Blog

Peluang Usaha Makanan Korea

Peluang Usaha Makanan Korea – Sajian makanan Korea masih jarang ditemukan di Indonesia sehingga menjadi peluang yang bagus untuk dicoba. Apalagi hingga kini negara Korea menjadi negara yang terkenal sebab dunia perfilmannya.

7 Contoh Peluang Usaha Makanan Korea yang Bisa Dicoba di Indonesia

Mengingat di beberapa daerah belum terlalu populer dengan makanan Korea dan bisnis makanan lain semakin berkembang. Untuk menghindari sengitnya kompetisi, bisa dicoba menawarkan makanan Korea kepada konsumen Indonesia. Jika bingung akan dijual jenis makanan apa,  berikut ada 7 jenis makanan yang bisa menjadi pilihan:

 Peluang Usaha Makanan Korea

  • Kimbab

Makanan ini sebenarnya nasi yang dibungkus dengan rumput laut sehingga dikenal dengan nama Nasi Rumput Laut. Jika di Korea diisi dengan daging babi, maka di Indonesia bisa diisi dengan daging lain yang halal seperti daging sapi atau daging ayam. Mengingat masyarakat Indonesia mayoritasnya muslim.

  • Bungeoppang

Sajian makanan Korea ini dalam bahasa Indonesia dikenal dengan nama roti ikan. Sebenarnya adalah camilan seperti waffle dengan bentuk ikan yang bahan isinya pasta kacang merah. Di Korea makanan ini bisa ditemukan pada penjual makanan kaki lima sehingga tidak bisa dipungkiri bisa dicoba di Indonesia. Dengan harganya yang terjangkau sehingga menjadi peluang usaha makanan Korea modal kecil yang patut dicoba.

  • Kimchi

Sebagai makanan wajib bagi masyarakat Korea, kimchi bisa juga ditawarkan kepada masyarakat Indonesia. Selain bahannya bisa ditemukan dengan harga murah, proses pembuatan yang tidak terlalu sulit, kimchi juga menjadi makanan yang bisa bertahan lama. Jika masih bingung ingin membuka bisnis kuliner korea dari jenis makanan apa, cobalah untuk menjual kimchi.

  • Kue Beras pedas

Makanan ini dalam bahasa Korea dikenal dengan nama Tteokbokki yang juga masih jarang ditemui di beberapa daerah Indonesia. Bentuknya yang bulat memanjang dimasak menggunakan bumbu dari Gochujang. Konsumen bisa menyantapnya dengan garpu atau alat makan korea. Meskipun rasanya pedas, namun bisa disesuaikan dengan lidah orang Indonesia.

  • Mie Ramen

Ini juga menjadi peluang usaha makanan Korea yang laris sebab banyak konsumen yang menyukai ramen Korea. Sesuai dengan namanya, sajian berbahan dasar mie ini disajikan dengan berbagai sayuran yang lainnya, seperti telur, jagung, hingga sayuran kering.

  • Buchimgae

Ini adalah makanan yang mirip pancake yang dibuat dengan berbahan dasar telur. Proses pembuatannya yang cukup mudah namun butuh alat penggorengan datar sebagai cetakannya. Kuliner yang bisa dimanfaatkan untuk mengganjal perut ini diisi daging tuna agar rasanya lezat. Selain itu juga hampir sama dengan pizza, sebab bisa dipotong-potong sebelum menyantapnya.

  • Mie Korea

Ini dikenal dengan nama Jjangmyeon juga bisa dibuka di Indonesia. Selain bisa menjadi peluang usaha makanan Korea yang paling laku, sajian mie ini bisa dimodifikasi dengan mudah agar mampu menarik lebih banyak konsumen.

Tips Membuka Sisnis Makanan Korea

Bisnis makanan Korea yang laris tidak bisa dilakukan dengan mudah dalam waktu singkat. Apalagi masyarakat Indonesia yang jarang mengonsumsi makanan Korea sehingga perlu diperkenalkan kepada konsumen Indonesia. Bagi yang ingin memulai bisnis makanan Korea, berikut ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk memudahkan:

  • Sesuai atau tidak dengan lidah orang Indonesia

Ini menjadi hal penting yang perlu diperhatikan jika ingin membuka bisnis makanan  Korea. Sebab tidak semua makanan bisa sesuai dengan para konsumen Indonesia. Mengingat makanan Korea belum terlalu populer dengan para pecinta kuliner di Indonesia sehingga perlu diperkenalkan terlebih dulu. Sehingga bisa diketahui apakah makanan tersebut cocok atau tidak dengan lidah orang Indonesia.

Tentu saja ini tidak bisa dilakukan dengan sangat mudah, bahkan bisa dilakukan dengan beberapa kali percobaan hingga menghasilkan rasa yang pas. Begitu juga jika banyak konsumen belum mengetahui enaknya rasa makanan tersebut, maka bisnis yang dijalankan bisa saja masih sepi pengunjung. Masa awal menjual makanan Korea mungkin memang susah, apalagi peluang usaha makanan Korea online namun coba lihat bagaimana perbandingannya.

  • Penentuan harga

Umumnya konsumen akan tertarik dengan sajian makanan lezat harga terjangkau. Namun jika makanan Korea menggunakan bahan asli yang dikirim dari Korea, maka harga makanan  pun bisa jadi lebih tinggi. Sebenarnya ini bukan masalah besar dan sebagian konsumen akan mengerti dengan harga tersebut. Namun, jika memang memungkinkan untuk dimodifikasi dengan bahan  lokal dengan tetap memprioritaskan kualitas rasanya, tidak masalah. Apalagi jika digunakan bahan lokal  sehingga sajian makanan tersebut bisa ditawarkan dengan harga yang terjangkau.

Terkadang ini menjadi hal yang membingungkan, sebab ada makanan yang dijual di luar sana dengan harga yang terjangkau. Maka, tentukan target konsumen dari makanan yang dijual. Jika memang ditujukan untuk masyarakat tingkat atas, tidak apa-apa jika dijual dengan harga yang sedikit lebih tinggi. Umumnya masyarakat tingkat atas tidak terlalu mempermasalahkan hal ini. apalagi jika mereka tahu bahwa bahan yang digunakan untuk membuat bahan tersebut diimpor langsung dari Korea.

  • Konsep rumah makan

Mengenai konsep tempat jual makanan Korea ini, sebenarnya tidak masalah jika dibuat warung kecil. Atau jika memang bisa dijual dengan menggunakan gerobak, silahkan dicoba. Meskipun ada yang membuka restoran yang menyajikan makanan Korea. Untuk memprediksi  peluang usaha makanan Korea terlaris, perlu dilakukan survei pasar terlebih dulu.

Namun perlu diperhatikan bahwa, penentuan bagaimana konsep tempat makan ini sebenarnya tergantung dari banyak sedikitnya modal yang dimiliki. Jika memang modalnya sedikit atau cukup, maka bisa dibuat warung kecil-kecilan dan jangan membebani pikiran dengan restoran mewah. Yang penting, fokus terlebih dulu pada bisnis makanan yang dijalankan. Jika nanti bisnis tersebut benar-benar sukses besar, bisa dibangun rumah makan yang lebih besar daripada yang sekarang. Bahkan bisa saja dibangun lagi beberapa cabang jika prospeknya bagus.

Sekian artikel mengenai 7 contoh jenis makanan untuk usaha makanan Korea. Serta ada 3 tips yang bisa dicoba bagi yang ingin membuka bisnis makanan Korea.  Jika memang ada jenis makanan lain yang ingin dicoba, silahkan. Yang penting lihat peluang dan prospeknya apakah memungkinkan untuk dibuka di Indonesia atau tidak.

[Total: 1 Average: 5]
Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp