Blog

9 Cara Agar Peluang Usaha Makanan Burger Untung

Peluang Usaha Makanan Burger – Bisnis burger juga cukup digemari oleh sebagian orang, mengingat banyak orang menyukai makanan barat satu ini. Ditambah lagi dengan harga yang terjangkau, rasa yang lezat bahkan memiliki cita rasa tersendiri. Meskipun bukan makanan asli Indonesia, namun nyatanya masyarakat Indonesia cukup  menyukai makanan ini.

Peluang Usaha Makanan Burger

Tips Menjalankan Peluang Usaha Makanan Burger

Untuk memulai bisnis ini tentunya diperlukan pengetahuan terlebih dulu, baik dari bahan yang digunakan ataupun cara pembuatannya. Sebelum memulai bisnis burger ada beberapa hal dan tips yang perlu diperhatikan, berikut penjelasannya.

  • Tentukan target konsumen atau target pasar

Penentuan target ini perlu dilakukan, bukan hanya bisnis burger saja tetapi juga di bisnis kuliner yang lainnya. Dengan mengetahui target pasar, maka bisa mengetahui harga barang atau bahan baku yang akan digunakan, bagaimana peluang usaha makanan burger 2019, harga jual burger nantinya  serta pelayanan yang akan diterapkan.

Usaha burger ini bisa dilakukan secara offline ataupun online dengan cara pesan antar. Pelayanan langsung seperti menjual secara manual, yaitu bertemunya antara pembeli dengan penjual. Sedangkan pelayanan delivery, digunakan untuk pelanggan yang jauh atau yang malas datang ke tempat, sehingga diantar makanannya ke alamat yang diberikan.

  • Harga

Harga burger yang dijual sebaiknya dengan harga yang terjangkau sehingga semua kalangan bisa membelinya. Namun, penentuan harga ini juga berhubungan dengan harga bahan yang digunakan, proses produksinya serta harga tempat sewa lahan jika digunakan. Ini umumnya menentukan apakah burger akan dijual dengan harga tinggi atau murah, yang penting penjualnya tidak rugi dan konsumennya pun bisa mendapatkan  burger dengan tidak terlalu menguras kantong. Sehingga sama-sama diuntungkan.

  • Lokasi

Lokasi juga berpengaruh bagi laris atau tidaknya burger yang dijual. Penentuan lokasi ini berhubungan dengan target konsumen yang telah ditentukan sebelumnya. Jika targetnya mahasiswa maka burger bisa dijual diarea sekitaran kampus, atau di bagian luar kampus, namun bisa dijangkau dengan mudah oleh mahasiswa. Namun, jika targetnya anak sekolah, maka gerobak burger tersebut boleh diberdirikan di luar pagar sekolah. Cara ini bagian dari peluang usaha makanan burger yang menguntungkan.

  • Proses pemodifikasian produk

Ini penting dilakukan ketika merintis bisnis burger dalam rangka bersaing dengan pebisnis lainnya. Modifikasi  ini bisa dilakukan pada bahan yang digunakan ataupun varian rasa juga bentuk burger tersebut, sehingga pelanggan tidak selalu berpikir bahwa semua tempat yang menjual burger itu adalah burger dengan rasa yang sama. Jika ini terjadi maka tidak banyak konsumen yang datang sehingga dalam rangka menarik konsumen, perlu dilakukan modifikasi.

Modifikasi dari segi bahan isi misalnya yang umumnya menggunakan daging bisa diganti dengan ikan, telur ataupun ayam. Karena menggunakan daging, sehingga masyarakat vegetarian tidak terlalu menyukai burger ini sehingga jika diganti dengan telur, kemungkinan mereka akan suka.

  • Lakukan promosi yang tepat

Promosi adalah hal yang sangat penting dilakukan dalam merintis bisnis kuliner. Apalagi jika burger yang dijual ingin dikenalkan kepada banyak orang dimana salah satu promo yang bisa digunakan ialah bunding produk.

Ini berguna untuk menaikkan penjualan burger yaitu dengan menawarkan paket produk atau paket burger. Sehingga konsumen bisa membayar satu paket yang di dalamnya ada beberapa produk yang bisa dibawa pulang konsumen tersebut. Paket ini bisa diisi dengan jenis makanan apa saja ataupun juga bisa dengan minuman sehingga komplit. Untuk harganya disesuaikan dengan isi paket yang ditawarkan. Dengan cara ini maka potensi bisnis burger bisa berjalan dengan baik.

  • Perlu adanya kerja sama

Kerja sama atau memiliki banyak link juga suatu hal yang penting dalam berhasil atau tidaknya suatu bisnis yang digeluti. Begitu juga dengan bisnis burger, maka perbanyak kerja sama dengan komunitas yang ada. Apalagi jika bisa bekerja sama dengan restoran atau suatu tempat jual burger dimana cukup dikenal oleh masyarakat karena kualitasnya yang bagus, ini bisa berpengaruh pada bertambahnya konsumen burger yang dijual.

  • Tentukan brand atau nama

Ketika menjual suatu produk, perlu menentukan nama dari produk tersebut supaya pelanggan mudah mengenalinya. Nama yang unik juga mampu menarik konsumen untuk mencicipi sajian makanan. Begitu juga berikanlah nama terbaik untuk burger yang dijual. Konsumen penasaran dengan namanya dan mencoba mencicipinya, dan jika kualitasnya bagus dan konsumen suka tentu tidak menutup kemungkinan, konsumen ini akan datang dilain waktu.

Penggunaan nama ini berhubungan dengan pendeskripsian burger yang ditawarkan. Maka gunakanlah nama yang memang benar-benar sesuai dengan burger yang dijual, supaya konsumen tidak kecewa saat mencicipinya.

  • Manfaatkan media sosial

Saat ini sosial media bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan produk yang dijual salah satunya burger. Manfaatkan media sosial yang ada semaksimal mungkin untuk menawarkan burger yang dijual kepada dunia. Pebisnis yang lain sudah cukup mahir dalam mempromosikan produknya, sehingga bagi pebisnis burger pun jangan sampai ketinggalan. Ini sangat bagus digunakan sebagai bagian dari peluang usaha makanan burger modal kecil karena bisa hemat biaya pemasaran.

Media sosial yang penggunanya dari berbagai lokasi ataupun daerah, jika melihat burger yang dipromosikan dan tertarik untuk mencoba mencicipinya, tentu konsumen pun bertambah. Omset yang didapatkan tinggi meskipun dengan modal yang minim. Dalam hal ini, penampilan, estetika dari burger sangat penting diperhatikan selain dari rasanya yang sudah terjamin lezat. karena jika tampilannya saja tidak menarik, bagaimana mungkin orang akan tertarik untuk mencicipi burger tersebut.

  • Perhatikan kerapian dan kebersihan

Bagi penjual secara offline ataupun online, hal ini perlu diperhatikan. Meskipun rasanya lezat, namun jika tampilan burgernya kotor serta berbagai peralatan yang digunakan tidak bersih, siapa yang mau makan burger tersebut. Bahkan ada yang menjual produk dengan harga tinggi, namun cukup banyak konsumennya hanya karena adanya kebersihan dan kerapian yang selalu diutamakan.

[Total: 1 Average: 5]
Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp