Blog

Peluang Usaha Makanan Modal Kecil

Peluang Usaha Makanan Modal Kecil – Makanan bisa dibuat tanpa harus memiliki modal besar. Menggunakan bahan ekonomis juga mampu menghasilkan makanan yang lezat bahkan layak untuk diperjualbelikan. Tetapi, sebelum itu harus tahu dulu resep yang dapat dibuat dengan bahan sedikit dan terjangkau.

6 Peluang Usaha Makanan Modal Kecil Menjanjikan

Berbisnis kuliner dengan modal kecil memudahkan semua orang untuk memulainya. Karena tidak semua pebisnis pemula yang langsung memiliki modal besar. Maka, hal ini sangat menguntungkan karena tak perlu menunggu punya budget besar untuk membuka usaha.

Peluang Usaha Makanan Modal Kecil

  • Bubur organik

Salah satu makanan yang cocok sekali dibuat dengan modal kecil adalah bubur organik. Banyak pilihannya seperti bubur kacang hijau, bubur kanji rumbi, bubur mutiara, bubur jagung dan bubur ayam. Silakan tentukan menu yang akan dijual.

Pikirkan juga dimana lokasi akan berjualan bubur tersebut yang memungkinkan untuk menjangkau banyak konsumen. Hindari memilih lokasi yang sepi karena sulit membuat bubur tersebut laris manis.  Silakan pilih lokasi di dekat jalan besar, pertokoan, pasar  dan taman atau tempat keramaian lainnya.

  • Gorengan

Peluang usaha makanan modal kecil sangat laris berikutnya adalah gorengan. Tentu saja makanan ini tidak asing dalam hidup. Pasalnya, setiap hari  terutama pagi hari selalu ada orang yang menjual gorengan.

Banyak pilihan yang dapat ditawarkan mulai dari tempe goreng, tahu isi, bakwan, risol, pastel, nuget, sosis goreng, bakso goreng, kentang goreng dan lainnya. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat gorengan ini tidak banyak sehingga tidak perlu modal besar. Selain itu, dapat dijual dengan harga terjangkau.

  • Basreng

Basreng atau dikenal dengan kerupuk bakso goreng ini identik sebagai camilan. Namun, dikonsumsinya akan lebih nikmat bersama nasi, mie bakso dan makanan berkuah lainnya. Jika ingin menjualnya, buatlah ukuran kecil dan besar agar lebih mudah dipilih oleh konsumen.

Selain itu, juga ada varian rasa original dan balado ataupun pedas. Konsumen dapat membeli rasa yang disukai. Tidak sulit untuk membuat makanan ini dan bahan yang dibutuhkan juga tidak banyak sehingga dapat dijual dengan harga terjangkau dan mendapatkan keuntungan berlipat.

  • Singkong Keju

Sesuai dengan namanya, maka makanan ini menggunakan bahan utama singkong. Banyaknya peminat singkong keju menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Tidak hanya itu, cara membuatnya juga tidak sulit.

Menikmati singkong keju cocok kapan saja siang hari ataupun malam hari. Menjadi camilan yang nikmat saat istirahat, membaca ataupun  ketika sedang menonton. Buatlah beberapa varian rasa mulai dari rasa pedas, singkong keju cokelat, campur kacang dan rasa lainnya.

  • Aneka Keripik

Keripik juga makanan yang bisa dibuat dengan bahan ekonomis. Membuat keripik sangat mudah terutama keripik pisang. Namun, alangkah lebih baik menawarkan keripik dengan berbagai varian rasa. Misalnya, keripik pisang rasa cokelat, rasa keju, rasa sapi panggang dan rasa jagung bakar.

Selain itu, juga dapat membuat keripik dari wortel, keripik kentang, keripik ketela, keripik singkong dan keripik sukun. Tinggal kreasikan rasanya kemudian tawarkan dalam beberapa pilihan ukuran. Jadi, semua dapat membelinya  mulai kalangan bawah hingga kalangan atas.

  • Roti Bakar

Berbicara tentang roti bakar pasti tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Peluang usaha makanan modal kecil banyak untung ini  sangat cocok menggunakan gerobak. Jangan lupa tawarkan dengan beragam varian rasa seperti cokelat, kacang, nenas, blueberry dan rasa stroberi.

Langkah Foto Makanan untuk Menarik Konsumen

Berbisnis makanan akan lebih mudah dengan adanya teknologi saat ini. Seperti memanfaatkan media digital untuk promosi produk. Namun, sebelum itu harus belajar mengambil foto makanan terlebih dulu agar saat diunggah tampak menarik.

  • Buat Porsi Kecil

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyediakan menu makanan dalam porsi kecil. Tujuannya agar calon konsumen yang melihatnya lebih fokus pada makanan yang tersaji. Selain itu, menggunakan porsi mini cenderung lebih memiliki daya tarik dibandingkan ukuran besar.

Namun, jangan lupa sebelum melakukan pemotretan siapkan kamera terbaik. Meja, piring, sendok hingga benda lain untuk menunjang hasil pengambilan gambar. Perhatikan juga kebersihan agar tidak ada kotoran yang sampai terfoto.

  • Foto dengan Konsep Sederhana

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa ada perlengkapan dapur atau aksesoris lain yang harus disiapkan. Protretlah dengan konsep sederhana dan aksesoris yang digunakan beberapa saja, jangan menumpuk. Usahakan properti tersebut tidak mengganggu produk utama.

Corak pada piring, garpu, dan peralatan lain yang masuk ke foto harus sederhana. Tujuannya agar perhatian konsumen lebih fokus ke makanan.  Jika banyak corak pada properti tersebut, akan memecahkan perhatian konsumen ke properti, sehingga makanan tidak terlalu menarik lagi.

  • Gunakan Cahaya Alami

Tentukan lokasi pemotretan yang tepat juga salah satu strategi peluang usaha makanan modal  kecil berlipat untung. Lebih bagusnya memotret dengan pencahayaan alami dibandingkan cahaya lampu. Boleh memilih waktu di pagi hari atau sore hari tergantung bagusnya cahaya yang ada di lokasi.

Selain itu, boleh saja menggunakan reflektor agar cahaya dapat dipantulkan ke makanan. Sementara itu, jika tidak memiliki alat ini, boleh gunakan kertas putih bersih  dengan mengarahkan pantulan cahaya kertas ke makanan. Namun, jika memotretnya di hari yang mendung dapat mengatasinya dengan pencahayaan tambahan.

  • Objek Statis

Makanan yang dipotret tersebut harus dalam keadaan diam. Sebab lebih mudah menemukan titik fokus ke makanannya dibandingkan dalam keadaan bergerak.  Hasil  gambar lebih jelas, tidak buram dan mampu menarik perhatian ketika diunggah ke media sosial nantinya..

  • Terapkan Aperture Besar

Teknik pengambilan gambar tak boleh sembarangan. Bukalah kamera dan klik pengaturan untuk mengatur angka bukaan lensa atau aperture. Fungsi aperture besar untuk memudahkan cahaya masuk ke dalam lensa.

Foto yang diambil dengan aperture besar tampak lebih nyata. Tidak hanya itu, ISO atau shutter speed perlu diatur agar foto dihasilkan dengan cahaya yang cukup, tidak terlalu terang. Jika tidak ingin menimbulkan noise, sebaiknya gunakan ISO kecil.

  • Beri Space

Hal ini sering kali tidak diperhatikan oleh para pemotret makanan. Padahal adanya space antara makanan dengan batas lensa sangat penting untuk memudahkan proses editing. Oleh karena itu, saat pengambilan gambar lihatlah dengan baik jarak antara makanan dengan bagian atas bawah dan kiri kanan frame.

Sangat tidak bagus tampilannya jika objek makanan memenuhi frame. Kesannya lebih besar dan warna makanan pun tidak alami lagi. Maka, sebelum pemotretan harus diatur dengan baik terlebih dahulu, jangan langsung foto begitu saja.

  • Edit Gambar

Setelah selesai memotret, lakukan editing dan menghilangkan bagian tidak penting. Usahakan agar makanan menjadi fokus utama dalam foto tersebut. Editan juga dilalukan di bagian kecerahan, kontras dan keseimbangan warna.

Jika warna makanan kurang tajam, juga dapat mengedit agar lebih cerah lagi. Boleh juga menambahkan beberapa tulisan agar  semakin menarik misalnya nama menu dan lokasi jual. Tentu saja ukuran font dipilih tidak menutupi makanan agar fokus utamanya tidak terhalang.

Nah, itulah peluang usaha makanan modal kecil yang menjanjikan yang cocok sekali dicoba oleh pemula. Beberapa pilihan diberikan dimana pebisnis dapat memilih salah satu menu, kemudian mengembangkannya. Jangan lupa juga untuk menerapkan tips-tips penting agar bisnis terus maju. Jika Anda tertarik untuk membuka usaha makanan bubur organik maka bisa menghubungi kami di nomor 0812-3000-2590 atau melalui email info@buburorganik.co.id.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp