Blog

Peluang Usaha Makanan Instan

Peluang Usaha Makanan Instan – Usaha makanan memang cukup menjanjikan dan sekarang ini terus mengalami perkembangan. Menu hingga tempat usaha terus mengalami inovasi.  Ini ternyata mampu menarik perhatian konsumen yang semakin ramai.

Semakin banyak pengunjung, semakin banyak orderannya. Oleh karena itu, dibutuhkan waktu yang cepat untuk menyajikannya. Tidak hanya itu, menu yang ditawarkan juga sesuai dengan lidah konsumen. Selain itu, produsen berkesempatan memperoleh keuntungan tinggi.

Peluang Usaha Makanan Instan

Jenis Peluang Usaha Makanan Instan Yang Bisa Disajikan

Makanan instan dapat disimpan hingga beberapa hari karena bersifat tahan lama. Saat ingin menyantapnya, tinggal membutuhkan waktu beberapa menit saja untuk disajikan. Nah, ada tiga jenis makanan instan yang dapat dijual.

  • Makanan Tradisional

Makanan tradisional yang dimiliki masyarakat Indonesia sangat banyak. Sebab, setiap daerah pasti memiliki makanan khas. Semua makanan dapat diperjual-belikan. Tinggal memilih yang mudah cara memasak dan mengolahnya.

Kebanyakan makanan instan tradisional tidak membutuhkan banyak bahan. Hal ini menguntungkan produsen karena tidak perlu menggunakan banyak modal. Makanan pun bisa ditawarkan dengan harga terjangkau.

  • Makanan Luar Negeri

Makanan instan luar negeri juga memiliki peluang usaha makanan instan menjanjikan di Indonesia. Mulai dari pasta, burger, sushi, takoyaki dan lainnya. Proses pembuatannya juga tidak ribet asalkan ada bahan dan peralatan yang mendukung. Jika ingin memodifikasi menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan, juga bukan masalah.

  • Makanan Camilan

Camilan juga salah makanan instan mulai dari keripik hingga aneka kue. Tidak perlu khawatir akan bahan bakunya, produsen dapat memilih menu makanan yang bahannya mudah didapat saja. Usaha camilan juga berpeluang meraup banyak keuntungan karena hampir semua orang suka makan camilan.

  • Makanan Pokok

Mungkin tidak banyak yang tahu tetapi makanan pokok juga bisa disajikan secara instant. Salah satunya adalah bubur organik yang bisa diolah menjadi bubur instant. Produk ini tentu sangat praktis dan memiliki peluang yang cukup besar.

Keuntungan Yang Bisa Didapatkan Dengan Berjualan Makanan Instan

Berjualan makanan instan dipilih oleh sebagian orang karena kelebihan yang ditawarkan. Tidak hanya cepat layanannya juga poin penting lainnya. Hal ini menjadi keuntungan untuk produsen bisnis makanan instan.

  • Hemat Waktu

Makanan instan memang tidak butuh banyak waktu untuk menyiapkannya. Hal ini sesuai dengan namanya dan sengaja dibuat cepat saji. Pelanggan dapat dengan mudah bergantian tanpa menunggu lama. Poin ini tidak hanya diperhatikan produsen namun sangat dibutuhkan konsumen.

  • Hemat Pengeluaran

Bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan makanan instan tidak banyak dan tidak mahal. Oleh karena itu, mampu mengangkas pengeluaran dana.  Namun, usahakan untuk tetap menggunakan bahan berkualitas.

  • Harga Terjangkau

Oleh karena bahan yang dibutuhkan sedikit maka makanan instan dapat ditawarkan dengan harga terjangkau. Bahkan konsumen sudah paham harganya lebih murah dibandingkan makanan lain. Jadi, jika masih bingung ingin buka usaha makanan, cobalah berjualan makanan instant.

Tips Sukses Berjualan Makanan Instan Bagi Pemula

Sukses dalam berbisnis merupakan keinginan setiap pebisnis. Tetapi kata sukses tak bisa didapatkan begitu saja tanpa bekerja dan berusaha. Salah satunya dengan menerapkan beberapa tips berikut ini.

  • Tentukan Menu

Tips peluang usaha makanan instan yang pertama adalah menentukan menu makanan instan apa yang ingin dijual. Contohnya adalah bubur instant yang memiliki pangsa pasar yang besar. Pastikan menu makanan tersebut dapat bertahan lama terutama jika ingin melayani pembelian luar daerah.

  • Tentukan Target Konsumen

Konsumen  makanan instan biasanya mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Memilih target konsumen bertujuan untuk memudahkan membuat menu dan tampilan makanan. Anak-anak biasanya suka makanan yang ada karakter kartun atau film kesukaan mereka.

Selain itu, langkah ini juga membuat produsen mengetahui seberapa besar minat konsumen terhadap makanan tersebut. Target konsumen dapat dilakukan dengan cara melihat tren di pasaran atau membaca tren makanan di internet. Boleh juga melakukan survey kecil-kecilan pada teman dan kerabat.

Setelah semua itu dilakukan, akan memperoleh gambaran yang jelas siapa saja yang akan disasar saat berjualan. Memilih target yang tepat berpeluang besar produk lebih banyak laku.  Sebaliknya, tanpa menentukan target pasar sulit sekali memperoleh pelanggan.

  • Supplier Bahan Baku

Bahan baku dibutuhkan untuk membuat makanan. Tanpa bahan baku tentunya tidak ada makanan yang berhasil diproduksi. Macam-macam bahan yang dipilih tergantung menu makanan yang ingin dijual.

Pastikan pemasok bahan makanan instan adalah orang terpercaya yang mampu menyediakan bahan segar. Jika pemasok tersebut dapat dipercaya dari segi kualitas dan stok bahan untuk jangka panjang, maka produsen tidak sulit mencari bahan kapanpun. Namun, selain pemasok utama sebaiknya miliki juga supplier cadangan.

Pemasok cadangan ini sangat membantu jika tiba-tiba karena keadaan tertentu kehabisan stok bahan di supplier utama. Sehingga tidak perlu sibuk mencari pihak baru untuk mendapatkan bahan. Tidak menghabiskan waktu sehingga makanan dapat diproduksi tepat waktu.

  • Buat Nama Brand dan Kemasan

Poin yang harus dilakukan selanjutnya adalah membuat nama brand. Tentukan nama yang unik dan boleh juga membuat brand dari nama sendiri. Hal ini sudah biasa dilakukan oleh pebisnis kuliner dan boleh saja diikuti untuk usaha makanan instan.

Setelah membuat logo, buatlah desain kemasan yang menarik. Karena sangat mempengaruhi konsumen untuk berbelanja. Makanan yang disajikan dengan rapi, besih dan indah diikuti kemasan yang menarik merupakan strategi agar konsumen tidak berpindah ke pesaing.

Saat ini untuk mendesain kemasan sangat mudah, tinggal menggunakan aplikasi desain. Tetapi jika tidak memiliki skill ini, lebih bagus gunakan jasa desain. Jangan khawatir harga jasanya sebab sangat terjangkau dan tidak memakan banyak pengeluaran dana.

  • Manajemen Keuangan Bisnis

Sebagai pebisnis, strategi peluang usaha makanan instan adalah  memiliki catatan tentang pemasukan dan pengeluaran. Atur target bulanan hingga tahunan. Sehingga saat penjualan menurun, adanya target membuat produsen tidak mudah putus asa.

Manajemen keuangan dan perencaan bisnis memudahkan menentukan strategi penjualan. Terutama jika mengambil dana dari investor, penting sekali memiliki target. Jika hal ini tidak dimiliki, maka investor pun tidak yakin untuk memberikan dananya.

  • Promosi

Jangan lupa lakukan promosi agar semua orang tahu makanan instan yang dijual. Tanpa adanya promisi bagaimana bisa mendatangkan konsumen. Promosi di tengah dunia digital ini sangat mudah bahkan tanpa perlu mengeluarkan mobil.

Cukup gunakan media sosial yang ada berbekal smartphone. Foto gambar makanan instan dan posting di akun media sosial yang dimiliki. Selanjutnya pengikut akan melihat dan jika tertarik akan memesannya.

Berikan pelayanan terbaik terutama untuk konsumen pertama kali memesan. Kesan yang baik membuat konsumen betah berbelanja berkali-kali. Jangan biarkan pesaing melayani konsumen lebih baik dari yang anda lakukan untuk kemajuan bisnis.

Jika ingin lebih luas menjangkau target pasar, cobalah memberikan layanan delivery. Jadi, konsumen yang dapat memesannya mulai dari yang dekat hingga jauh. Tidak hanya konsumen yang masih satu daerah dengan penjual, namun dari banyak daerah lain yang ada di Indonesia.

Setelah mengetahui semua informasi di atas tentang peluang usaha makanan instan, mulailah berbisnis.  Ikuti tips dan pilih makanan yang ingin diproduksi. Kemudian pasarkan menggunakan strategi terbaik. Jika Anda tertarik untuk membuka usaha makanan bubur organik maka bisa menghubungi kami di nomor 0812-3000-2590 atau melalui email info@buburorganik.co.id.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp