Blog

Peluang Usaha Makanan Spaghetti

Peluang Usaha Makanan Spaghetti – Makanan asal Italy ini ternyata juga banyak peminatnya di Indonesia. Terutama untuk kalangan remaja, karena pada dasarnya remaja menjelang dewasa lebih suka atau lebih memilih makanan praktis atau yang lebih dikenal dengan fast food. Dan spaghetti termasuk salah satu fast food.

Sebagai makanan fast food atau makanan cepat saji, spaghetti termasuk yang masih memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Bahkan, untuk usaha kuliner sederhana di rumahan, spaghetti masih bisa dipertimbangkan sebagai salah satu bisnis kuliner mudah dan cepat serta banyak mendapat keuntungan. Bahkan, jika Anda menjualnya disekolah-sekolah.

Peluang Usaha Makanan Spaghetti

Fakta Peluang usaha Makanan Spaghetti

Spaghetti merupakan makanan pasta seperti mie dengan bumbu atau saus khusus yang gurih. Makanan seperti ini memang banyak digemari kalangan remaja, tapi hampir semua umur pun menyukainya. Peluang usaha makanan spaghetti Italia juga mempunyai potensi besar di dunia kuliner Indonesia.

Variasi jenis spaghetti ternyata juga beraneka ragam, misanya saja Carbonara atau Fettucini. Variasi seperti yang disebut di atas biasanya terdapat di resto-resto yang memiliki menu makanan Italy ini. Tapi, kalau yang sering dijual pada umumnya adalah yang menggunakan saus yang bisa dibuat sendiri secara langsung seperti barbeque atau bolognaise. Ada beberapa fakta mengenai Spaghetti yang bisa kamu ketahui sebagai pemburu kuliner sejati, atau untuk menjadi pebisnis kuliner, antara lain:

  • Keunggulan makanan spaghetti sangat banyak

Makanan yang menjadi favorit semua orang bisa berpeluang besar dijadikan bisnis kuliner. Karena makanan jenis ini pun memiliki banyak keunggulan yang dapat dinikmati. Salah satunya adalah rasa spaghetti yang sudah sangat cocok dilidah masyarakat Indonesia, yaitu gurih, creamy, pedas bercampur aduk dan terasa sangat nikmat. Selain itu, keunggulan lainnya adalah mudah mendapatkan bahan baku untuk membuatnya. Bahkan, harga jual spaghetti untuk yang ingin berjualan masih bisa terjangkau oleh pelajar apabila ingin berjualan di sekolah-sekolah.

  • Promosi Konvensional

Salah satu promosi yang bisa dilakukan dalam berbisnis kuliner spaghetti yaitu dengan melakukan promosi konvensional, yang antara lain artinya promosi yang menggunakan fasilitas banner, spanduk ataupun flyer untuk memperkenalkan pertama kalinya. Selain itu, juga bisa dengan membuat tester sebagai promo perkenalan produk kepada masyarakat sekitar. Promosi ini bisa menjadi salah satu tips peluang usaha makanan spaghetti

  • Kuliner yang cukup populer

Konsumen spaghetti  cukup luas, terlebih dengan kenikmatan yang diberikan oleh sajian spaghetti  ternyata mampu untuk menarik hati penikmat kuliner tanah air. Konsumen spaghetti  cukup besar dan tak terbatas mulai kalangan anak-anak hingga orang dewasa tak terbatas usia.

  • Prospek Peluang usaha yang menjanjikan

Setelah melihat potensi penjualan spaghetti sebagai usaha kuliner, sudah dapat dipastikan kalau prospek bisnis spaghetti ini memang sangat cerah dan memiliki keuntungan besar. Karena spaghetti tidak hanya sebagai bisnis kuliner dalam skala besar saja, tetapi tidak menutup kemungkinan dapat dilakukan sebagai bisnis rumahan  atau di sekolah. Oleh karena itu, peluangnya masih terbuka sangat lebar. Selain itu, makanan spaghetti juga tidak pernah kehilangan pelanggan. Sehingga spaghetti masuk ke dalam daftar peluang usaha makanan spaghetti untung besar.

  • Potensi pasar

Banyaknya penggemar spaghetti membuat potensi pasar menjadi sangat besar. Kuliner bukan hanya diperuntukkan bagi restoran-restoran besar saja, melainkan bisa dijual di warung-warung kecil atau di rumah dan di sekolah sekalipun. Sehingga makin banyak tempat yang cocok untuk berjualan semakin besar potensinya mendapatkan pelanggan.

  • Variasi rasa Spaghetti

Jenis spaghetti pun juga bervariasi, mulai dari spaghetti biasa yang menggunakan saus bolognaise, carbonara yang sausnya dibuat dari susu creamy hingga fettucini yang merupakan spaghetti dengan bentuk mienya agak lebar. Dari ketiga jenis spaghetti itu saja sudah bisa mengembangkan usaha kuliner rumahan Anda dengan menampilkan beberapa pilihan menu.

Semua fakta yang sudah dikatakan  di atas bisa dijadikan pedoman dalam berbisnis kuliner makanan ini. Untuk itu, perhatikan dengan seksama apa saja fakta-fakta tersebut dan apa saja yang perlu kita pahami dalam berbisnis kelak sebagai analisa peluang usaha makanan spaghetti.

Tips Memulai Usaha Makanan Spaghetti

Butuh persiapan untuk memulai usaha kuliner walaupun hanya sejenis spaghetti, di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Tentukan tempat mana kamu akan menjual makanan spaghetti ini dan siapa konsumen siapa yang dituju. Jadi kamu bisa memilih jenis spaghetti apa yang akan kamu buat dan menentukan harga yang cocok untuk si konsumen tersebut. Misalnya saja, jika kamu ingin menjual di kantin sekolah maka kamu bisa menjual spaghetti jenis biasa yang sudah sering dijual dengan variasi isi topping yang juga disesuaikan. Berbeda lagi jika kamu ingin menjual di kampus-kampus atau perkantoran. Kamu bisa menjual yang sedikit lebih mewah.
  • Siapkan permodalan

Modal memang sesuatu yang mau tidak mau harus kita keluarkan untuk berbisnis. Siapkan modal yang sesuai dengan yang dibutuhkan, kalau memang kondisi tempat tidak mengharuskan kamu menyiapkan modal yang terlalu besar jadi kamu tidak perlu berlama-lama mengumpulkan modal.

  • Siapkan bentuk penyajian atau kemasan

Dalam berbisnis atau berjualan terutama yang berhubungan dengan kuliner harus memikirkan cara penyajian ataupun kemasan. Untuk mempermudah dan menarik konsumen yang ingin membeli makanan yang kamu jual. Misalkan saja, untuk makanan spaghetti seperti ini bisa juga dijual di tempat-tempat seperti sebuah acara atau event yang mengadakan baar makanan. Tempat seperti ini perlu kamu bedakan cara penyajiannya dengan pada saat kamu menjual di tempat lain. Dan kemasan itu harus mempermudah mereka untuk menikmati si spaghetti baik secara langsung ataupun dibungkus.

  • Lakukan Promosi

Seperti yang telah dijelaskan dalam fakta di atas mengenai promosi, perlu dilakukan sebuah promosi untuk lebih memperkenalkan produk kulinermu.  Cara promosi pun bermacam-macam, tergantung mana yang menurutmu paling efektif.

Semua ini harus dilakukan oleh penjual sebagai pelaku bisnis kuliner, agar hasilnya bisa mendapatkan keuntungan yang diharapkan. Perlu diperhatikan dengan detail dalam berbisnis kuliner agar tidak mengalami kerugian, karena berbisnis kuliner walaupun tidak ada matinya tapi banyak sekali peraturan yang harus diikuti untuk memberi kepuasan pada konsumen.

[Total: 1 Average: 5]
Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp