Blog

Peluang Usaha Makanan Kaki Lima

Peluang Usaha Makanan Kaki Lima – Bisnis kuliner memang memiliki peluang besar dan terus berkembang di tanah air. Banyaknya gerai makanan membuktikan ramainya masyarakat yang suka membeli makanan. Oleh karena itu, siapa saja yang ingin berbisnis kuliner masih punya kesempatan dan lokasi yang luas.

Rekomendasi 7 Peluang Usaha Makanan Kaki Lima Menguntungkan

Usaha makanan pinggir jalan memang cukup menggiurkan. Terlebih makanan kaki lima yang tak pernah sepi pengunjung. Hal ini tentu memudahkan produsen meraup banyak keuntungan, selain itu modalnya juga kecil seperti beberapa menu berikut ini.

Peluang Usaha Makanan Kaki Lima

  • Ketupat Sayur

Ketupat sayur adalah makanan selalu ditemukan di pagi hari dikonsumsi untuk sarapan pagi. Cocok dengan lidah masyarakat Indonesia  dengan kuah kental dan santan yang gurih. Apalagi saat disantap  bersama kerupuk dalam keadaan kuah ketupat masih hangat.

Konsumen yang menyantap di tempat disajikan dalam mangkok khusus. Harga per porsi sangat terjangkau namun mengeyangkan karena tidak sedikit isinya. Sangat cocok dijual di kaki lima, dekat kantor, kampus dan gedung lain yang banyak karyawan.

  • Bubur Organik

Menu terbaik peluang usaha makanan kaki lima sukses yang cocok sekali dijual di pagi hingga siang hari selain ketupat sayur. Biasanya konsumen menyantapnya untuk sarapan pagi. Termasuk usaha yang tidak membutuhkan modal besar untuk memulainya dan memiliki peluang sangat bagus.

Banyak daerah Indonesia yang belum ada penjual bubur organik. Karena itu jika bingung ingin menjual menu makanan, boleh coba pertimbangkan produk yang satu ini. Tetapi ingat untuk menggunakan bahan baku yang berasal dari bahan organik agar memberikan nilai tambahh dalam penjualannya.

  • Roti Bakar

Roti bakar juga salah satu makanan kaki lima yang selalu dikunjungi konsumen. Usaha makanan ini umumnya dibuka mulai sore hingga malam hari. Harga satu porsi menu roti bakar ditawarkan sangat terjangkau sehingga semua kalangan dapat menikmatinya.

Tawarkan menu dengan banyak pilihan rasa seperti coklat, keju, strawberry. Sediakan juga toping coklat kacang, rasa nenas, blueberry, macha, tiramisu hingga toping lainnya. Sangat mudah menjalankan bisnis ini menggunakan gerobak karena lebih mudah memilih lokasi strategis.

  • Bakso dan Mie Ayam

Bakso dan mie ayam merupakan makanan kaki lima yang tak pernah sepi pengunjung sepanjang tahunnya. Padahal sekarang ini makanan luar negeri mulai merajalela di Indonesia, namun daya tarik bakso dan mie ayam tak pernah pudar. Karena hal tersebut, peluang usahanya masih terbuka lebar.

Bakso yang dapat ditawarkan juga banyak modelnya mulai dari bakso kecil, bakso besar, bakso mercon hingga bakso tumpeng. Semua kalangan menyukai makanan ini mulai dari anak-anak, remaja dan orang dewasa. Bahan yang dibutuhkan juga tidak banyak sehingga per porsinya dapat dijual dengan harga ekonomis.

  • Gorengan

Masyarakat Indonesia pasti tidak asing dengan namanya gorengan. Karena di manapun daerahnya gorengan merupakan makanan yang sangat mudah ditemukan. Banyak pilihan yang dapat dijual seperti bakwa, tempe goreng, tahu isi, pisang goreng, sukun goreng, pisang molen, risol.

Target pasar makanan ringan ini sangat luas sebab gorengan tidak hanya disantap saat sarapan pagi tetapi juga masih banyak konsumen hingga malam hari. Harganya sangat ekonomis membuatnya diburu banyak orang. Karena hal ini, berbisnis gorengan sangat menjanjikan sepanjang tahun.

  • Martabak

Masih dengan peluang  usaha makanan kaki lima cukup laris manis , martabak salah satunya. Tinggal pilih menu yang ingin dijual seperti martabak manis, martabak mini dan martabak telur. Semua menu ini disukai oleh semua kalangan maka tak perlu khawatir untuk memulai usaha.

Setiap tahunnya martabak selalu menjadi favorit konsumen. Tawarkan dengan cita rasa khas dan berbagai toping terutama untuk martabak mini dan martabak manis. Pilih lokasi berjualan di lokasi keramaian ataupun pinggir jalan agar tempat usaha lebih mudah dijangkau konsumen.

Strategi Tingkatkan Penjualan Usaha Makanan Kaki Lima 

Menjual makanan kaki lima memang berpeluang mendapatkan banyak keuntungan. Tetapi, tidak semudah itu karena ada trik yang harus diterapkan. Tujuannya supaya usaha tidak sepi pengunjung dan mampu bertahan lama.

  • Loyalitas  Pelayanan

Pelayanan diusahakan yang terbaik untuk konsumen tanpa membedakan kalangan. Siapa saja yang datang ke tempat usaha makanan harus diperlakukan dengan baik. Sehingga konsumen merasa nyaman dan bisa mejadi pelanggan setia.

  • Ramah dan Sopan

Berikan senyum, sikap yang ramah dan sopan untuk konsumen. Bayangkan saja jika anda pergi ke tempat jual makanan kemudian diperlakukan dengan tidak baik bahkan tidak dipedulkani. Pasti merasa tidak nyaman dan tidak senang sampai akhirnya tidak suka lagi berbelanja makanan di situ.

Begitu juga saat konsumen diperlakukan tidak baik, cukup sekali saja mereka datang berkunjung. Selanjutnya akan memilih makanan yang dijual kompetitor. Hal ini pasti tidak anda inginkan makanya perlakukan semua yang berkunjung dengan baik.

  • Promosi Makanan

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mempromosikan makanan. Tujuannya agar lebih banyak masyarakat mengenal menu yang dijual dan lebih mudah menarik konsumen. Tanpa ada promosi, bagaimana calon konsumen tahu ada makanan yang dijual.

Melakukan promosi sangat mudah sekali baik secara offline maupun online. Mulai dari membagikan brosur dan memasang pamflet. Sedangkan secara online melalui media sosial dengan mengunggah foto makanan yang menarik.

  • Tawarkan Promo Menarik

Strategi peluang usaha makanan kaki lima dengan  sesekali memberikan promo menarik. Misalnya promo setiap hari Jumat atau hari Minggu free ongkir. Selain itu, saat ada peringatan hari nasional maupun internasional berikan diskon untuk minimal pembelian serta free ongkir untuk area dekat. Jika area konsumen terlalu jauh bisa tawarkan subsidi ongkos kirim.

Konsumen tentu tertarik saat melihat ada promo apalagi jika diberikan free ongkos kirim. Melakukan ini sama sekali tidak membuat bisnis kuliner bangkrut asalkan tidak dilakukan setiap hari. Boleh juga memberlakukan promo beli 3 gratis 1 atau beli 5 gratis satu di hari tertentu.

  • Menjaga Kebersihan

Kebersihan adalah hal yang sangat penting untuk dijaga. Mulai dari bahan yang digunakan, peralatan memasak, peralatan saat mengolah makanan hingga saat menjual. Konsumen tidak suka makanan dari  tempat yang kotor.

Semua orang tidak berselera jika melihat ada kotoran apalagi sampai jatuh ke makanan. Karena itu, untuk menarik dan menjaga kesetiaan pelanggan selalu sajikan makanan dalam keadaan  bersih. Sedangkan untuk tempat jual selalu bersihkan sebelum dan sesudah selesai berjualan.

  • Miliki Cita Rasa Khas

Cita rasa juga sangat diperhatikan oleh konsumen selain harga, kebersihan dan pelayanan. Makanan dengan rasa yang tidak enak pasti tidak disukai konsumen. Oleh karena itu, tawarkan rasa sesuai dengan selera masyarakat.

Meskipun begitu, makanan yang dibuat juga harus ada bedanya dengan produk kompetitor. Cara ini agar konsumen lebih mengenal makanan yang dibuat dibandingkan makanan pesaing. Tidak masalah menu makanannya sama, asalkan ada ciri khas yang membedakan misalnya dari toping atau bahan baku andalan.

Nah, itulah makanan yang cocok sekali dijual untuk peluang usaha makanan kaki lima menguntungkan. Jangan lupa terapkan beberapa tips yang sudah disebutkan. Terus belajar mengembangkan usaha dan memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen. Jika Anda tertarik untuk membuka usaha makanan bubur organik maka bisa menghubungi kami di nomor 0812-3000-2590 atau melalui email info@buburorganik.co.id.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp