Blog

Peluang Usaha Makanan Sushi

Peluang Usaha Makanan Sushi – Ini termasuk salah satu usaha kuliner yang sangat menjanjikan. Walaupun sushi termasuk bukan makanan daerah kita sendiri, tapi memiliki banyak penggemar yang cukup banyak.

Peluang usaha makanan sushi jepang memang kebanyakan yang sudah eksis adalah skala resto besar. Untuk itu, kalau ada yang berminat untuk membuka usaha kuliner sushi dengan skala kecil masih sangat berpotensi untuk meraih keuntungan besar karena memang belum banyak pesaing.

Strategi Peluang Usaha Makanan Sushi

Makanan asal Negara luar pun, bisa menghimpun penggemar yang banyak di Indonesia. Sehingga tempat-tempat makan yang menjual sushi tidak pernah terlihat sepi. Dikarenakan makanan khas Jepang ini memang memiliki citarasa tinggi.

Peluang Usaha Makanan Sushi

Sushi adalah salah satu jenis makanan yang berasal dari Jepang dan menjadi kuliner favorit masyarakat Indonesia. Pada umumnya, tempat makan kuliner sushi ini memang bernuansa Jepang. Namun, kali ini mungkin memang harus sedikit diubah dalam hal konsep berjualan kuliner jenis ini. Agar sushi ini bisa dikenal tidak hanya dikalangan menengah ke atas, tapi juga menengah ke bawah.

Memang sekarang makanan sushi ini sedang sangat populer dan menjadi tren masa kini. Oleh karena itu, bagi yang ingin berbisnis sushi perlu strategi khusus dan analisa peluang usaha makanan sushi agar bisnis bisa berjalan lancar dan sukses. Berikut ini adalah strategi yang kita perlukan sebagai pebisnis kuliner yang suka tantangan.

  • Kendalikan Mutu Produk

Mutu sebuah produk kuliner memang harus dikendalikan agar bisa dipakai terus. Mutu adalah yang paling penting dalam berbisnis kuliner.

  • Menjaga tingkat kesegaran bahan

Selain mengendalikan mutu, perlu dilakukan juga untuk menjaga kesegaran bahan baku. Karena sebagain besar sushi merupakan makanan yang berasa dari makanan mentah yang masih perlu diolah.

  • Konsistensi Kualitas Rasa dan bentuk

Peluang usaha makanan sushi Jepang ini memang susah-susah gampang. Tapi yang perlu diketahui bahwa  berbisnis kuliner ini memang harus memikirkan kualitas rasa dan bentuk ataupun ukuran produk yang tetap dan konsisten. Jangan berubah-ubah apalagi kualitas menurun. Begitupun dengan masalah bentuk maupun ukuran, agar para konsumen tidak bingung ataupun ragu dengan rasa dan bentuk yang konsisten tadi.

  • Teknik Pengolahan Higienis

Karena sushi sebagian besar adalah jenis makanan mentah, maka teknik pengolahannya pun harus bersih dan higienis. Harus ada standarisasi dalam pengolahan jika ingin membuat sendiri sebagai usaha rumahan. Pengolahannya tidaklah sulit, hanya perlu sedikit pemahaman saja untuk melakukannya agar benar-benar terlihat bersih dan rapi.

  • Menambah varian rasa

Setelah semua poin penting dilakukan, agar peluang usaha makanan sushi untung besar ini berkembang pesat perlu dilakukan penambahan varian rasa. Misalnya saja dari yang awalnya hanya menyediakan jenis ikan-ikanan sekarang bisa menambah dengan variasi sayuran.

  • Buat suasana Jepang

Menikmati makanan sushi yang memang berasal dari Jepang lebih dinikmati dengan suasana yang juga mengesankan seperti di Jepang. Untuk buat konsep menu makanan ataupun dekorasi ruang ala-ala Japanese. Menu lain bisa ditambah selain jenis sushi seperti minuman ocha ataupun makanan chicken teriyaki. Sajikan juga makanan dan minuman panas dan dingin pendamping makanan.

Dari beberapa tips mengenai strategi jitu menjalankan bisnisnya, Anda bisa mengikutinya jika tertarik berbisnis makanan ini. Karena untuk menjalankan bisnis makanan yang bukan berasal dari Negara kita perlu pengetahuan yang lebih mendalam agar bisa melakukan bisnis secara maksimal dan mendapatkan keuntungan yang maksimal juga.

Tips Bisnis Makanan Sushi ala Jepang

Walaupun sudah banyak yang mengenal dan mengetahui jenis kuliner sushi ini, ada beberapa fakta yang perlu diketahui bagi pelaku bisnis kuliner makanan Jepang ini. Bisa dijadikan sebagai tips peluang usaha makanan sushi dan referensi kesuksesan bisnisnya. Adapun fakta tersebut dapat memperjelas tentang pemahaman mengenai sushi tersebut.

  • Kuliner Populer

Fakta yang pertama ini pasti sudah banyak yang mengetahui bahwa sushi adalah makanan yang sangat populer tidak hanya dinegaranya tapi juga di Indonesia. Bahkan, sekarang banyak variasi jenis sushi yang sudah dibuat berdasarkan kreativitas masing-masing pebisnis. Kepopulerannya juga karena peminat sushi sangat banyak.

  • Peralatannya harus lengkap

Untuk membuat makanan sejenis sushi memang memerlukan peralatan khusus dan lengkap. Untuk itu, jika kita memang sudah mantap menjalankan bisnis kuliner ini, diperlukan kesiapan juga dalam hal perlengkapan.

  • Kelebihan dan kekurangan bisnis Sushi

Sebuah usaha atau bisnis kuliner pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Terlebih lagi makanan yang berasal dari Negara lain. Bisnis usaha sushi sebenarnya sangat mudah dijalankan, karena memang pangsa pasarnya masih sangat besar. Dan membuat makanan ini akan selalu laku dan laris manis saat dijual. Apalagi untuk kalangan tertentu yang termasuk kategori penggemar berat sushi. Itulah yang menjadi salah satu kelebihan berbisnis ini.

Namun, bukan hanya kelebihan yang dimiliki tapi kekurangannya pun juga ada. Karena pangsa pasar yang masih cukup tinggi menjadikan banyak penjual yang banyak bermunculan maka tingkat persaingan akan semakin tinggi. Sehingga Anda perlu berpikir keras dalam mencari kelebihan usahamu sendiri. Untuk itu diperlukan inovasi makanan yang dibuat agar kita bisa lebih unggul dari pebisnis lainnya.

  • Bahan baku Sushi

Sushi bukanlah makanan yang sulit dibuat, tapi dalam menyajikan sushi membutuhkan bahan baku tertentu. Beberapa bahan baku yang diketahui adalah nori, daging salmon, beras jepang, rice vinegar, crab stick, teh wijen putih, gula pasir, mentimun Jepang, avokad, garam dan masih banyak lagi bahan lainnya. Mendapatkannya juga tidak sulit di supermarket, sehingga untuk yang ingin membuat sendiri pun bisa dilakukan oleh siapapun. Untuk itu, bagi yang ingin menjalankan bisnis sushi sudah harus tahu di mana saja bisa mendapatkan bahan-bahan tersebut.

  • Pelengkap makanan Sushi

Sushi memang menarik sebagai makananan utamanya, namun jangan lupa perlu pula disediakan pelengkapnya seperti minuman ocha maupun berbagai es dan jus lainnya. Anda juga bisa menambahkan menu lain seperti takoyaki, ramen, dan lain sebagainya sebagai alternatif bagi yang ingin mencicipi makanan Jepang lainnya.

[Total: 1 Average: 5]
Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp