Blog

Resep Bubur Bayi Organik 6 Bulan

Resep Bubur Bayi Organik 6 BulanSi kecil yang berusia enam bulan biasanya sudah bisa mengonsumsi makanan MPASI. Hal ini karena pada usai tersebut si kecil sudah terorganisir jika dibandingkan pada awal bulan lahirnya. Pada usia enam bulan tersebut si kecil biasanya juga sudah bisa menyangga kepalanya sendiri, refleks untuk menggerakkan lidahnya agar mencegah benda asing yang masuk hingga duduk dengan tegak.

Resep Bubur Bayi Organik 6 Bulan

Pada usia ini, si kecil juga sudah mulai membuka mulut ketika disodori dengan sendok. Sistem pencernaannya juga semakin berkembang menyebabkan walaupun masih mengonsumsi asi, si kecil juga membutuhkan asupan nutrisi dari makanan lainnya. Pada saat inilah Anda sudah bisa berinovasi untuk membuatkan si kecil makanan dengan berbagai macam kandungan nutrisi yang bagus untuk tubuhnya.

Berikut adalah beberapa resep olahan makanan untuk MPASI si kecil yang bisa Anda coba di rumah.

Resep Bubur Bayi Organik 6 Bulan Yang Simpel dan Praktis

  • Apple stew dengan cinnamon

Resep MPASI pertama yang bisa Anda coba adalah dengan memanfaatkan buah apel. Resep ini cukup mudah untuk dibuat karena tidak membutuhkan banyak bahan. Pertama yang harus Anda lakukan adalah iris apel yang sudah dikupas dan kukus hingga lunak.

Jika apel sudah lunak selanjutnya Anda bisa menghaluskannya menggunakan food processor atau blender. Saring apel tersebut hingga benar-benar halus. Terakhir, Anda bisa menambahkan sedikit bubuk kayu manis dan aduk hingga rata. Anda bisa menyajikannya pada si kecil.

  • Puree jagung manis dan bayam

Solusi untuk si kecil yang tidak suka sayur bayam adalah dengan mencampurkannya dengan bahan lainnya. Anda bisa membuat resep bubur bayi organik 6 bulan MPASI dengan menggunakan bayam dan jagung manis. Pertama adalah mencuci bayam dan juga jagung manis hingga bersih. Selanjutnya rebus jagung manis hingga matang dan serut.

Didihkan air dalam panci terpisah dan masukkan bayam. Masak bayam kurang lebih selama 10 menit hingga lunak. Hindari untuk memasak bayam terlalu lama agar kandungan nutrisinya tetap terjaga. Jika bayam sudah matang, tiriskan. Hancurkan bayam dengan jagung menggunakan blender dan tambahkan sedikit air agar lebih mudah dihaluskan. Saring puree tersebut agar tidak ada serat kasar dan sajikan pada si kecil. 

  • Puree pisang dan alpukat

Selanjutnya Anda juga bisa menggunakan buah alpukat dan pisang yang dicampur sehingga membentuk puree. Cara untuk membuatnya juga sangat mudah. Anda hanya perlu menggunakan daging alpukat dan pisang. Kemudian hancurkan kedua buah tersebut secara terpisah. Terakhir Anda bisa mencampurkan kedua bahan tersebut dan menyajikannya pada si kecil.

Untuk komposisi dari buah pisang dan alpukat yang Anda gunakan, Anda bisa menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan si kecil. Misalnya si kecil lebih menyukai buah alpukat, maka komposisi buah alpukat yang Anda gunakan juga bisa lebih banyak. 

  • Nasi tim ikan Dori

Jika tadi ada puree dengan bahan sayuran dan buah-buahan. Selanjutnya Anda bisa membuat ide resep bubur bayi organik 6 bulan dengan menggunakan nasi dan ikan Dori. Pertama buatlah nasi tim dengan cara merebus beras dengan air. Aduk beras tersebut hingga teksturnya menjadi lembek.

Selanjutnya masukkan ikan Dori, bawang yang sudah dicincang dan jahe untuk menghilangkan bau amisnya. Pastikan jika ikan Dorinya sudah Anda potong lebih kecil agar bisa hancur dan bercampur dengan nasi tim. Aduk semua bahan tersebut hingga hancur dan berubah menjadi bubur. 

Untuk memberikan aroma Anda bisa menambahkan seledri. Aduk hingga teksturnya sesuai dengan yang Anda inginkan. Jika sudah matang, Anda bisa menyajikannya pada si kecil selagi masih hangat.

  • Puree nasi kentang dan wortel

Pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mencuci kentang, wortel dan seledri hingga bersih. Selanjutnya masak nasi hingga menjadi bubur dengan tekstur yang Anda inginkan dan tambahkan seledri untuk memberikan aroma. Menggunakan wadah yang terpisah, kukus kentang dan wortel hingga lunak dan haluskan.

Campurkan wortel dan kentang yang sudah halus tadi pada nasi tim. Jika sudah matang, Anda bisa menyaring bubur, kentang dan juga wortel menggunakan saringan hingga halus. Terakhir tambahkan susu formula atau asi dan aduk hingga merata. Bubur pun sudah siap untuk diberikan pada si kecil. 

  • Puree salmon dan oat

Resep bubur bayi organik 6 bulan terbaik selanjutnya yang bisa Anda buat adalah puree oat dengan salmon. Salmon terkenal dengan kandungan omega-3 yang cukup tinggi sehingga bagus untuk membantu perkembangan dan pertumbuhan otak si kecil. Pertama yang harus Anda lakukan adalah melumuri ikan salmon dengan jeruk nipis. Tujuannya untuk menghilangkan bau amis pada ikan salmon. Selanjutnya kukus ikan salmon tersebut dengan bawang putih yang digeprek dan seledri sekitar 30 menit. 

Selagi Anda menunggu ikan salmonnya matang, Anda bisa memasak oatnya. Kemudian jika salmon dan oatnya sudah matang, Anda bisa menghancurkan kedua bahan tersebut menggunakan blender hingga halus. Agar teksturnya bisa lebih halus lagi, Anda bisa menyaringnya menggunakan saringan kawat dan puree oat dengan salmon sudah bisa dikonsumsi si kecil. 

  • Puree brokoli dan kentang

Selanjutnya Anda bisa menggunakan bahan berupa brokoli dan kentang untuk menu MPASI si kecil. Kentang digunakan untuk menggantikan nasi. Pertama adalah dengan mencuci brokoli dan juga kentang hingga bersih. Kukus kentang dengan brokoli hingga matang. Untuk lebih memudahkan ketika menghaluskannya nanti, Anda bisa memotong kentang menjadi beberapa bagian. 

Menggunakan panci yang berbeda, rebus ati ayam hingga matang. Jika semua bahan tersebut sudah matang, Anda bisa menghaluskan semua bahan menggunakan blender dan pindahkan ke mangkuk. Puree kentang dengan tambahan brokoli dan ati ayam sudah bisa Anda sajikan pada si kecil. 

  • Puree beras merah, tahu, ayam dan buncis

Resep bubur MPASI yang terakhir cukup lengkap karena juga ada sayuran dan protein hewani yang digunakan. Pertama yang perlu Anda lakukan adalah merendam beras merah kurang lebih selama setengah hari atau semalaman. Kemudian masak beras dengan air hingga menjadi bubur beras merah. Selanjutnya kukus ayam hingga matang kurang lebih selama 30 menit. Sedangkan untuk tahu dan juga buncis, Anda hanya perlu mengukusnya selama 20 menit saja. 

Hancurkan tahu dengan cara menekannya menggunakan punggung sendok pada saringan. Untuk buncis dan juga ayamnya, Anda bisa memblendernya hingga halus dan juga perlu disaring. Terakhir campurkan semua bahan yang sudah halus tersebut dan resep bubur bayi organik 6 bulan dengan ayam, tahu, nasi merah dan buncis bisa Anda sajikan pada si kecil.

Repot Bikin Resep Bubur Bayi Sendiri?

Jika Anda terlalu repot membuat resep bubur bayi organik 6 bulan sendiri, maka Anda bisa membeli produk bubur bayi organik instan buatan ONIC FOOD. Brand ini sudah lama dikenal dan mudah ditemukan di 40 outlet yang tersebar di berbagai area di Indonesia.

Anda yang tertarik juga ingin berjualan produknya bisa gabung sebagai mitra ONIC FOOD. Produk kami dijamin halal, aman dan enak serta bernutrisi. Persyaratan jadi mitra sangatlah mudah, hubungi kami untuk info lebih lanjut.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp