Blog

Peluang Usaha Makanan di Masa Pandemi

Peluang Usaha Makanan di Masa Pandemi – Makanan merupakan kebutuhan setiap manusia yang harus dipenuhi setiap hari. Kalimat ini menjadi salah satu alasan seseorang berbisnis kuliner di masa pandemi. Banyak makanan yang bisa dibuat usaha seperti camilan, aneka rasa kopi, makanan beku hingga bubur organik.

5 Peluang Usaha Makanan di Masa Pandemi Yang Laris Manis

Peluang bisnis makanan selama pandemi cukup tinggi. Mengingat semua masyarakat diharuskan meningkatkan sistem imun agar terhindar dari virus covid-19. Salah satu caranya dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi seperti berikut ini, yang menjadi pilihan untuk dibisniskan.

Peluang Usaha Makanan di Masa Pandemi

  • Olahan Ayam

Berbicara tentang ayam, sekarang ini berbagai varian berbahan ayam mulai bermunculan. Tentunya mendapat respon yang baik dari konsumen. Buktinya, tidak sedikit menu yang ditawarkan laris manis.

Apalagi rasanya yang sesuai dengan lidah masyarakat Indonesia penyuka ayam. Pilihan menu yang dapat dibuat bisnis seperti ayam saus teriyaki, ayam geprek, ayam kecap, ayam krispi, ayam bakar, ayam siram bumbu dan varian lainnya. Selain dapat menikmati sajian ayamnya saja, juga tak kalah nikmat disantap bersama nasi.

  • Makanan Beku

Makanan beku contoh peluang usaha makanan di masa pandemi yang semakin populer. Banyak sekali konsumen yang membelinya karena penyajiannya sangat praktis dan tidak butuh waktu lama.  Makanan yang juga dikenal dengan sebutan frozen food ini harus disimpan di lemari pendingin sebelum digunakan agar bertahan lama.

Banyak sekali pilihan makanannya mulai dari bakso beku, segala bentuk nugget, tahu bakso, dimsum, cireng hingga kebab. Proses produksinya juga sangat mudah sehingga bagus sekali untuk pemula yang ingin berbisnis kuliner. Selain itu, harganya yang terjangkau membuat pebisnis tidak perlu modal besar untuk memulai usaha.

  • Camilan

Camilan saat ini juga muncul berbagai inovasi untuk memanjakan konsumen yang suka ngemil. Contohnya makaroni yang ditawarkan dalam berbagai rasa. Ada juga keripik yang biasanya ada rasa balado, original dan pedas ditambah rasa coklat yang juga sangat digemari.

Memulai usaha camilan sangat mudah dan dapat dilakukan dengan modal kecil tentunya. Tidak masalah jika tidak tahu cara produksinya, tidak perlu repot belajar dan membeli peralatan masak. Pebisnis dapat membeli camilan kiloan dan mengemas ulang dengan pilihan ukuran kecil, medium hingga besar kemudian menjualnya.

  • Kopi Kekinian

Kopi juga tidak bisa lepas dari masyarakat Indonesia. Ini dapat dilihat dari banyaknya gerai kopi sepanjang jalan. Usaha kopi kekinian juga tidak butuh modal besar terutama yang berbisnis menggunakan mobil.

Strategi peluang usaha makanan di masa pandemi tersebut tidak perlu sewa lokasi, karena bisa berdiri di lahan publik yang kosong hingga beberapa jam. Misalnya di tepi pantai, tepi jalan yang tidak diwajibkan membayar sewa. Buatlah varian kopi dengan inovasi terbaik dan rasa yang khas.

  • Bubur Organik

Makanan selanjutnya yang sangat cocok untuk bisnis makanan selama pandemi covid-19 adalah bubur organik. Merupakan makanan MPASI yang menyehatkan untuk bayi. Banyak pasangan lebih memilh membelinya dibandingkan membuat sendiri.

Hal ini menjadi alasan bahwa peluang bubur organik masih cukup tinggi. Selama proses produksi, perhatikan untuk tidak memasukkan bahan penyebab alergi. Jangan lupa juga jaga kebersihan dan kualitas rasa.

7 Poin yang Harus Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis Makanan di Masa Pandemi

Bagi sebagian orang yang ingin memulai bisnis kuliner terutama saat pandemi ini memiliki kekhawatiran. Rasa khawatir ini dapat dihilangkan dengan membuat perencanaan usaha yang baik. Salah satunya dengan memperhatikan hal-hal berikut sebelum terjun ke lapangan.

  • Modal

Merupakan poin penting yang harus disiapkan.  Pasalnya tanpa modal tentu sulit membangun bisnis, meskipun usaha makanan di masa pandemi tidak butuh modal besar. Tetapi, dengan menyiapkan dana akan lebih tenang karena memudahkan membeli berbagai keperluan penting dalam usaha.

  • Lokasi Usaha

Selanjutnya, tentukan dimana lokasi bisnis kuliner ini dilakukan. Misalnya, di rumah dengan sistem order delivery atau PO. Bisa juga berjualan di tempat keramaian seperti dekat pusat perbelanjaan atau dekat sekolah dan universitas.

Jika tidak ingin menyewa lokasi yang besar, bisa menggunakan gerobak atau membuka gerai kecil. Lokasi penting sekali agar konsumen tahu dimana membeli makanan. Jadi, pikirkan dengan baik sebelum memproduksi makanan.

  • Menu dan Harga

Saat memulai usaha makanan, juga harus memperhatikan menu yang akan ditawarkan. Lebih bagus membuat menu baru atau modifikasi dari yang sudah ada. Jadi, ada perbedaan dengan usaha makanan milik pesaing.

Harga tentunya yang dapat dijangkau oleh konsumen. Tidak terlalu mahal dan juga tidak terlalu murah. Menentukan harga harus memperhitungkan modal untuk bahan, laba dan rugi agar bisnis dapat terus berkembang.

  • Supplier Bahan Baku

Memiliki supplier bahan baku berkualitas poin penting peluang usaha makanan di masa pandemi untuk kualitas makanan. Tentunya sangat mudah menemukan suppliernya di era digital saat ini. Jika sudah berlangganan lebih mudah untuk mendapatkan potongan harga atau diskon atas bahan yang dibeli.

Pastikan pemasok yang dipilih menjaga kebersihan dan kesegaran bahan-bahan makanan. Selain itu, waktu penyediaan bahan juga selalu on time agar tidak mengganggu proses produksi makanan. Konsumen juga lebih suka dengan pebisnis yang mengutamakan ketepatan waktu.

  • Peralatan

Banyaknya jenis makanan tidak menggunakan peralatan yang sama. Maka, sebelum terjun ke dunia bisnis kuliner tentu harus mempelajari terlebih dulu apa saja alat yang dibutuhkan. Hal ini bertujuan agar tidak salah beli peralatan dan dapat digunakan sesuai fungsinya.

  • Promosi

Strategi promosi menentukan kemajuan bisnis makanan. Promosi tentu saja tidak hanya dilakukan secara offline seperti menyebar brosur dan memasang pamflet. Kenalkan juga menu yang dibuat melalui media sosial. Sebab, setiap hari manusia pasti akan selalu mengecek media sosialnya.

Menggunakan dua cara promosi sekaligus  mampu menjangkau target pasar lebih luas. Terutama dengan media sosial yang tidak hanya digunakan oleh satu daerah tetapi mencakup seluruh Indonesia hingga luar negeri. Jadi, manfaatkan teknologi yang ada untuk setiap peluang bisnis.

  • Pelayanan

Bukan hanya kualitas rasa, kebersihan dan tampilan makanan yang menarik. Kualitas pelayanan juga menentukan bertahan atau tidaknya pelanggan pada makanan yang ditawarkan. Jika mampu melayani konsumen dengan bagus dan memuaskan, tentu mereka sulit berpindah ke bisnis pesaing.

Oleh karena itu, jangan remehkan pelayanan dan tidak membeda-bedakan konsumen. Semua kalangan diperlakukan dengan baik, ramah dan sopan. Usahakan membuat konsumen merasa diistimewakan dari layanan yang diberikan.

  • Protokol Kesehatan

Karena Anda akan membuka usaha ini di masa pendemi maka pastikan untuk melakukan protokol kesehatan sesuai dengan aturan yang berlaku. Jika memang sudah diperbolehkan untuk makan di tempat pastikan memberikan jarak antar meja. Jangan lupa untuk menyediakan tempat cuci tangan bagi pengunjung.

Dengan melakukan semua tips di atas maka peluang usaha makanan di masa pandemi akan semakin sukses dan berhasil. Jika Anda tertarik untuk membuka usaha makanan bubur organik maka bisa menghubungi kami di nomor 0812-3000-2590 atau melalui email info@buburorganik.co.id.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp