Blog

Peluang Usaha Makanan Gado-Gado

Peluang Usaha Makanan Gado-Gado – Semakin hari yang menjalankan bisnis kuliner pun semakin banyak. Sangat banyak jenis makanan yang bisa dijadikan bisnis kuliner.  Salah satu bisnis kuliner yang bisa dijalankan ialah jualan gado-gado. Selain bahan-bahan yang bisa dengan mudah didapatkan, harga yang terjangkau dan proses pembuatannya cukup mudah bahkan bisa dijual dengan menggunakan gerobak. Sehingga tidak menutup kemungkinan untuk mendapatkan banyak keuntungan.

Tips Berbisnis Kuliner Gado-gado Keuntungan Besar

Bisnis ini bisa dikelola oleh siapa saja dan berikut beberapa tips yang bisa diaplikasikan untuk mendapatkan keuntungan yang banyak meskipun hanya dengan modal yang kecil:

Peluang Usaha Makanan Gado-Gado

  • Siapkan modal

Bisnis apa pun yang akan dijalankan sebagai langkah awal perlu menyiapkan modal. Meski untuk usaha gado-gado tidak diperlukan modal dalam jumlah yang besar, namun tetap saja perlu disiapkan meskipun hanya secukupnya. Modal ini selain untuk membeli gerobak juga diperlukan untuk membeli sayur, peralatan makan, dan bumbunya.

Untuk lokasi penjualannya bisa dijual di depan rumah, namun akan lebih baik jika dipilih lokasi yang strategis menggunakan gerobak. Bisa dijual di pinggir jalan atau di dekat kampus dan kantor. Jika konsumennya banyak dapat cepat balik modal, maka pintar-pintarlah mencari konsumen.

  • Target pasar

Menentukan target konsumen atau target pasar sangat penting untuk peluang usaha kuliner gado-gado. Untuk harganya bisa disesuaikan dengan konsumen yang ditargetkan. Umumnya banyak konsumen yang menyukai gado-gado, baik dari pihak keluarga ataupun tetangga sehingga usaha ini bisa membuahkan hasil yang bagus. Namun jika dijualnya dipasar yang sangat ramai pengunjung tentunya peluang untuk mendapatkan keuntungan akan lebih besar lagi, dimana target konsumennya semua pengunjung yang datang ke pasar tersebut.

  • Teknik menjual

Gado-gado ini bisa dijual sendiri menggunakan gerobak baik depan rumah, pinggir jalan atau dibawa berkeliling. Namun untuk menambah konsumen dan keuntungan juga bisa dititip di kantin kampus ataupun toko-toko terdekat. Namun ada juga konsumen yang lebih suka membeli gado-gadonya langsung kepada penjual daripada membeli yang dititipkan.

  • Siapkan mental

Saat semua peralatan dan berbagai hal lain sudah disediakan, maka siapkan mental dan langsung memulai jualan gado-gado. Tidak perlu menunda-menunda lagi untuk memulainya. Selain konsumen bisa membelinya di tempat, juga bisa dibuka layanan pesan antar agar konsumen semakin banyak yang mau membeli gado-gado.

Analisis Peluang Usaha Makanan Gado-gado

Setelah mengetahui 4 tips untuk memulai usaha gado-gado, berikut juga ada penjelasan mengenai beberapa poin untuk analisis usaha gado-gado.

  • Bahan untuk pembuatan gado-gado

Bahan sebagai suatu komponen penting yang diperlukan untuk memulai usaha kuliner khususnya gado-gado. Bahan yang digunakan tentu saja bahan yang segar dan berkualitas karena jika digunakan bahan yang tidak bagus, bisa mempengaruhi kualitas gado-gado yang dihasilkan.

Jangan menggunakan sayuran yang sudah layu ataupun membusuk. Bahan tersebut di cuci bersih dan sayurnya direbus sebentar saja. Selain sayur, juga diperlukan kacang tanah untuk bumbu dan kuahnya. Maka pilihlah kacang tanah yang bagus, masih segar dan tidak berbau apek. Contoh peluang usaha makanan gado-gado bisa ditemukan dipinggir jalan atau lokasi tertentu di daerah masing-masing.

  • Peralatan penunjang

Agar bisnis yang dikelola bisa berjalan dengan lancar tentu saja dibutuhkan peralatan baik untuk menjual maupun untuk membuat gado-gado tersebut. Peralatan yang dibutuhkan di antaranya ada kompor, pisau, peralatan makan, panci, penghalus bumbu, wajan dan benda dapur yang lain yang sekiranya diperlukan.

  • Target konsumen dan harga

Ini juga menjadi bahan analisa untuk memulai bisnis gado-gado. Dengan menentukan konsumennya makan harga jual gado-gado pun bisa ditentukan dengan mudah. Jika dijual dengan harga terjangkau tentu banyak orang mau beli karena selain untuk menghilangkan lapar, gado-gado juga baik karena ada sayurannya.

Apalagi pecinta gado-gadonya cukup banyak mulai anak-anak hingga orang dewasa. untuk harganya juga bisa disesuaikan dengan lokasi jualnya, bisa dijual dipinggir jalan atau tempat lain yang ramai orang. Jika gado-gado dijual di sekitar perkantoran maka harganya bisa dinaikkan sedikit, namun untuk area kampus baru dijual dengan harga terjangkau mengingat mahasiswa tidak punya banyak uang.

  • Lokasi jual

Untuk lokasinya yang bagusnya bisa dilakukan survei terlebih dahulu yang berguna untuk menentukan lokasi yang strategis dengan peluang besar mendapatkan konsumen. Survei lokasi penting untuk peluang usaha makanan gado-gado yang menguntungkan. Jika lokasi yang dipilih bagus dan sesuai, rasa gado-gado dijual lezat serta dengan harga yang terjangkau tentu bisa menarik banyak pengunjung. namun juga dipengaruhi oleh teknik penjualnya, penjualnya mampu menyapa konsumen, ramah dan fast respons dan sebagainya.

  • Kelebihan

Menekuni bisnis gado-gado juga mempunyai kelebihan yang bisa didapatkan penjualnya diantaranya penjualnya tidak butuh modal besar untuk memulai bisnis gado-gado ini. peralatan dan bahannya bisa didapatkan dengan mudah dan harga yang terjangkau sehingga gado-gado bisa dijual dengan harga murah. Selain itu, tidak diperlukan keahlian khusus tetapi harus bisa meracik bumbunya sehingga rasanya lezat nantinya.

  • Kekurangan

Jualan gado-gado juga memiliki kekurangannya dari segi sayuran yang digunakan. Sayurannya mudah layu dan sebisa mungkin harus dihabiskan selama hari itu juga. Sehingga untuk menjaga kesegaran sayuran tersebut, perlu direbus secara bertahap-tahap.

  • Lakukan promosi

Agar banyak yang mengetahui gado-gado yang dijual dan menarik banyak konsumen perlu dilakukan iklan gado-gado ini. Jika satu orang konsumen sudah mengetahui rasa gado-gado yang dijual lezat, nanti konsumennya ini bisa menceritakan kepada konsumen yang lain sehingga banyak yang tertarik untuk membeli gado-gado tersebut. Untuk jenis peluang usaha makanan gado-gado mungkin bisa divariasikan dari bahan isinya.

Bisnis gado-gado ini juga bisa dipromosikan lewat media sosial atau ditawarkan per paket kepada konsumen dengan harga yang telah ditentukan. Meskipun umumnya memang mengenalkannya lewat mulut ke mulut, namun mengingat kecanggihan teknologi masa kini tidak ada salahnya mencoba memanfaatkan media sosial.

Selain itu, di depan warung atau jika menggunakan gerobak maka di bagian depan gerobaknya di buat nama atau brand dari usaha yang dijalankan. Agar masyarakat lebih cepat menemukannya saat akan membeli gado-gado. Sebagai identitas tentunya nama dibuat semenarik mungkin agar konsumen bisa tertarik berkunjung ke lokasi penjualan.

  • Kunci sukses

Kunci sukses dalam menjalankan bisnis gado-gado terletak pada rasa sambal kacang yang akan disiram dalam sayuran gado-gado tersebut. Maka ciptakan sambal kacang yang lezat yang menghasilkan rasa yang pas saat dicampur dengan sayurannya.

Menjalankan peluang usaha makanan gado-gado memang perlu waktu dan tenaga, sehingga tidak semua orang bisa melakukannya.

[Total: 1 Average: 5]
Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp