Blog

Peluang Usaha Jualan Makanan

Peluang Usaha Jualan Makanan – Bisnis makanan memiliki peluang yang terus berkembang setiap tahunnya. Banyak orang memilih terjun ke bisnis kuliner karena keuntungan besar yang ingin diperoleh. Target market yang sangat luas membuat makanan apapun yang dijual akan dibeli konsumen.

Makanan merupakan kebutuhan manusia setiap harinya. Ini menjadi poin utama orang memilih bisnis kuliner selain dari segi penghasilan. Bahkan saat ini kebanyakan orang lebih memilih membeli dibandingkan membuat sendiri. Berikut beberapa jenis menu makanan yang dapat ditawarkan.

7 Peluang Usaha Jualan Makanan Yang Laris Manis 

Peluang Usaha Jualan Makanan

  • Nasi Uduk Seribu Lauk

Nasi uduk biasanya ditawarkan dengan ayam dan lele goreng atau geprek. Selain itu, ada lauk tambahan terong, tempe serta timun dan selada. Menu ini sudah banyak sekali di termukan  pinggir jalan.

Jika tertarik berjualan nasi uduk terutama tahun 2021 ini harus berani tampil beda. Artinya menawarkan pilihan lauk yang beragam. Misalnya, nasi uduk tuna goreng sambal, ceker ayam dan perkedel daging. Lauk yang lain seperti peyek udang, kroket, empal goreng, ceker ayam, dan telur geprek jangan lupa kasih sambal.

  • Aneka Bakso

Contoh peluang usaha jualan makanan  selanjutnya yang laris manis adalah bakso. Buatlah varian menu  tidak hanya bakso ayam dan bakso sapi. Tetapi, tawarkan juga bakso telur, bakso keju, bakso udang, bakso ikan dan bakso telur asin.

  • Aneka Singkong

Makanan berbahan singkong juga cocok sekali untuk berbisnis. Pasalnya, sekarang ini banyak menu kreatif yang pastinya disukai konsumen. Beberapa jenis olahannya diantaranya singkong keju, singkong bakar, bola-bola singkong, klepon singkong, lapis singkong dan kue singkong susu.

  • Seblak Varian Rasa

Masyarakat Indonesia tentu tidak asing dengan makanan yang bernama seblak. Camilan dari Bandung ini sempat trending beberapa bulan ini. Berbahan kerupuk kemudian direndam dalam air hangat hingga berubah tekstur menjadi lembek.

Seblak dapat dibuat menjadi camilan berbagai varian rasa. Seperti seblak krispi rasa balado, cabe ijo hingga rasa paling pedas. Selain itu, juga sangat nikmat saat dikonsumsi bersama mie, sosis, bakso, macaroni dan jangan lupa bumbunya.

  • Ragam Bubur

Bubur merupakan makanan khas yang sangat disukai karena rasanya manis. Selain itu, satu mangkok saja bisa terdapat aneka bahan membuat rasanya lebih mantap. Karena hal inilah potensi berjualan bubur masih cukup tinggi.

Penjualnya pun belum terlalu banyak padahal makanan ini masih ramai peminatnya. Menu yang dapat ditawarkan seperti bubur jagung, bubur ketan hitam, bubur sumsum hingga bubur kacang hijau. Selain  itu ada juga bubur organik yang biasanya dikonsumsi untuk bayi cocok untuk dibuat usaha.

  • Donat Kekinian

Donat kekinian dengan berbagai bentuk dan toping mulai diminati beberapa tahun ini. Karena itu, peluang usahanya masih terbuka lebar. Selain menggunakan tepung terigu, ada juga yang menggunakan kentang sebagai bahan utama.

Donat kentang inilah lebih banyak disukai sekarang ini. Tips peluang usaha jualan makanan donat dengan menawarkan aneka toping seperti keju coklat, toping tiramisu, red velvet dan  lainnya bisa dikreasikan sendiri. Tidak hanya itu, produsen juga dapat menawarkan donat pizza, donat ayam jamur hingga donat brownies yang cukup menggugah selera.

  • Dimsum

Makanan Korea ini juga sangat cocok dijual di Indonesia. Bahkan menjadi makanan favorit para konsumen dan tak jarang menjadi menu pilihan di suatu restoran. Nah, beberapa varian dimsum yang dapat dijual adalah lumpia/spring roll menggunakan isian udang ayam atau daging ayam.

Ada pula mantau, bakpao, pangsit sup dan dimsum ayam, udang dan cumi. Berjualan dimsum pun sangat mudah pastinya tidak membutuhkan modal besar. Bisa dijual menggunakan gerobak tentunya di lokasi yang strategis.

Usaha Makanan Sukses dengan Menghindari Kesalahan Berikut

Berjualan kuliner tentu tak boleh asal-asalan sebab akan sulit mendapatkan konsumen. Satu kesalahan yang dibuat bisa saja membuat konsumen pindah beli makanan ke pesaing. Oleh karena itu sebagai produsen harus tahu apa yang harus dihindari saat memulai usaha makanan, seperti berikut ini.

  • Menu Dibuat Asal

Konsumen membeli makanan tidak hanya melihat dari harga murahnya saja atau tampilan kemasan yang menarik. Namun, yang penting sekali diutamakan adalah rasa dan menu makanan. Maka, jangan membuat secara asal-asalan.

Pemilihan bahan, pengolahan hingga cara memasak tidak benar akan mempengaruhi rasa. Kesalahan ini dapat dilakukan oleh semua produsen. Maka, mulai hari ini kerjakan semua aktivitas produksi sepenuh hati.

  • Tidak Ada Manajemen Keuangan

Perlu diketahui bahwa manajemen keuangan penting sekali dalam bisnis kuliner. Pasalnya, tanpa hal tersebut akan sulit sekali mengetahui pasti pemasukan dan pengeluaran. Modal dan keuntungan tidak bisa dihitung dengan jelas.

Akhirnya, proses penjualan pun tidak tertarget. Jika hari ini banyak laku, produsen akan bersyukur sedangkan jika sedikit laku  juga tidak terlalu mempermasalahkannya. Padahal agar bisnis cepat maju, produsen harus mampu membuat target jumlah laku bubur organik setiap harinya.

  • Menolak Mitra

Kesalahan dalam peluang usaha jualan makanan yang harus dihindari adalah tidak mau bergabung kemitraan dengan restoran besar. Padahal jalan bisnis akan lebih mudah dan lancar jika menerima tawaran mitra.  Karena setelah ini, tidak perlu bingung lagi menentukan menu makanan yang ingin dijual, harga jual hingga strategi promosi.

Misalnya bergabung dengan franchise bubur organik dari merek tertentu. Selanjutnya hal yang perlu dilakukan adalah menjual bubur organik tersebut tanpa merubah brand dari pemilik franchise. Menu, bahan baku hingga harganya semua sudah ditetapkan. Tinggal menentukan lokasi ingin menjual di area atau spot mana.

  • Karyawan Tidak Sesuai

Berbisnis makanan yang baru buka biasanya tidak membutuhkan karyawan. Apalagi jika menjual menggunakan gerobak dan jualan online. Berbeda untuk usaha yang sudah memiliki banyak pelanggan, setiap hari selalu ada orderan. Hal ini tentu membutuhkan setidaknya satu atau dua karyawan.

Karyawan yang dipilih harus memiliki keahlian mengolah dan memasak makanan, mengemas barang dan segala hal yang perlu dikerjakan di dapur. Tidak boleh asal merekrut karena karyawan  juga faktor penting suksesnya usaha makanan. Harus melalui seleksi yang ketat,wawancara hingga testing.

  • Lokasi Tidak Strategis

Seringkali terjadi pada pebisnis salah memilih lokasi berjualan. Pastinya tidak bagus untuk perkembangan bisnis kuliner. Sebab lingkungan yang tidak cocok sulit mendapatkan konsumen.

Pastikan lokasi yang dipilih strategis dan sesuai dengan makanan dan target konsumen. Misalnya menjual bakso goreng atau cilok dan target konsumennya anak-anak hingga remaja. Maka, lokasi yang dipilih di dekat sekolah dan area lain yang ramai anak-anak.

Namun, jika menjual nasi uduk atau aneka bubur cocoknya di dekat universitas, area pertokoan dan lokasi lain yang ramai orang berlalu-lalang.  Bagus juga memilih lokasi di dekat jalan besar. Karena biasanya anak-anak tidak terlalu tertarik dengan nasi uduk, sebaliknya lebih diminati oleh mahasiswa hingga orang dewasa.

Bagi yang ingin berbisnis kuliner  dapat mencontoh beberapa menu peluang usaha jualan makanan yang sudah disebutkan di atas. Namun, jika ingin membuat menu lain pun tidak masalah.

Asalkan dikerjakan dengan baik, sajikan dengan tampilan menarik dan rasa yang lezat tentu mampu menarik perhatian konsumen. Jika Anda tertarik untuk membuka usaha makanan bubur organik maka bisa menghubungi kami di nomor 0812-3000-2590 atau melalui email info@buburorganik.co.id.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp