Blog

Peluang Usaha Makanan Kekinian

Peluang Usaha Makanan Kekinian – Saat ini rasa lezat makanan bukan lagi satu-satunya faktor kesuksesan bisnis kuliner. Sebab, produsen atau pebisnis harus mampu memanfaatkan sesuatu yang sedang trendi pada makanan yang dibuat. Selain itu, juga harus dipikirkan apakah bisnis yang dibangun untuk tren sejenak atau mampu bertahan dalam segala tren.

7 Rekomendasi Peluang Usaha Makanan Kekinian Ramai Pembeli

Makanan kekinian memang banyak sekali peminatnya. Terutama para remaja dan yang baru menginjak dewasa. Membeli makanan kemudian diunggah di media sosial sangat sering dilakukan, karenanya beberapa makanan berikut memiliki peluang sangat bagus.

Peluang Usaha Makanan Kekinian

  • Cireng

Sajikan cireng dengan berbagai varian rasa seperti cireng keju, smoked beef hingga rasa lainnya. Menggunakan bahan ekonomis yang mampu meningkatkan keuntungan. Selain itu, di masa pandemi ini dapat juga berjualan cireng beku atau frozen food sehingga memudahkan pembeli menikmati cireng kapan saja.

Tidak hanya itu, ada juga bernama rujak cireng  merupakan olahan cireng disajikan bersama saus rujak dengan perpaduan rasa manis, asam dan gurih. Bisnis ini sangat mudah hanya perlu menyiapkan cireng serta saus rujak saja. Produsen dapat menjualnya secara offline maupun online agar memudahkan pembeli yang jauh untuk menikmatinya juga.

  • Bakso Aci

Bakso aci adalah salah satu contoh peluang usaha makanan kekinian yang menguntungkan. Pasalnya bahan yang digunakan untuk membuat bakso aci lebih ekonomis dibandingkan bakso sapi. Tawarkan makanan ini dengan harga terjangkau agar banyak peminatnya.

Menariknya, sekarang ini bakso aci lebih banyak variannya. Selain disajikan bersama mie juga dapat ditambahkan cireng dan pempek. Tambahkan kuah dengan bumbu yang mantap dan sediakan juga dalam bentuk beku.

  • Pizza Goreng

Pizza goreng pernah viral  karena memiliki bentuk kecil seperti pastel. Merupakan peluang usaha kuliner kekinian yanng menguntungkan. Bahan yang diperlukan mulai dari kulit lumpia, saus tomat, keju dan isian daging.

Mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa menyukainya. Ini menunjukkan bahwa target pasarnya lebih luas. Produsen dapat menjualnya dengan harga yang terjangkau agar lebih banyak pizza terjual.

  • Churros

Churros bukan makanan asli Indonesia tetapi berasal dari negara Spanyol. Meskipun begitu, kehadirannya disambut dengan baik oleh masyarakat Indonesia. Memiliki tektsur yang renyah tetapi lembut di dalam menjadi ciri khas makanan ini.

Selain itu, Churros sangat mudah dibentuk dan tidak membutuhkan waktu lama. Produsen pasti tidak direpotkan dengan operasioanl bisnisnya. Tawarkan varian rasa toping untuk menambah daya tarik seperti toping rasa keju, rasa macha, rasa cokelat, rasa strawberry, coklat kacang, strawberry keju dan lainnya.

  • Sate Pisang

Sate pisang bisa dibilang seperti sate pada umumnya tetapi dalam pembuatannya tentu bukan menggunakan pisang saja. Adonan telur dan tepung roti dibutuhkan untuk menghasilkan sate pisang yang lezat dan renyah. Selanjutnya penyajiannya bersama toping diantaranya saus cokelat, stroberi, toping kacang hingga toping macha.

Berjualan sate pisang dengan banyak varian rasa toping inilah daya tarik utamanya. Sebab sekarang ini konsumen suka menikmati rasa yang tidak monoton. Maka, kreasikan sekreatif mungkin toping hingga bentuk sate pisang dengan tetap menjaga kualitas rasa yang lezat dan bentuk yang menarik.

  • Tteokbokki

Para pecinta drama Korea pasti tidak asing dengan nama makanan ini.  Menggunakan tepung beras sebagai bahan utama yang disajikan bersama saus kental. Agar lebih kekinian tambahkan toping keju, kue ikan dan mie. Jangan lupa lakukan promosi peluang usaha makanan kekinian ini sebagus mungkin guna menarik perhatian konsumen.

  • Jamur Krispi

Jamur krispi merupakan makanan yang cocok untuk camilan ataupun disantap bersama nasi dan makanan lain. Berbahan dasar jamur kemudian dibalur bersama tepung yang sudah diberi bumbu. Agar lebih menarik sajian dengan berbagai rasa seperti original, pedas, pedas daun jeruk dan rasa lainnya.

Tips Sukses Berbisnis Makanan Kekinian

Bisnis kuliner memang tampak sangat mudah untuk dijalankan. Padahal sebelum itu ada banyak hal yang harus diperhatikan agar usaha makanan tidak gulung tikar. Karena itu, sebagai produsen juga harus belajar agar memiliki ilmu dalam bisnis kuliner, salah satunya dengan mempelajari poin-poin berikut ini.

  • Tentukan Menu Makanan

Sebelum berjualan, yang harus dilakukan adalah memilih menu makanan. Jenis makanan kekinian semakin bertambah dan tinggal memilihnya saja. Ingin menjual kuliner khas Indonesia atau kuliner luar negeri.

  • Sediakan Modal

Selanjutnya, hitung berapa modal yang dibutuhkan untuk memulai berjualan menu tersebut. Modal disini mulai dari dana untuk membeli bahan, peralatan hingga membangun tempat berjualan. Misalnya, jualan menggunakan gerobak maka dibutuhkan dana untuk membeli atau membayar jasa pembuatan gerobak.

  • Target Pasar

Target pasar ditentukan sesuai makanan yang dibuat. Misalnya ingin menjual makanan kepada kalangan atas, maka makanan yang dibuat adalah kuliner rumahan. Namun, target pasar remaja hingga orang dewasa maka menu yang dapat dijual adalah semua jenis makanan. Tentu saja dengan harga yang terjangkau terutama jika memilih lokasi sekitar kampus.

  • Tentukan Lokasi Jual

Strategi peluang usaha makanan kekinian adalah menentukan lokasi jual sesuai target pasar dan menu makanan. Misalnya makanan untuk anak-anak maka dipilih lokasi yang ramai anak-anak. Misalnya di dekat sekolah atau dekat pasar. Sedangkan makanan untuk mahasiswa maka lokasi yang tepat berjualan di sekitaran kampus.

  • Cita Rasa

Semua makanan memiliki cita rasa yang khas dan ini penting sekali diperhatikan. Sebab, rasa makanan akan membuat konsumen untuk balik lagi di hari berikutnya. Sedangkan jika hanya menawarkan makanan yang biasa saja dan lokasi yang salah, maka usaha tidak akan bertahan lama.

Sebagai produsen pasti tidak ingin bisnis kuliner hanya bertahan sebentar saja. Oleh karena itu, buatlah makanan tersebut sepenuh hati. Jika menu yang dipilih ada topingnya, maka tawarkan berbagai varian rasa toping.

  • Miliki Supplier Bahan

Sebelum membuat makanan yang harus disiapkan adalah bahan baku. Tanpa bahan tidak akan jadi semua menu. Nah, untuk mendapatkan menu dapat diperoleh di supermarket ataupun pasar bahkan juga bisa dengan memesan secara online.

Memiliki supplier bahan baku khusus penting sekali  untuk menunjang ketersediaan stok. Karena tanpa supplier mengakibatkan produsen harus mencari bahan di beberapa toko sekaligus. Maka, selain  pemasok utama juga harus memiliki pemasok cadangan  agar dalam keadaan bagaimana pun semua bahan baku dapat diperoleh.

  • Promosi dan Pelayanan

Tips terakhir adalah melakukan promosi dan memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen. Promosi adalah mengenalkan makanan yang dibuat kepada target pasar. Bagi yang baru saja memulai bisnis, dapat memberitahukan kepada teman ataupun kerabat.

Jika mereka menyukai rasanya, akan diberitahukan kepada orang lain. Selain itu, ada cara promosi yang sangat mudah untuk dilakukan yaitu melalui media sosial. Manfaatkan Whatsapp, Instagram dan Facebook untuk berjualan.

Berikan pelayanan prima untuk pelanggan. Tanpa pelayanan yang baik meskipun rasa makanan lezat, tidak mampu membuat pelanggan tersebut setia berbelanja di tempat anda. Oleh karena itu, selain fast respon, komunikasi yang baik, ramah dan sopan kepada konsumen juga faktor penting peluang usaha makanan kekinian laris manis.

Selain makanan kekinian tersebut Anda juga bisa mencoba peluang usaha bubur organik. Peluang usaha ini juga sedang naik daun dan banyak dicari oleh pembeli. Jika Anda tertarik untuk membuka usaha makanan bubur organik maka bisa menghubungi kami di nomor 0812-3000-2590 atau melalui email info@buburorganik.co.id.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp