Blog

Peluang Usaha Makanan Organik

Peluang Usaha Makanan Organik – Salah satu bisnis yang bisa dikembangkan era pandemi ini adalah bisnis makanan organik. Untuk bisnis yang lebih berkembang dengan baik direkomendasikan juga menggunakan strategi dan tips yang tepat. Anda juga harus peka terhadap kebutuhan masyarakat dan apa yang disukainya.

Peluang Usaha Makanan Organik

Tips Membuka Peluang Usaha Makanan Organik

  • Utamakan pengemasan

Hal pertama yang perlu diperhatikan ketika membuka bisnis makanan organik adalah mengenai pengemasannya. Perlu dipahami bahwa makanan organik ini tentu cepat basi dan membutuhkan perlindungan lebih baik. Jadi kemasan yang bagus saja tidak cukup namun harus bisa melindungi produknya.

Apalagi jika makanan yang dijual ini memiliki masa berlaku beberapa jam saja dan siap disajikan selagi hangat. Anda harus benar-benar memilih bahan kemasan yang aman terhadap panas dan melindungi rasa di dalamnya. Selain itu perhatikan juga terkait desain dari kemasan yang digunakan.

Saat ini untuk membuat sebuah kemasan tentu bukanlah hal yang sulit. Hal ini dikarenakan sudah banyak desainer yang bisa membuatkan kemasan yang cukup menarik. Jangan lupa untuk memasukkan nilai yang informatif di dalamnya agar sesuai dengan kriteria kemasan yang seharusnya.

  • Promosi yang bagus

Hal kedua yang penting dalam peluang usaha makanan organik terbaru harus menggunakan promosi dengan baik. Saat ini untuk melakukan promosi bukanlah hal yang sulit karena bisa secara online maupun offline. Bahkan untuk promosi online sudah banyak platform yang bisa dipilih.

Seperti halnya memanfaatkan penggunaan media sosial, website maupun e-commerce yang menunjang promosi produknya. Promosi yang gencar ini akan membantu peningkatan penjualan dari produk makanan organik tersebut. Anda juga harus memperhatikan jarak pengiriman agar produknya tetap fresh untuk dikonsumsi.

  • Harga jual yang sesuai

Jika Anda adalah seorang reseller maka menentukan harga jualnya menjadi lebih mudah. Hal ini dikarenakan penjual hanya perlu menambahkan sedikit harganya untuk mendapatkan laba. Sementara untuk penjual yang membuat sendiri makanan organiknya harus mempertimbangkan semua aspek.

Anda harus melihat modal awal yang dihabiskan untuk membuat makanan organik ini. Mulai dari bahan baku, alat produksi yang digunakan, kemasan, tenaga dan juga waktu yang dihabiskan. Jumlahkan dengan baik semua kebutuhan ini kemudian baru berikan kenaikan harga sedikit agar dapat harga yang sesuai.

Cara ini bisa membuat Anda bisa mendapatkan laba yang lebih sesuai dari modal yang sudah dihabiskan. Perlu dipahami bahwa harga jual yang terlalu murah bahkan tipis dengan modalnya tentu tidak baik. Pastikan memberikan harga jual yang baik jangan mahal dan terlalu murah.

  • Miliki modal yang sesuai

Hal keempat yang penting dalam peluang usaha makanan organik terbaik adalah harus ada modalnya. Namun perlu dipahami saat ini asalkan ada tekad dengan modal yang kecil saja sudah bisa digunakan. Seperti halnya dengan bergabung bersama reseller atau distributor tertentu.

Jadi Anda tidak perlu membutuhkan banyak modal untuk membeli semua kebutuhan karena langsung menjual. Bagi reseller penjual bisa membeli beberapa paket makanan organik dan langsung menjualnya kembali. Sementara untuk distributor justru hanya fokus promosi karena semua bentuk kegiatannya sudah dilakukan oleh pusat.

  • Sesuaikan dengan minat masyarakat

Hal kelima yang harus diperhatikan untuk memulai bisnis ini adalah jangan asal menjual produknya. Anda harus bisa mengetahui minat masyarakat saat ini dan juga persaingan yang ada. Lebih baik juallah makanan organik yang belum banyak saingannya di lokasi terkait.

Untuk pemula dalam berbisnis harus bisa membaca peluang dengan baik agar produk bisa dikenal lebih merata. Kalaupun memang ingin berjualan produk yang sudah banyak di pasaran jangan lupa untuk memberikan sisi unik dari produknya.

Rekomendasi Produk Untuk Bisnis Makanan Organik

Anda berniat untuk membuka usaha bisnis makanan organik namun bingung berjualan apa. Jangan khawatir Anda bisa menggunakan beberapa rekomendasi usaha di bawah ini:

 

  • Bubur bayi organik

Rekomendasi bisnis pertama dari makanan organik yang bisa dijalankan adalah bubur bayi organik. Saat ini untuk membuka bisnis ini juga tidak perlu repot karena bisa bergabung dengan waralaba lainnya. Jadi penjual tidak perlu membuat sendiri buburnya dan hanya fokus berjualan.

Namun jika Anda memang ingin menjaga rasa yang otentik dengan kandungan yang lebih baik. Dengan membuat bubur sendiri juga bukanlah masalah. Namun perhatikan juga cara berjualannya karena produk ini harus habis dan tidak bisa tahan lama.

Bubur bayi adalah makanan pokok yang penting diperhatikan untuk kesehatan bayi. Apalagi era modern ini banyak orang yang tidak sempat membuat bubur untuk bayi. Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk menjadi usaha yang berkembang.

  • Cafe organik

Rekomendasi berikutnya dari peluang usaha makanan organik ini cocok untuk yang memiliki modal banyak. Anda bisa menyewa sebuah outlet untuk membuka cafe sehat. Sesuai dengan namanya maka produk yang dijual di cafe ini juga harus sehat dan terjamin sisi organiknya.

Anda bisa menyediakan makanan dengan bahan sayuran, daging dan buah dengan cara pengolahan lebih sehat. Utamakan rasa yang lezat sehingga bisa menggugah selera para pengunjungnya.

  • Keripik organik

Anda tentunya pernah mendengar bisnis yang satu ini, keripik adalah salah satu camilan yang banyak disukai. Hanya saja selama ini keripik yang ditemui kurang sehat dan banyak mengandung lemak jenuh. Sehingga diperlukan camilan keripik yang enak namun lebih sehat untuk camilan.

Dalam hal ini Anda bisa menggunakan bahan baku berupa buah, umbi maupun sayuran. Sementara untuk cara pengolahannya tentu saja bukan dengan digoreng. Anda bisa mencoba dengan teknik pemanggangan ataupun penjemuran di terik matahari.

  • Restaurant dengan menu jamur

Anda tentunya sudah tahu bahwa jamur adalah makanan yang sehat dengan banyak kandungan penting di dalamnya. Apalagi jamur ini juga cukup enak jika diolah dengan cara masak apa pun yang dibutuhkan. Jadi menu ini cocok dipadukan dengan menu apa pun yang bisa menggugah selera.

Salah satu jenis menu yang bisa ditawarkan adalah jamur dengan nasi merah. Menu ini sangat otentik dengan beberapa tambahan komponen yang enak di dalamnya. Menu ini cocok digunakan untuk makan siang maupun makan malam.

  • Mie sayuran

Rekomendasi menu berikutnya yang cocok untuk dijual adalah mie sayuran. Anda bisa memilih beberapa sayuran sehat seperti sawi, bayam maupun tomat. Menu dari mie ini juga bisa diambil untuk warna dan juga rasa.

Mie ini bisa dijual dalam bentuk siap makan maupun yang kering. Tentu menjadi  alternatif yang baik untuk orang-orang yang sulit atau tidak suka memakan sayuran langsung.

Untuk Anda yang memang berminat untuk membuka peluang usaha makanan organik memang harus banyak melakukan pertimbangan. Bukan hanya dari segi modal dan jenis usaha namun juga cara menjalankan bisnis yang lebih sesuai.

Dengan begitu bisnis yang dijalankan bisa lebih baik nantinya. Jika Anda tertarik untuk membuka usaha makanan bubur organik maka bisa menghubungi kami di nomor 0812-3000-2590 atau melalui email info@buburorganik.co.id.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp