Blog

Peluang Usaha Kuliner Kecil-Kecilan

Peluang Usaha Kuliner Kecil-Kecilan – Bisnis kuliner sudah banyak variasinya mulai dari usaha bakso, siomay, tahu gejrot ataupun sekedar gorengan. Peluang usaha makanan kecil-kecilan bisa dihasilkan dari makanan kampung ataupun makanan jajanan tradisional.

Kuliner yang simpel dan sederhana yang penting sudah bisa mendapatkan sejumlah peminat sudah bisa dikatakan berpotensi untuk menjadi peluang usaha. Bahkan, makanan homemade seperti nasi uduk atau lontong sayur yang dijual di rumah-rumah sudah menjadi favorit banyak orang yang ingin membuka usaha kuliner sebagai peluang usaha kuliner kecil-kecilan.

Peluang Usaha Kuliner Kecil-Kecilan

Variasi Peluang Usaha Kuliner Kecil-kecilan Paling Laku

Makanan jajanan pinggir jalan ini biarpun sangat sederhana tapi sudah mempunyai tempat sendiri di hati masyarakat terutama penggila kuliner. Banyak contohnya peluang usaha kuliner kecil-kecilan yang murah, mulai dari makanan gerobak keliling seperti bakwan malang, bakso sampai warung dagangan makanan murah seperti pecel atau nasi uduk.

Bisnis kuliner kecil ini bisa dilakukan oleh siapa pun yang memiliki modal terbatas, karena memang hanya bermodalkan membeli bahan baku dari makanan tersebut dan mudah untuk memasaknya. Tapi sebagian besar memang kuliner yang banyak disukai orang. Sehingga bisa dikatakan kalau bisnis ini termasuk peluang usaha kuliner kecil-kecilan modal kecil.

Peluang usaha kecil tapi memiliki omzet dan keuntungan yang berlipat merupakan salah satu ciri peluang usaha kuliner kecil yang berpotensi besar. Kalau ingin mengetahui apa saja variasi potensi peluang usaha kecil-kecilan yang bisa dicontoh, berikut jenis usahanya:

  • Variasi Jenis Aci

Jenis makanan Aci adalah makanan dari Bandung yang terbuat dari tepung tapioka. Macamnya antara lain cimol, cilok, cireng dan cimin serta cilor . Bentuk makanan ini seperti bola-bola bulat kecil dengan rasa yang enak dan mudah didapatkan. Karena mudah didapatkan ternyata harganya juga murah.

  • Variasi Jenis Martabak

Makanan favorit banyak orang dimalam hari ini juga banyak sekali variasinya. Mulai dari martabak telur, martabak manis dan variasi rasa dari martabak manis pun beraneka ragam. Bahkan sekarang juga sedang marak pedagang yang menjajakan martabak mini dengan banyak topping yang menarik, sehingga harganya semakin terjangkau. Benar-benar usaha kecil-kecilan yang bisa mengantongi untung yang cukup besar, namun hanya menggunakan peralatan cetakan atau wajan untuk membuat martabaknya.

  • Variasi Jenis Makanan Gerobak Keliing

Untuk potensi usaha yang satu ini merupakan peluang usaha kuliner kecil-kecilan terlaris. Karena banyak jenis usaha makanan di sini yang banyak digemari orang dan sudah banyak yang menjajakan. Contohnya saja, siomay, bakso, ketoprak, bakmi ayam, batagor, nasi goreng beserta mie tek-teknya dan masih banyak yang lainnya.

  • Variasi Jenis Donat

Bentuknya yang ucu dengan bolong di tengah menjadikan makanan ini banyak yang suka. Dari mulai donat sederhana yang biasa seperti donat gula putih atau donat mesis, atau donat kentang hingga donat yang dibuat ala donat merek ternama yang memiliki variasi bentuk, rasa, topping seperti donat rasa green tea atau red velvet dan masih banyak lagi yang tersedia sebagai tooping donat. Donat merupakan makanan ringan yang tidak bisa diremehkan karena banyak yang suka.

  • Variasi Jenis Makanan dari Telur

Bahan makanan yang sering dijumpai hampir di setiap makanan selain tepung adalah telur. Bahan makanan ini paling mudah dibuat menjadi variasi makanan. Biasanya jenis makanan yang diolah hampir semuanya berhubungan dengan kue-kue. Seperti kue dadar gulung, kue cubit yang bisa ditemukan di sekolah SD dan masih banyak lagi jenisnya yang termasuk kategori makanan murah dan termasuk peluang usaha kecil-kecilan.

  • Variasi Jenis Makanan dari Tahu

Jenis kuliner ini bisa beragam, tapi yang jelas makanannya terbuat dari tahu. Tidak hanya gorengan, karena banyak juga yang menyukai jenis makanan tahu hingga menjadikan variasinya lebih banyak. Seperti contohnya jenis tahu sumedang yang dimakan dengan cabai rawit, tahu gejrot yang hanya bermodalkan sejenis tahu sumedang yang dipotong-potong yang diberi kuah dari air cabai rawit serta tahu bulat yang merupakan tahu berbentuk bulat yang digoreng dan dimakan dengan menggunakan bumbu cabai bubuk.

  • Variasi Makanan Tradisional

Aneka makanan tradisional banyak sekali jenisnya dan berasal dari beragam daerah. Makanan ini benar-benar legit dan kebanyakan berjenis kue. Contohnya seperti wajik, ketan, kue putu, onde-onde dan masih banyak lagi. Kalaupun Anda yang ingin berbisnis makanan ini karena pasarnya besar tapi tidak bisa membuat sendiri, Anda masih bisa mengandalkan dengan membeli di pasar.

  • Variasi Jenis Makanan Pagi dan Bubur-buburan.

Jenis makanan pagi yang sudah lazim antara lain seperti nasi uduk, lontong atau ketupat sayur. Itu semua adalah makanan kuliner kecil-kecilan yang dijual sebagai kuliner rumahan. Nikmat dan cukup mengenyangkan.

Selain itu, ada juga makanan usaha kecil-kecilan dari jenis makanan bubur seperti bubur ayam, bubur kacang hijau dan ketan hitam ataupun bubur sum-sum. Beberapa ada juga yang bisa dikategorikan makanan pagi dan bisa dibuat dan dijual juga di rumahan.

  • Variasi Jenis Roti-rotian

Jenis kuliner ini sebenarnya berasal dari makanan rumahan juga. Makanan yang berasal dari roti tawar bisa dibuat menjadi usaha roti panggang atau roti bakar dengan berbagai selai. Berjualan ini biasanya menetap di tempat dan menggunakan sebuah gerobak.

  • Variasi Jenis Minuman

Kalau untuk kuliner yang satu ini memang kadang ada musimnya. Banyak jenis minuman yang merupakan usaha kuliner kecil-kecilan tapi menguntungkan. Contohnya saja dimulai dari minuman yang dibuat dari buah-buahan atau jus karena harganya masih di bawah rata-rata. Jenis minuman lain yang sempat booming juga adalah minuman yang sering disebut buble yang merupakan blend antara susu dan minuman bubuk yang diaduk dan ditambah dengan variasi isian seperti buble atau cendil-cendil dan topping-topping lainnya.

Jenis lainnya adalah adalah minuman kopi dengan peluang usaha di sebuah warung yang disebut warung kopi. Banyak jenis warung kopi yang berjejer di pinggir jalan, karena memang banyak yang suka kopi atau suka ngopi.

Ada pula pedagang keliling yang menjual es krim berwadahkan cone, yang dikenal dengan nama es dung-dung serta es doger yang juga berjualan dengan berkeliling. Dan jenis yang terakhir yang sekarang masih ngetren adalah jenis minuman thai tea atau the dari Thailand. Minuman ini juga termasuk usaha kuliner kecil-kecilan. Tapi minuman-minuman ini merupakan kategori peluang usaha kuliner kecil-kecilan.

[Total: 1 Average: 5]
Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp