Blog

Membuat Bubur Organik Untuk Bayi

Membuat Bubur Organik Untuk BayiUntuk si kecil, MPASI memang sangat dibutuhkan guna membantu memenuhi kebutuhan nutrisinya. Kebutuhan nutrisi tersebut tidak cukup jika hanya dari mengonsumsi asi saja. Oleh karena itu digunakanlah MPASI atau makanan pendamping asi dengan berbagai macam bahan makanan sebagai sumber gizinya. 

Kebanyakan masih bingung bagaimana cara untuk menyiapkan MPASI si kecil. Terutama untuk yang baru pertama kali menjadi ibu. Untuk itu berikut adalah cara untuk membuat MPASI dengan cara yang cukup mudah dan sederhana. 

Membuat Bubur Organik Untuk Bayi

Cara Membuat Bubur Organik Untuk Bayi

Jika si kecil sudah berusia 6 bulan, maka penting untuk mengonsumsi MPASI guna memenuhi kebutuhan gizi dan juga nutrisinya. Sering kali yang dipikirkan ketika membuat MPASI adalah repot dan membutuhkan waktu dan juga banyak bahan.

Padahal Anda sudah bisa membuat MPASI dengan mudah dan juga sederhana. Dalam membuat MPASI, yang penting adalah si kecil menyukai menu MPASI tersebut dan juga kebutuhan nutrisinya tetap terpenuhi dengan tepat.

Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat menu MPASI yang sederhana:

  • Penggunaan susu

Tips membuat bubur organik untuk bayi jika Anda menggunakan susu adalah hindari untuk memasak susu dengan suhu yang tinggi. Hal ini karena ASI atau susu formula yang dimasak dengan suhu tinggi hingga 40 derajat Celsius kandungan probiotik bisa rusak. Sedangkan probiotik tersebut berguna untuk membantu melancarkan sistem pencernaan si kecil. 

  • Hindari untuk menggunakan pemanis seperti gula

Si kecil yang masih berusia kurang dari 1 tahun akan lebih baik jika menghindari makanan yang menggunakan gula sebagai pemanis. Bahkan jika Anda menggunakan gula aren sekalipun juga harus dihindari. Jika Anda ingin memberikan rasa manis, lebih baik gunakan bahan yang memang memiliki rasa manis yang alami seperti jagung manis, ubi, buah-buah dan bahan lainnya.

  • Hindari untuk menggunakan garam

Selain menghindari gula, si kecil juga harus menghindari MPASI dengan kandungan garam jika masih di bawah 1 tahun. Hal ini karena mengonsumsi garam ketika usia si kecil kurang dari 1 tahun juga akan berdampak pada kesehatan si kecil. Anda bisa mengganti garam dengan bahan makanan yang memiliki rasa gurih seperti keju, kaldu ayam atau menggunakan bawang putih untuk memberikan cita rasa gurihnya.

  • Berikan satu jenis sayur

Ketika Anda membuatkan MPASI untuk si kecil, hindari untuk menggunakan lebih dari 3 jenis sayur yang berbeda. Tujuannya untuk menghindari si kecil yang bisa terkena diare karena mengonsumsi MPASI dengan lebih dari 3 jenis sayur dalam satu MPASI. 

Resep Membuat Bubur Organik Untuk Bayi 

Bubur bayi dengan wortel dan jagung

Bubur bayi dengan sayuran wortel dan juga jagung ini bisa Anda berikan untuk si kecil yang baru pertama mencoba MPASI. Bahan utama yang diperlukan sudah pasti jagung manis dan juga wortel yang sudah dikukus.

Cara membuatnya:

  • Pertama adalah haluskan wortel dan juga jagung yang sudah dikukus menggunakan blender. Ketika memblender, tambahkan air sedikit demi sedikit agar lebih mudah untuk dihaluskan.
  • Jika wortel dan juga jagung sudah halus, selanjutnya Anda bisa menyaring adonan tersebut menggunakan saringan hingga menghasilkan bubur yang halus dan lembut.
  • Adonan bubur tersebut biasanya masih sangat kental, untuk mengencerkannya Anda bisa menambahkan air susu formula atau asi hingga tekstur sesuai dengan keinginan Anda dan sajikan pada si kecil. 

Bubur bayi organik

Untuk MPASI si kecil, Anda bisa menggunakan bubur organik. Bubur bayi memiliki manfaat yang cukup bagus untuk si kecil karena terdapat sekitar 10 hingga 50% senyawa antioksidan yang lebih banyak dari sayuran biasa.

Selain itu, kandungan vitamin C, zat besi, protein, fosfor hingga magnesiumnya juga lebih banyak jika dibandingkan dengan bubur bayi dengan bahan non-organik. MPASI organik juga lebih mudah untuk diserap dan juga dicerna oleh sistem pencernaan si kecil.

Berikut adalah cara membuat bubur organik untuk bayi yang bisa Anda ikuti:

  • Pertama haluskan atau blender beras merah dan beras putih hingga butirannya pecah. Jangan menghaluskan beras tersebut hingga terlalu halus. Tujuannya memang nasi tim tersebut nanti masih memiliki tekstur yang bisa dikunyah si kecil.
  • Haluskan juga jagung seperti beras menggunakan blender. Selanjutnya rebus sekitar 300 ml air dan masukkan beras hingga airnya mendidih.
  • Kemudian campurkan tepung beras coklat ke dalam panci juga dan aduk-aduk hingga semua bahannya tercampur dengan rata.
  • Terakhir, masukkan buncis yang sudah dipotong kecil-kecil, jagung yang sudah dihaluskan dan juga kaldu.
  • Aduk semua bahan tersebut dan masak kurang lebih selama 30 menit hingga matang. Bubur bayi organik sudah bisa disajikan untuk si kecil selagi hangat. 

Bubur tim bayi

Jika si kecil sudah berusia 7 atau 8 bulan, maka Anda sudah bisa memperkenalkan si kecil dengan makanan yang lebih memiliki tekstur atau lebih kasar. Tujuannya adalah untuk melatih gigi si kecil dan juga sistem pencernaannya.

Salah satu resep MPASI yang cocok untuk si kecil yang sudah berusia 7 atau 8 bulan adalah bubur tim. Anda bisa mengolah nasi tim tersebut dengan tambahan sayuran atau daging. Cara untuk membuatnya:

  • Pertama panaskan mentega menggunakan panci dan masukkan bawang putih yang sudah dicincang dan daun bawang.
  • Tumis kedua bahan tersebut hingga matang dan berubah warna. Selanjutnya masukkan sekitar 300 ml air, tahu yang sudah dipotong-potong dan juga nasi. Aduk hingga merata.
  • Kemudian masukkan kabocha, seledri dan juga wortel. Sambil diaduk hingga rata, masukkan sedikit demi sedikit air kaldu sekitar 100 ml. Anda bisa menggunakan air kaldu ayam atau sapi.
  • Terakhir masak semua bahan tersebut hingga benar-benar matang sekitar 30 menit. 

Masak hingga tekstur kekentalannya sesuai dengan yang Anda inginkan. Anda bisa menambahkan kaldu lagi jika tekstur bubur tersebut terlalu kental dan kurang encer. Anda bisa menyajikan bubur MPASI tersebut pada si kecil selagi hangat.

Bubur MPASI tersebut juga bisa Anda bekukan jika masih ada sisa yang cukup banyak. Anda hanya perlu menggunakan wadah yang kedap udara dan memasukkannya pada lemari es. Bubur tersebut bisa Anda gunakan lagi jika si kecil ingin makan. Hanya saja perhatikan jika bubur tersebut tidak Anda simpan terlalu lama di dalam lemari es.

Demikian cara untuk membuat bubur organik untuk bayi. Kalau Anda merasa kerepotan membuat bubur MPASI sendiri maka Anda bisa beli bubur organik instan pabrikan ONIC FOOD.

Di sini perusahaan ONIC menawarkan produk-produk dengan banyak varian rasa dan menyehatkan bagi si kecil. Sudah ada 40 outlet bubur ONIC yang tersebar di seluruh area di Indonesia. Anda pun berkesempatan buka outletnya dengan jadi mitra ONIC. Info lebih lanjut hubungi kami di 08212-524-3680.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp