Blog

Peluang Usaha Makanan Gerobak

Peluang Usaha Makanan Gerobak – Menjual makanan menggunakan gerobak merupakan pemandangan yang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Menjalankan bisnis ini memang menawarkan banyak keuntungan bagi para pelakunya. Apalagi tidak butuh modal besar untuk memulainya.

Peluang Usaha Makanan Gerobak

Tips  dan Strategi Agar Peluang Usaha Makanan Gerobak Sukses 

Berjualan makanan menggunakan gerobak merupakan salah satu usaha jangka panjang. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya pebisnis makanan gerobak yang sukses hingga membuka warung makan. Untuk mencapai kesuksesan ini ada beberapa tips yang perlu diterapkan.

  • Tentukan Menu Makanan

Sebelum memulai bisnis, yang harus dipikirkan pertama kali adalah menu makanan apa yang akan ditawarkan kepada konsumen. Banyak yang dapat dijadikan pilihan seperti siomay, mie ayam, bakso, ketoprak, sate ayam, bubur ayam serta bubur organik. Ciptakan keunikan atau sesuatu yang khas dari menu yang dibuat.

  • Pelajari Ilmu Bisnis

Sebelum memulai bisnis penting sekali untuk memiliki ilmunya. Berbagai informasi dikumpulkan tentang resep cara pembuatan makanan bagi yang belum pernah membuatnya. Cara perhitungan modal dan keuntungan.

Jangan lupa survey harga di pasaran agar makanan yang dijual nantinya tidak terlalu murah dan terlalu mahal. Bagaimana persaingan pasar akan menu yang dipilih. Misalnya, ingin menjual bubur organik melihat dulu pesaingnya banyak atau tidak.

  • Sediakan Peralatan

Peralatan mengolah, memasak hingga pengemasan perlu disiapkan. Karena sebagai seorang pebisnis tidak mungkin meminjam peralatan kepada tetangga. Kelengkapan semua alat memudahkan proses produksi.

Bayangkan saja jika salah satu  saja alat penting tidak ada, pasti akan kesusahan. Belum lagi makanan harus diproduksi dalam jangka waktu yang cepat. Tidak boleh berlama-lama sebab tidak semua konsumen bersedia menunggu.

Peralatan untuk membuat bubur organik juga tidak sulit didapat. Tinggal pergi ke toko alat-alat dapur serta pengemasan makanan. Jika ada alat yang tidak ditemukan,  langsung pesan online agar lebih mudah.

  • Pemilihan Lokasi

Lokasi merupakan poin penting peluang usaha makanan gerobak sukses.  Pasalnya lokasi yang sepi akan sulit terjualnya makanan tersebut. Maka, pilihlah tempat keramaian atau banyak orang lalu-lalang.

Biasanya penjual makanan gerobak memilih lokasi di dekat pertokoan, universitas, sekolah dan pom bensin besar. Semua daerah pasti ada lokasi strategis untuk berjualan gerobak. Meskipun bisnis ini tidak membutuhkan lokasi permanen, tetapi  harus dipertimbangkan juga dengan baik.

  • Penggunaan Bahan Baku

Jika ingin berjualan bubur organik menggunakan gerobak tentu harus ada bahan bakunya. Tanpa bahan baku, maka makanan apapun itu tidak akan pernah bisa disantap. Membeli bahan baku seperti beras, sayur dan daging dapat dilakukan di pasar.

Namun, ada juga bahan  untuk bumbu dan menambah kualitas makanan membutuhkan supplier. Berlangganan pada satu supplier lebih besar peluang mendapatkan harga lebih murah. Karena selalu membeli di tempat tersebut, pemasok tersebut tentu bersedia memberikan potongan harga.

  • Target Konsumen

Selanjutnya yang harus dipertimbangkan adalah target konsumen. Makanan gerobak biasanya menargetkan konsumen anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Namun, untuk bubur organik biasanya diperuntukkan untuk bayi dan balita.

Menentukan siapa saja konsumen memudahkan manajemen usaha. Karena hal ini akan berpengaruh pada bahan yang digunakan, kualitas, pengemasan hingga pelayanan. Misalnya, tidak menggunakan bahan makanan yang mengandung alergi untuk bayi.

  • Kunci Sukses

Kunci yang harus diketahui agar usaha makanan gerobak sukses adalah memulainya dengan langkah yang terencana. Tanpa perencanaan yang tepat maka usaha tidak bisa bertahan lama. Penting juga untuk memberikan sedikit inovasi pada menu yang dibuat.

Rekomendasi Pilihan Usaha Makanan Gerobak

Menu atau jenis makanan yang dapat dijual menggunakan gerobak sangat banyak. Bagus sekali jika memilih menu yang belum ramai penjualnya di lingkungan atau lokasi berjualan. Maka, harus melakukan survey terlebih dahulu kemudian memilih jenis makanan berikut.

  • Gorengan

Jajanan gorengan sangat mudah ditemukan di desa maupun kota. Hal ini karena semua masyarakat Indonesia menyukai makanan yang dikenal dengan nama gorengan. Mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa semua suka.

Oleh karena itu, menjadi peluang usaha makanan gerobak menjanjikan. Apalagi jika mampu menghadirkan gorengan sangat enak bahkan unik. Jika laris manis berkesempatan memperoleh penghasilan puluhan juta per bulan. Sangat menggiurkan, bukan?

  • Makanan Level Pedas

Masyarakat Indonesia juga menyukai rasa pedas. Maka, makanan yang dijual menggunakan gerobak sangat bagus dengan menyediakan pilihan level pedas. Tentunya memiliki target konsumen sendiri dan mudah untuk mendapatkan pelanggan setia.

Level pedas yang dapat ditawarkan mulai dari sedikit pedas, kemudian agak pedas. Level ini bisa dikonsumsi oleh anak-anak hingga remaja. Selanjutnya level lumayan pedas, sangat pedas, pedas gila hingga pedas level dewa. Contoh makanannya seperti mie goreng dan nasi goreng.

  • Makanan Luar Negeri

Makanan luar negeri tak dapat dipungkiri sangat disukai oleh penduduk Indonesia. Mulai dari makanan Jepang seperti Takoyaki. Kemudian makanan barat seperti pizza dan burger. Ada juga kue Bakpau dari China.

Menjual makanan luar negeri mudah sekali menggunakan gerobak. Tetapi, tidak semua menu makanannya. Maka, pilihlah yang sesuai dengan kemampuan dan bahan baku yang mudah didapat.

  • Aneka Keripik

Keripik merupakan camilan peluang usaha makanan gerobak laris manis. Mulai dari keripik pisang, ubi, ketela, sukun, keripik daun bayam, keripik wortel dan yang lainnya. Menjual keripik juga sangat mudah menggunakan gerobak. Untuk menarik perhatian masyarakat, sajikan keripik dengan banyak pilihan rasa.

Misalnya, keripik pisang yang awalnya hanya rasa original atau balado. Sekarang tawarkan rasa cokelat, keripik pisang berbalur cabai hijau. Bisa juga membuat rasa keju, barbeque, jagung bakar dan aneka rasa inovasi terbaru bisa mencari referensi di internet.

  • Kue Kering

Kue kering memang identik dengan lebaran, maka sebelum lebaran manfaatkan waktu sebaik mungkin. Menjual menggunakan gerobak sangat mudah dan lebih menguntungkan. Tinggal membuat kue kering di rumah dan mengemasnya.

Buatlah beberapa ukuran mulai dari kecil hingga besar. Harganya juga bervariasi tergantung jenis kue dan ukuran. Konsumen akan senang jika ada banyak pilihan kue kering dapat disediakan.

  • Roti Bakar

Roti bakar juga salah satu makanan yang  bisa dijual menggunakan gerobak. Terkadang penjual roti bakar juga sekalian menjual burger dan makanan berbahan roti lainnya. Buatlah inovasi rasa roti bakar tersebut agar mampu menarik perhatian konsumen.

  • Bubur Organik

Menjual bubur organik menggunakan gerobak lebih praktis dan tidak perlu lokasi permanen. Mudah untuk mendapatkan konsumen karena dapat memilih lokasi keramaian. Pastinya dengan rasa yang lezat, bernutrizi dan aman bagi kesehatan.

Membuat bubur organik menggunakan sayuran dan daging yang masih segar. Hindari menggunakan bahan yang sudah tidak bagus lagi. Karena yang beli bubur ini biasanya orang dewasa untuk anaknya.

Konsumen kalangan orang dewasa lebih melihat kualitas dan nutrisi suatu makanan dibandingkan anak-anak yang membelinya. Jadi, agar tidak mengecewakan dan mengurangi pelanggan, penjual harus selalu menggunakan bahan yang bagus.

Hal ini harus diperhatikan untuk peluang usaha makanan gerobak menjadi semakin sukses. Jika Anda tertarik untuk membuka usaha makanan bubur organik maka bisa menghubungi kami di nomor 0812-3000-2590 atau melalui email info@buburorganik.co.id.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp