumnya disajikan dalam keadaan mentah tak disarankan untuk dikonsumsi bayi.

Selain itu, ikan salmon memiliki harga yang lumayan tinggi. Meskipun begitu, juga ada jenis ikan lainnya yang bisa dijadikan pengganti ikan salmon karena memiliki nutrisi penting juga, seperti:

  1. Ikan Lele

Banyak sekali nutrisi yang bagus untuk si kecil dalam daging ikan lele. Mengandung omega3, lemak, natrium, kalsium, vitamin A, B kompleks dan vitamin C. Juga mengandung seng, magnesium dan fosfor. Bahkan dalam 3 ons lele saja diketahui mengandung sebanyak 0,22-0,3 gram asam lemak omega3.

Proses pengolahan dan memasak ikan lele juga tak boleh sembarangan. Harus dengan cara yang sehat, memasaknya jangan terlalu matang. Juga jangan menggunakan banyak minyak, garam dan gula. Mungkin ibu juga bisa menemukan bubur bayi  dengan ikan lele di tempat jual makanan MPASI bayi organik.

  1. Ikan Mujair

Alasan ikan mujair sebagai pengganti ikan tuna karena mengandung protein, selenium, kalium, fosfor, omega3 dan sodium. Apalagi harga ikan mujair relatif lebih terjangkau dibandingkan ikan tuna. Sehingga tak ada alasan untuk tidak memberikan ikan mujair untuk si kecil. Kini untuk mendapatkan ikan mujair pun tidak terlalu sulit.

  1. Ikan Tuna

Ikan tuna memang sudah terkenal dengan nutrisinya, sehingga bisa dikonsumsi bayi sebagai pengganti ikan salmon. Selain mengandung protein dan vitamin B, juga mengandung kalium dan selenium. Nutrisi ini memiliki fungsi penting  untuk perkembangan fungsi kognitif di otak, melancarkan metabolisme hormon tiroid dan meningkatkan sistem imun.

Kandungan omega3 juga ditemukan dalam daging ikan tuna, dimana dalam 100 gram ikan tuna mengandung 1,2 omega3. Kemudian dalam 113 gram ikan tuna mengandung sebanyak 147 kalori. Tentunya ikan tuna yang diberikan yang segar, jangan gunakan ikan tuna kaleng.

  1. Ikan Mas

Ikan mas juga memiliki nutrisi yang tak kalah yang penting untuk bayi. Kelebihan dari ikan mas sangat tinggi kandungan proteinnya. Bahkan dalam 100 gram ikan mas mengandung sekitar 16 gram protein. Mineral lain yang juga ditemukan seperti zat besi, lemak dan kalsium. Memasak ikan mas pun tidak terlalu sulit. Bisa dikreasikan dengan berbagai macam menu. Bisa diperoleh dengan harga yang lumayan terjangkau.

  1. Ikan Kembung

Ikan kembung diketahui memiliki nilai gizi yang lebih tinggi daripada ikan salmon. Memang harganya sangat terjangkau daripada ikan salmon, sehingga bisa jadi pilihan yang bagus untuk ibu rumah tangga.

Memiliki kandungan fosfor, zat besi dan kalsium. Juga mengandung vitamin A, B1, C, D hingga vitamin E. Kandungan asam lemak omega3 dalam ikan kembung lebih tinggi dibandingkan ikan salmon.

  1. Belut

Belut  juga termasuk ikan meskipun bentuk fisiknya lumayan berbeda daripada ikan pada umumnya. Sebagian orang sangat menyukai belut dengan tekstur daging yang memiliki ciri khas. Begitu juga rasanya berbeda dengan ikan lainnya. Belut juga memiliki nutrisi yang bagus untuk perkembangan bayi dengan kadar sodium yang rendah. Namun tinggi fosfor dan tidak mengandung gula.

Belut juga kaya dengan vitamin A dimana dalam 100 gram belut terdapat sebanyak 7093 IU vitamin A. Kemudian, juga terdapat vitamin B1, B2 dan B12. Ada vitamin D dan vitamin E. Mengenai kandungan omega3 pun sangat tinggi bahkan hampir sama dengan ikan salmon.

Jadi, jika tidak mendapatkan ikan salmon, para ibu jangan khawatir. Sebab keenam jenis ikan di atas juga mampu memenuhi kebutuhan nutrisi untuk si kecil. Apalagi ikan di atas pun tidak terlalu sulit menemukannya. Lebih mudah lagi dapatkan MPASI dengan memesan di tempat jual makanan MPASI bayi online.

Proses pembersihan, pengolahan hingga cara memasaknya harus benar-benar diperhatikan. Karena seperti yang sudah dijelaskan  bahwa tidak semua makanan ataupun bahan makanan bisa masuk ke dalam tubuh bayi seperti orang dewasa. Misalnya memasak ikan mas jangan menggunakan terlalu banyak minyak. Coba bandingkan dengan orang dewasa yang terkadang tak peduli dengan hal ini.

Duri-duri, sisik dan sirip pada ikan pun dihilangkan semuanya. Terutama untuk bayi yang berusia 6 bulan, yang benar-benar harus diberikan makanan halus dan lunak. Sangat berbeda dengan orang dewasa yang tak masalah menggigit duri, sirip atau bahkan sisik ikan. Makanya, semua hal yang berpotensi membuat bayi tersedak dibuang semuanya.

Setelah membaca artikel ini silakan memberikan ikan-ikan di atas untuk bayi. Jangan lupa juga memberikan bubur organik. Keenam ikan tersebut pun cocok dicampurkan dalam bubur bayi serta ditambahkan sayuran.

Jual Makanan MPASI Bayi di Indonesia

Kini peluang usaha di bidang MPASI bayi atau Makanan Pengganti ASI sangatlah luas dan menguntungkan. Anda pun bisa terjun dan join jual makanan MPASI bayi dengan menjadi mitra ONIC.

ONIC adalah perusahaan yang menjual berbagai makanan sehat, praktis serta halal termasuk makanan bubur organik bayi atau MPASI. Ada banyak varian produk yang dijual dan bisa dipasarkan baik secara online atau offline. Anda pun dapat bergabung bersama kami sekarang dengan menghubungi di 0821-2524-3680.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp