Blog

Peluang Usaha Makanan Rendang

Peluang Usaha Makanan Rendang – Rendang adalah makanan favorit masyarakat Minangkabau yang sudah menjadi makanan nasional, bahkan hingga terkenal sampai Mancanegara. Rendang menjadi ciri khas salah satu masakan tradisional khas Indonesia yang tahan lama tanpa harus menggunakan bahan pengawet..

Rendang bisa dijadikan bisnis kuliner menjanjikan. Tapi dari mulai membuat hingga cara memasarkan rendang perlu penanganan khusus. Karena rendang memang bukan makanan ringan yang mudah untuk dibuat dalam sekejap mata.

Peluang Usaha Makanan Rendang

Kiat Peluang Usaha Makanan Rendang Sukses

Rendang memang makanan yang sangat nikmat dijadikan sebagai makanan lauk sehingga untuk dijual pun sangat besar keuntungannya. Untuk itu, dalam menjalankan bisnisnya perlu diperhatikan kiat-kiat khususnya. Beberapa tips peluang usaha makanan rendang mungkin merupakan kiat-kiat berbisnis kuliner pada umumnya. Tapi, tetap saja makanan rendang memang istimewa yang memerlukan tips khusus terutama dalam memasarkannya.

Ada beberapa hal yang tidak boleh dilewatkan dalam memasak rendang. Jika kamu berniat untuk mencoba bisnis rendang ini, berikut ini adalah kiat yang dapat dilakukan untuk dapat berbisnis usaha makanan rendang:

  • Produksi kecil

Karena ini bukan jenis makanan sembarangan yang mudah dibuat, maka kita pun harus melakukannya dengan sangat hati-hati. Artinya cobalah dulu membuat rendang ini dalam produksi kecil untuk mengetahui tes pasar agar tidak terasa rugi jika tidak berhasil. Coba dipasarkan ke orang-orang terdekat terlebih dulu dan mulai dari mulut ke mulut. Dari pengalaman banyak penjual, hal tersebut terbukti efektif dan berhasil untuk langkah awal menjual rendang yang biasa dijual di sebuah restoran Padang.

  • Nama dan kemasan menarik

Sebuah usaha kuliner diperlukan sebuah nama produk yang easy listening dan kemasan yang menarik. Untuk memperluas jangkauan pasar, kamu bisa melakukan peluang usaha makanan rendang kemasan. Untuk itu, harus memperhatikan dua hal di atas sebagai patokannya yang tidak lain adalah nama yang mudah diingat dan kemasan cantik. Dari dua hak tersebut saja sudah bisa menarik pelanggan yang banyak karena tertarik dengan kesan pertama produk kulinermu.

  • Perhatikan perizinan

Jika memang kamu sudah yakin untuk menetapkan bisnis ini sebagai bisnis kuliner andalanmu, dan sudah mempersiapkan segala sesuatunya, jangan lupakan perihal perizinan terhadap pihak-pihak terkait. Agar produkmu bisa menjadi resmi dalam menjual dan memasarkan. Bahkan, produk kulinermu bisa berkembang pesat dengan adanya perizinan untuk dipasarkan kemana pun.

  • Terus berinovasi

Dalam berbisnis memang sangat diperlukan kreativitas dan inovasi. Untuk tetap memperpanjang umur bisnismu. Inovasi yang bisa dilakukan pada kuliner makanan rendang ini adalah dengan variasi bahan bakunya. Jika biasanya rendang sudah familier dengan daging sapi, kamu bisa bereksplorasi dengan daging yang lain seperti daging ayam, bebek ataupun rendang telur. Sehingga peluang usaha jenis makanan ini terbuka makin lebar.

  • Buat toko online

Untuk mempercepat sebuah bisnis kuliner, diperlukan pemasaran secara online. Karena online lebih cepat berkembang. Peluang usaha makanan rendang online sangat lebih menjanjikan, dan tentunya juga melalui prosedur yang ditentukan untuk berjualan online.

Hal yang pertama harus dilakukan adalah dengan membangun toko online, baik secara khusus membuat web sendiri ataupun melalui media sosial.  Tapi banyak yang membangun toko online dimulai dari media sosial si penjual terlebih dulu. Untuk melakukan promosi awal sebelum benar-benar memasarkan.

Kalau memang kamu sudah merasa melakukan kiat-kiat yang dijelaskan tadi, kamu bisa menunggu hasilnya dengan yakin dan sabar serta harus meyakini bahwa makanan rendang buatanmu memanglah yang layak dijual.

Tips Membuat Rendang yang Tepat

Untuk menjalani bisnis makanan rendang haruslah membuat rendangnya dengan cara dan komposisi yang tepat. Karena, analisa peluang usaha makanan rendang tergantung dari rasa rendang tersebut. Jangan pernah menganggap enteng semua kegiatan yang dilakukan dalam memasak rendang tersebut. Karena semua itu akan saling ketergantungan terhadap hasil akhirnya. Untuk itu, ada beberapa tips untuk melakukan berbagai hal dalam membuat rendang supaya menjadi sangat nikmat seperti di bawah ini:

  • Pilih daging

Untuk membuat rendang yang enak dan berkualitas haruslah menggunakan daging pilihan. Karena itu, pilihlah daging yang benar-benar berkualitas dan tidak mudah hancur jika diolah. Memasak rendang memang tergolong relatif lama, dagingnya pun haruslah yang masih segar sehingga bentuk akhirnya bisa terlihat kenyal.

  • Pengolahan yang benar

Setelah memilih daging yang tepat untuk dibuat rendang, Anda juga diharuskan mengolah dengan seksama. Seperti dalam mengolah bumbu, agar benar-benar masih terasa segar diharapkan menggiling atau menghancurkannya dengan menggunakan tangan dan batu gilingan bukan dengan penghancur bumbu atau blender.

  • Takaran santan

Dalam mengolah memasak rendang memerlukan campuran santan. Untuk itu, diperlukan takaran santan yang pas dan tidak berlebihan. Karena akan berpengaruh pada kualitas rasa dan tekstur yang pas. 1 Kilogram daging membutuhkan 2 hingga 3 butir kelapa. Anda bisa membuat dalam satu wadah bersamaan paling banyak hingga 2 kilogram terlebih dulu, agar dapat menyesuaikan takaran santan dan bumbu tadi.

  • Jangan lupakan besaran api

Karena memasak rendang tergolong memakan waktu lama, maka diperlukan besaran api yang pas dan tidak terlalu besar agar tidak gosong atau kuahnya tidak cepat kering. Jika kamu menginginkan rendang yang masih berkuah membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam, tetapi jika ingin sedikit lebih kering bisa ditambah menjadi 5-6 jam. Untuk waktu selama itu memang jangan menggunakan api yang terlampau besar.

  • Cara mengaduk yang sesuai

Memasak rendang memang tidak mudah, semua hal perlu diperhatikan dengan detail. Bahkan, untuk teknik cara mengaduknya perlu dilakukan dengan sebaik-baiknya agar santan tidak pecah dan dagingnya tidak hancur terpotong. Jadi dalam hal mengaduk rendang pun harus sesuai, agar hasilnya pun sesuai dengan yang diharapkan.

Setelah melalui beberapa tahap dalam memasak rendang yang benar, serta mengikuti kiat-kiat tepat dalam menjualnya, apalagi yang membuat Anda tidak berhasil dalam berbisnis makanan rendang ini. Selamat mencoba.

[Total: 1 Average: 5]
Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp