Blog

Peluang Usaha Makanan Cepat Saji

Peluang Usaha Makanan Cepat Saji – Makanan cepat saji sekarang ini banyak sekali jenisnya. Coba keluar ke supermarket atau ke toko makanan hingga pinggir jalan, pasti tersedia beragam pilihan makanan cepat saji. Salah satunya yang sedang diandrungi saat ini adalah bubur organik instan.

Peluang Usaha Makanan Cepat Saji

Keuntungan Peluang Usaha Makanan Cepat Saji Bubur Organik Instant

Peluang usaha bisnis kuliner cepat saji setiap hari semakin bagus. Perputaran waktu yang sangat cepat ditambah aktivitas keseharian manusia yang sangat padat, membuatnya memilih makanan cepat saji. Hal ini memang sudah mulai dilirik oleh pebisnis kuliner serta keuntungan yang diperoleh.

  • Hemat Waktu

Bubur organik sebagai salah satu makanan cepat saji yang tidak butuh banyak waktu dalam penyajiannya. Tidak perlu menunggu hingga berjam-jam dan pebisnis pun dapat mempercepat pelayanan. Konsumen lebih cepat berganti yang mampu meningkatkan penjualan.

  • Minim Modal

Berjualan makanan cepat saji tidak membutuhkan modal besar. Hal ini karena bahan yang diperlukan biasanya sedikit, namun juga tergantung menu yang dibuat. Sementara itu, produksi bubur organik juga tidak membutuhkan banyak bahan.

Ini menjadi keuntungan tersendiri bagi penjual sehingga siapa saja dapat memulai bisnis makanan fast food. Pengeluaran sedikit tetapi berpeluang mendapatkan keuntungan tinggi. Tetapi, tetap jaga kualitas bahan yang digunakan dan hindari yang berkualitas rendah.

  • Harga Terjangkau

Oleh karena bahan yang dibutuhkan tidak banyak, maka fast food pun bisa ditawarkan dengan harga terjangkau. Begitu juga dengan bubur organik  yang bahan bakunya tidak hanya murah namun mudah didapat. Ini juga strategi peluang usaha makanan cepat saji agar mendapat banyak pelanggan.

Selain itu, bubur organik jika dijual terlalu mahal berisiko sepi pembeli. Kecuali ada ciri khas yang membedakan dengan bubur organik pada umumnya. Maka, ciptakanlah kreasi bubur organik terbaru yang sesuai lidah masyarakat dengan daya tarik sendiri.

  • Peluang Usaha

Peluang usaha fast food terbuka lebar dari tahun ke tahun. Wajar saja, hingga hari ini semua orang ingin cepat. Termasuk makanan yang dapat disantap tanpa perlu tunggu waktu lama. Tidak hanya burger dan makanan cepat saji dari luar negeri, bubur organik makanan lokal pun menjadi pilihan banyak orang.

Bandingkan dengan mengolah sendiri, lebih praktis membeli yang cepat saji. Tinggal seduh dengan air hangat sudah bisa dinikmati atau beli yang siap santap.

  • Tidak Butuh Banyak Karyawan

Usaha makanan cepat saji bubur organik tidak membutuhkan banyak karyawan. Tidak butuh area lokasi yang besar bahkan bisa dibuat gerai kecil pinggir jalan. Alasannya karena penyajiannya yang cepat sehingga bisa dikerjakan sendiri atau bersama satu dua orang karyawan.

Boleh juga membuat konsep resto makanan cepat saji dimana pembeli harus memesan dulu. Maka, konsumen tidak perlu datang untuk memesan, cukup secara online saja. Saat makanan sudah siap baru datang mengambilnya atau delivery.

Perhatikan Poin Penting Sebelum Mulai Bisnis Makanan Cepat Saji

Bicara tentang usaha makanan cepat saji memang terdengar sangat mudah. Tetapi, pada praktiknya tidak bisa langsung begitu saja. Ada poin-poin yang harus dipelajari terlebih dulu oleh pebisnis.

  • Tentukan Konsumen

Poin penting peluang usaha makanan cepat saji adalah menentukan konsumen . Misalnya remaja dan mahasiswa, makanan untuk orang dewasa saja dan lansia. Mengetahui siapa saja yang menjadi target konsumen akan lebih mudah dalam manajemen penjualan.

Harga yang dibuat selain diperhatikan dari modal dan keuntungan, juga harus disesuaikan dengan umur konsumen. Misalnya untuk anak-anak cocoknya membuat harga nominal lebih kecil dibandingkan untuk orang dewasa. Tetapi, penentuan ini juga disesuaikan dengan lingkungan berjualan.

  • Supplier Bahan Baku

Tentu saja untuk memproduksi makanan dibutuhkan bahan baku. Bisa dibeli di pasar ataupun memesan pada supplier tertentu. Sebaiknya miliki pemasok yang dapat berlangganan. Jika sudah sering memesan di satu supplier lebih mudah mendapatkan bahan dengan harga lebih murah, bahkan diskon.

Hal ini tentu saja menguntungkan karena mampu memangkas pengeluaran. Tetapi, perhatikan juga kualitas bahan yang masih baru dan segar agar tidak mengecewakan konsumen.

  • Konsep Jenis Makanan

Makanan cepat saji tentu banyak sekali jenisnya. Maka dari itu, penting sekali menentukan menu atau jenis apa yang ingin dijual. Variannya apa saja dari penggunaan toping, isian hingga rasa.

Menentukan konsep makanan seperti ini membantu manajemen usaha lebih baik. Mudah mengetahui bahan yang dibutuhkan, peralatan, strategi promosi yang tepat, lokasi dan lainnya. Jika memilih bubur organik juga perlu mempertimbangkan poin-poin tersebut.

  • Cara Promosi

Setelah membuat makanan, yang harus dilakukan adalah promosi ke teman-teman, rekan kerja, kerabat hingga publik. Tanpa promosi, calon konsumen tidak tahu ada fast food yang dibuat. Trik peluang usaha makanan cepat saji perlu dilakukan untuk meningkatkan penjualan bubur organik.

Jangan ragu memanfaatkan media sosial seperti Whatsapp, instagram, facebook untuk memposting bubur yang dibuat. Cantumkan harga dan ciri khas bubur tersebut. Jangan lupa sampaikan juga keuntungan konsumen beli bubur organik siap saji dibandingkan membuat sendiri di rumah.

  • Lokasi

Lokasi berjualan harus dipikirkan apakah di rumah, pinggir jalan atau tempat keramaian. Memilih lokasi yang ramai orang lalu lalang berpeluang besar makanan laris manis. Tetapi, harga, kualitas rasa, tampilan makanan juga diperhatikan oleh konsumen.

Jika memilih berjualan dari rumah, mulai dari proses produksi hingga pengemasan berlangsung di rumah saja. Konsumen yang ingin beli dapat memesan secara online terlebih dulu. Jika stok tersedia baru dapat diambil ke lokasi.

Bisa juga membuat sistem pre-order. Sebelum membeli bahan baku dan produksi, langsung buka kesempatan untuk konsumen memesan. Setelah menuliskan daftar pemesanan, barulah memproduksi dan mengantarkan kepada konsumen.

  • Kualitas

Kualitas memang selalu menjadi poin penting dalam segala hal. Bukan hanya di makanan saja tetapi juga saat akan membeli kebutuhan lain. Makanya,  dalam pembahasan ini berjualan bubur organik tidak boleh asal-asalan.

Buatlah sepenuh hati untuk menghasilkan rasa makanan yang lezat. Bahan yang digunakan harus yang bagus dan bernutrisi agar konsumen senang membelinya. Jangan sekali-kali menggunakan bahan yang sudah busuk hingga mempengaruhi rasanya dan ke depannya sulit dipercaya oleh konsumen.

  • Perlengkapan Peralatan

Produksi makanan apapun itu membutuhkan peralatan. Begitu juga bubur organik tidak akan selesai tanpa ada alat perlengkapan. Misalnya, sendok, piring, alat memasak, talenan, pisau dan yang lainnya. Semua peralatan dapat dibeli di toko terdekat atau memesan di marketplace online.

Tidak sulit untuk mendapatkan semua peralatan. Bahkan jika alat yang dibutuhkan tidak ada di Indonesia maka dapat memesannya di luar negeri. Oleh karena itu, penjual juga harus paham cara memanfaatkan teknologi untuk keberhasilan usaha.

Apalagi berbisnis makanan cepat saji memiliki pesaing yang sudah mahir menggunakan teknologi. Penjualannya terus meningkat didukung dengan promosi di media sosial. Peralatan yang digunakan tentunya yang sesuai fungsi dan pastinya mampu mendukung proses produksi.

Jika tidak ingin ketinggalan dengan pesaing, tentu harus belajar. Jangan khawatir akan biayanya, sebab yang penting adalah ilmunya.

Jika ilmu tersebut mampu membuat bubur organik cepat saji laris manis, tentu akan mengembalikan modal lebih dari cukup untuk peluang usaha makanan cepat saji. Jika Anda tertarik untuk membuka usaha makanan bubur organik maka bisa menghubungi kami di nomor 0812-3000-2590 atau melalui email info@buburorganik.co.id.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp