Blog

Peluang Usaha Makanan Olahan

Peluang Usaha Makanan Olahan – Untuk membuka sebuah usaha makanan olahan memang dibutuhkan cara khusus agar tidak salah melangkah. Selain fokus untuk melihat peluang Anda juga harus memperhatikan hal-hal lain yang mendukung eksekusinya. Dengan begitu jualan makanan olahan ini bisa lebih lancar dan untung banyak.

Peluang Usaha Makanan Olahan

Cara yang Tepat Untuk Melihat Peluang Usaha Makanan Olahan

  • Masuki pemasaran online

Cara pertama yang perlu dilakukan agar bisnis ini berjalan lancar adalah berani untuk masuk ke pemasaran online. Anda tidak boleh hanya mengandalkan berjualan offline apalagi cukup dengan penawaran saja. Hal ini membuat pembeli menjadi lebih minim dan produk kurang dikenal.

Banyak yang tidak tahu kalau pemasaran online ini cukup mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu menyiapkan materi dari foto maupun video yang bisa diposting. Dengan adanya gambar dan keterangan ini nantinya bisa menarik minat pembeli untuk order menunya.

Apalagi saat ini pemasaran online sudah sangat luas jangkauannya. Anda bisa menggunakan media sosial, website maupun e-commerce sesuai dengan peluang yang ada. Penjual disarankan untuk fokus dengan beberapa platform saja jangan terlalu banyak karena kurang bisa dihandle.

  • Manfaatkan kerja sama dengan pesan antar

Saat ini untuk berjualan peluang usaha makanan olahan kekinian sangat dipermudah. Anda tidak perlu memiliki pesan antar sendiri jika memang skala bisnis yang dijalankan memang masih sedikit. Gunakan saja jasa pesan antar makanan yang sudah ada dan banyak digunakan oleh masyarakat.

Anda bisa memasukkan menu makanan olahan tersebut ke dalam menu Gofood, Grabfood atau aplikasi pesan antar lainnya. Dengan ini calon pembeli bisa memantau lebih mudah produk yang disediakan. Mereka juga bisa langsung menikmati produknya karena diantar ke hari yang sama.

Dengan menggunakan bantuan aplikasi pesan antar ini tentunya pasar yang bisa dijangkau menjadi lebih luas. Hal ini akan membuat penjualan harian dari makanan olahan ini lebih banyak.

  • Pengemasan yang mendukung

Hal ketiga yang tidak boleh ditinggalkan adalah terkait pengemasan yang digunakan apalagi memang menunjang pengiriman luar kota. Anda perlu ingat bahwa makanan yang dijual ini adalah makanan olahan. Sehingga kebanyakan harus diletakkan dalam freezer maupun tempat yang kedap udara.

Sehingga pengemasan yang lebih proper tentu akan mendukung kualitas dan keamanan dari produk yang digunakan. Anda bisa mempertimbangkan penggunaan vacum agar udara di dalam plastiknya tidak ada lagi. Pertimbangkan juga penggunaan bubble wrap dan juga kotak kontainer untuk pengaman saat pengiriman.

Dalam pengiriman ini Anda juga harus mempertimbangkan jangkauan luar kota yang bisa dijangkau dengan baik. Hal ini untuk menjaga keamanan dan kualitas produk saat sampai ke tangan konsumennya. Jika jaraknya terlalu jauh lebih baik tidak diterima untuk menjaga kualitas produk olahannya.

  • Siapkan semua kebutuhan untuk berjualan

Hal penting keempat dalam peluang usaha makanan olahan terbaru adalah menyiapkan semua kebutuhan untuk berjualan. Untuk menjual makanan olahan memang harus memiliki perlengkapan lebih proper. Hal ini bertujuan untuk menjaga keawetan dan kualitas dari makanan yang dijual.

Untuk makanan olahan tentu saja tidak bisa disimpan dalam ruangan biasa melainkan membutuhkan perlengkapan di dalamnya. Anda butuh freezer untuk membuat makanan olahan ini lebih awet dalam jangka waktu bulanan. Selanjutnya penjual juga membutuhkan vacum untuk menunjang pengiriman jarak jauh agar lebih awet.

  • Tentukan jenis jualannya

Langkah kelima ini adalah hal yang paling penting dibandingkan dengan kegiatan lain di atas. Dalam berjualan tentu penjual harus tahu produk apa terlebih dahulu yang akan dijual. Jika temanya memang makanan olahan maka jenis apa saja dan varian apa saja yang dibutuhkan untuk menarik minat pasar.

Kebanyakan penjual yang menyediakan makanan olahan tidak hanya menjual satu jenis produk saja. Melainkan mereka lebih menyediakan makanan dengan beberapa variasi yang hampir sama. Tujuannya untuk mendapatkan pembeli lebih luas dengan selera yang bermacam-macam.

Rekomendasi Makanan Olahan Untuk Jualan

Anda masih bingung untuk menentukan jenis makanan olahan yang akan dijual. Tentu saja tidak perlu khawatir karena ada beberapa rekomendasi penting seperti di bawah ini:

  • Makaroni

Camilan yang satu ini termasuk ke dalam makanan olahan yang cepat dan mudah untuk penyajiannya. Anda bisa menjualnya dalam bentuk mentahan ataupun yang langsung bisa dikonsumsi. Untuk yang bisa dikonsumsi tentu bisa memilih untuk menjual jenis yang kering maupun basah.

Makaroni ini juga identik dengan rasa yang pedas dan merah warnanya. Namun Anda bisa mengkreasikannya dengan rasa lain yang lebih banyak pilihannya agar pembeli tertarik untuk mencoba. Apalagi untuk kreasi makaroni dengan keju lumer yang cukup terkenal masa kini.

  • Bakso

Siapa yang tidak suka dengan bakso, makanan yang satu ini disukai oleh semua kalangan umur. Saat ini bakso memiliki banyak jenis yang bisa dicoba mulai dari bakso daging, ayam sampai dengan ikan. Bakso adalah salah satu makanan olahan yang cocok untuk dijual.

Anda bisa membuat sendiri baksonya ataupun menjual kembali bakso dengan merk yang banyak disukai. Dengan begitu proses penjualannya menjadi lebih lancar dan minim risiko produk tidak laku. Bahkan produk ini juga bisa dijual dalam bentuk siap makan baik dibakar maupun digoreng.

  • Sosis

Rekomendasi peluang usaha makanan olahan 2021 berikutnya adalah sosis. Sama dengan bakso, sosis juga merupakan makanan olahan yang banyak disukai oleh semua kalangan. Sosis ini juga dibuat dari beberapa pilihan daging sesuai keinginan pasar.

Hanya saja yang banyak dicari adalah jenis sosis sapi dan sosis ayam. Sosis ini bisa dijual dalam bentuk mentahan atau langsung siap makan. Anda bisa mengolahnya menjadi rice bowl, sosis panggang maupun sosis dengan toping tertentu yang lebih enak.

  • Kue siap olah

Anda tentu sering mendengar kue frozen, ternyata makanan ini juga bisa dijadikan jenis jualan yang menarik. Anda bisa menyediakan jenis makanan berupa bakpao, donat kentang sampai dengan risoles. Makanan ini hanya perlu digoreng maupun dikukus untuk dikonsumsi.

Tentunya banyak orang yang memilih menggunakan makanan olahan yang langsung siap disajikan dari pada membuat sendiri. Selain pasti enak hal ini juga menghemat tenaga dan waktu yang digunakan.

  • Kentang

Rekomendasi berikutnya yang cocok untuk dijalankan adalah bisnis kentang goreng siap goreng. Untuk menyiapkan kentang goreng yang enak tentu dibutuhkan beberapa cara yang harus membuang waktu. Mulai dari mengupas kentang sampai dengan memotongnya sama kecil.

Jika membeli yang langsung siap goreng tentu saja lebih praktis dan pasti enak untuk dikonsumsi. Anda juga bisa menjual kentang ini untuk langsung dalam bentuk matang. Tambahkan juga toping dan bumbu lain agar rasanya lebih enak.

Anda harus pandai dalam membaca peluang usaha makanan olahan masa kini. Pilih jenis yang memang sesuai dengan keinginan masyarakat. Pastikan juga memilih harga jual yang sesuai dengan keuntungannya.

Selain makanan olahan usaha lain yang bisa menjadi pertimbangan adalah bubur organik. Terlebih karena pasarnya yang cukup besar yaitu ibu-ibu yang memiliki anak balita. Jika Anda tertarik untuk membuka usaha makanan bubur organik maka bisa menghubungi kami di nomor 0812-3000-2590 atau melalui email info@buburorganik.co.id.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp