Blog

Peluang Usaha Jual Makanan Ringan

Peluang Usaha Jual Makanan Ringan – Makanan ringan sebagai salah satu makanan ringan terlaris yang bisa dijalankan tanpa butuh modal besar. Bahkan bisnis makanan ringan tersebut bisa dijalankan tanpa harus menyewa toko khusus. Begitu juga alat yang dibutuhkan tidak terlalu banyak.

Berikut 12 Peluang Usaha Jual Makanan Ringan Rumahan Modal Kecil Bisa Jadi Pilihan

Sejumlah makanan ringan berikut bisa dibuat dengan modal kecil dan bisa mendapatkan keuntungan yang banyak. Proses jualnya juga tidak sulit bisa dengan pesan antar atau juga bisa dititipkan di kantin-kantin:

Peluang Usaha Jual Makanan Ringan

  • Keripik singkong

Keripik sebagai makanan ringan yang paling digemari masyarakat Indonesia juga bisa jadi usaha rumahan yang menguntungkan. Makanan favorit yang bisa disantap kapan saja ini tidak terlalu sulit proses pembuatannya dan bahannya pun bisa dengan mudah didapatkan. Selain bisa didapatkan dengan harga terjangkau, makanan ini juga bisa dijual dengan harga tinggi untuk berbagai kalangan konsumen.

  • Keripik bawang

Makanan ringan ini memiliki peluang usaha jual makanan ringan enak yang bisa dijumpai saat lebaran tiba. Selain bahannya yang mudah didapatkan, harga bahan-bahan tersebut juga terjangkau. Keripik bawang yang tidak kalah enaknya dari keripik singkong juga bisa ditemukan di hari-hari biasa, di rumah makan atau kantin-kantin sekolah. Harga jualnya yang sangat terjangkau membuatnya disukai banyak konsumen.

  • Kacang bawang

Bagi pecinta kacang goreng tentu ini menjadi usaha yang cocok dijalankan. Selain bisa dijual di rumah sendiri dengan sistem pesan antar, juga bisa dititipkan di kedai-kedai, kantin sekolah dan kantin kampus. Kacang yang juga digemari menjelang lebaran tiba ini juga bisa dijual di hari-hari biasa, meskipun beberapa hari sebelum lebaran kacang bawang dijual dengan harga tinggi. Bahan yang dibutuhkan juga mudah didapat yaitu kacang, minyak, garam, bawang putih, dan plastik untuk kemasannya. Harga bahan yang lumayan tinggi dari kacangnya, karena bisa jadi semakin hari harga kacang semakin naik.

  • Lanting

Ini juga makanan ringan yang melegenda dan bisnis makanan ringan lanting ini bisa dilakukan di rumah. Meskipun terbuat dari singkong, lanting juga tidak sedikit penggemarnya. Bisa dimakan dengan makanan berkuah pengganti kerupuk atau dimakan dengan nasi. Bahkan ada daerah tertentu yang menjadikan makanan ini sebagai oleh-oleh sehingga sangat bagus dijadikan salah satu peluang kuliner jual makanan ringan.

  • Bolu ngakak

Makanan ringan rumahan ini juga dikenal dengan nama bolu kukus yang ketika sudah matang, bagian atas bolu tersebut terbuka mekar sehingga disebut bolu ngakak. Sama seperti makanan ringan lainnya, bolu ngakak juga tidak perlu modal besar. Teksturnya yang lembut dengan warna yang indah membuat banyak orang menyukainya dan tidak sedikit yang menjadikan makanan ini sebagai makanan rumahan.

  • Makaroni

Makanan ringan yang naik daun akhir-akhir ini juga tidak terlepas dari tangan konsumen. Rasanya yang gurih dengan tekstur yang renyah membuat semua orang menyukainya. Apalagi jika ditawarkan dengan beberapa varian rasa misalnya ada rasa original dan rasa pedas. Selain bisa dimakan dalam keadaan kering sebagai keripik juga bisa disajikan dengan makanan berkuah pengganti kerupuk.

  • Usus crispy

Meskipun bentuk usus hampir sama dengan bentuk makaroni, namun usaha makanan ringan usus crispy  menggunakan usus ayam. Usus tersebut direbus  terlebih dulu selanjutnya diberi tepung terigu, tepung beras, telur dan bumbu yang lainnya hingga akhirnya digoreng. Meskipun bisa dibuat dengan modal kecil, namun saat ini usus crispy ditawarkan dengan harga yang tinggi. Meskipun begitu tidak menyurutkan konsumen untuk membeli dan mencicipi usus crispy tersebut sehingga bagus untuk peluang usaha jual makanan ringan murah.

  • Rempeyek kacang

Makanan ringan berbahan kacang ini tentu disukai oleh konsumen pecinta kacang. Selain bisa dimanfaatkan sebagai camilan juga bisa disajikan dengan makanan lain sebagai pengganti kerupuk. Bahan dan proses pembuatan yang bisa dilakukan dengan mudah  membuatnya bagus dijadikan sebagai usaha makanan ringan rumahan. Bisa dibuat oleh ibu-ibu sebagai pemasukan tambahan rumah tangga.

  • Singkong keju

Makanan ringan ini juga menjadi camilan yang enak disantap dan cocok dijadikan usaha makanan ringan rumahan dengan modal kecil. Bahan yang diperlukan diantaranya singkong, garam, keju parut, bawang putih yang bisa didapatkan dengan mudah kecuali singkong mungkin harus dicari ke beberapa lokasi. Proses pengolahannya, singkong dikukus hingga  berwarna kuning, kering dan dagingnya empuk. Diangkat dan diberi yang telah dihaluskan. Setelah beberapa saat direndam selanjutnya digoreng.

  • Onde-onde

Makanan ringan yang juga bisa ditemukan di kantin atau di pinggir jalan yang menjual aneka gorengan. Meskipun berasal dari Tiongkok, onde-onde cukup terkenal di Indonesia. Terbuat dari campuran tepung ketan dan tepung beras ini memiliki beberapa varian rasa dari bahan isinya. Ada yang diisi dengan kacang hijau, stroberi, pisang, nanas atau juga bisa menggunakan buah yang lain.

  • Basreng

Basreng merupakan singkatan dari kata bakso goreng juga bagus untuk camilan sehari-hari dan juga peluang usaha jual makanan ringan unik. Teksturnya yang agak keras membuatnya memiliki ciri khas dengan cara pembuatan yang tidak sulit. Saat ini ditawarkan dengan ragam varian rasa juga  seperti rasa keju, balado, rasa manis dan rasa lainnya. Selain bisa ditemukan di warung makanan, basreng juga bisa dipesan pada distributor tertentu. Mengingat tidak banyak yang menjual makanan ringan ini sehingga bisa dicoba dijalankan sebagai usaha rumahan.

  • Kembang goyang

Makanan tradisional yang kini populer dimasyarakat dengan berbagai varian rasa dan bentuknya. Meskipun umumnya disajikan saat lebaran tiba, namun kembang goyang juga bisa dinikmati di hari biasa. Cara membuatnya yang mudah begitu juga dengan bahan-bahan yang diperlukan tidak banyak. Sehingga menjadi salah satu usaha makanan ringan rumahan yang menguntungkan. apalagi saat ini tidak banyak yang membuka usaha kembang goyang, dengan begitu persaingan yang ada tidak begitu ketat.

[Total: 1 Average: 5]
Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp