Blog

Resep Bubur Organik MPASI

Resep Bubur Organik MPASIJika si kecil sudah mulai untuk mengonsumsi MPASI atau makanan pendamping asi, maka penting untuk Anda memperhatikan bahan yang digunakan. Apakah menggunakan bahan yang bagus untuk kesehatannya atau tidak. Salah satu buah yang memiliki kandungan yang bagus adalah buah bit. 

Buah ini memiliki warna merah keunguan dengan banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. Buah ini mengandung banyak sekali nutrisi yang baik untuk si kecil seperti mineral dan juga vitamin yang bagus untuk tubuhnya. Contohnya vitamin C, A, folat, niacin, vitamin B6, folat, natrium, potasium, fosfor, magnesium, zat besi hingga kalsium.

Resep Bubur Organik MPASI

Buah tersebut sudah bisa dikonsumsi oleh si kecil yang berusia 6 bulan atau lebih. Hanya saja tidak boleh diberikan dalam jumlah yang berlebihan. Anda bisa memberikannya tidak lebih dari 1 hingga 2 sendok teh saja. Berikut adalah beberapa manfaat dari buah bit yang bagus untuk kesehatan si kecil. 

Manfaat Buah Bit Dalam Resep Bubur Organik MPASI

  • Membantu mengurangi risiko kekurangan darah

Anemia atau kekurangan sel darah merah tidak hanya bisa terjadi pada perempuan saja. Bahkan anak kecil juga sering mengalaminya. Kandungan zat besi yang ada pada buah bit tersebut bisa berguna untuk memproduksi sel darah merah. Sehingga si kecil juga tidak akan kekurangan darah. Selain itu kandungan dalam buah bit juga berguna untuk membantu perkembangan otaknya terutama ketika masih dalam awal perkembangan. 

  • Bagus untuk sistem pencernaan si kecil

Sistem pencernaan si kecil yang masih 6 bulan sudah pasti masih belum terbentuk dan bekerja dengan sempurna. Oleh karena itu, jenis MPASI harus memiliki tekstur yang lembut dan juga mudah untuk dicerna. Dalam buah bit mengandung vitamin C dan juga serat yang cukup tinggi sehingga bisa membantu untuk melancarkan sistem pencernaannya. Dengan begitu si kecil juga akan terhindar dari sembelit.

  • Melindungi hati

Kandungan yang ada pada buah bit bisa membantunya agar terhindar dari penyakit hepatitis dan juga penyakit kuning. Anda bisa menggunakan resep bubur organik MPASI terbaik dengan campuran buah bit. Biasanya buah bit akan diolah dengan cara dipotong kecil-kecil atau dihaluskan terlebih dahulu.

  • Bermanfaat untuk pertumbuhan otak si kecil

Manfaat selanjutnya dari buah bit untuk si kecil adalah membantu meningkatkan penyerapan oksigen pada otak dan juga melancarkan sirkulasi darah pada otak. Pertumbuhan dan juga perkembangan aktivitas pada otak terutama untuk si kecil sangatlah penting untuk dijaga. Hal ini karena jika otaknya bisa berkembang dengan baik maka si kecil juga akan lebih cepat ketika belajar hal-hal baru. 

  • Membantu mencegah kanker

Manfaat buah bit yang juga cukup besar adalah membantu untuk mencegah kanker paru-paru, kanker kulit hingga kanker usus besar. Hal ini karena dalam buah bit mengandung betacyanin pigmen yang berguna untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Bahkan ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa kandungan buah bit ini bisa menghambat mutasi sel yang biasanya menjadi penyebab kanker. Kandungan beta karotin alami ini bisa membantu untuk mencegah kanker paru-paru pada si kecil.

  • Mencegah asma

Kandungan vitamin C-nya selain bagus untuk sistem pencernaannya, juga bagus untuk mencegah asma. Hal ini karena vitamin C bisa membantu untuk meningkatkan aktivitas sel darah putih yang menjadi alat untuk tubuh bertahan dari benda asing seperti jamur, virus, bakteri dan protozoa yang bisa menyebabkan penyakit dan juga infeksi pernafasan. 

  • Membantu meningkatkan kesehatan tulang

Pada buah bit mengandung tembaga, magnesium dan juga boron yang berguna untuk membantu agar tulangnya bisa berkembang dengan baik. selain itu, dalam buah bit juga terdapat kalium yang berfungsi untuk mengikat kalsium dan bisa terserap dalam tubuh dengan lebih baik.

  • Membantu meningkatkan sistem imunitasnya

Kandungan dari antioksidan dan vitamin C pada buah bit bisa membantu untuk menangkal radikal bebas yang biasanya menyebabkan penyakit. Bahkan ada beberapa studi bahwa dengan mengonsumsi buah bit sesuai dengan anjuran juga bisa membantu tubuh untuk menyerap oksigen hingga 16%. Buah bit memang cukup jarang ditemukan dalam MPASI, akan tetapi Anda bisa melihat daftar resep bubur organik MPASI dengan buah bit sebagai bahan utamanya.

Cara Memberi MPASI Untuk Bayi 6 Bulan Hingga 1 Tahun 

Memberikan MPASI untuk si kecil yang baru saja berusia 6 bulan memang bukan hal yang mudah. Si kecil akan merasa asing dengan makanan yang pertama kali baru dicobanya. Akibatnya banyak juga yang bahkan menolak makanan tersebut. Menurut WHO, pemberian asi dilakukan pada bayi dengan usia 6 bulan hingga 1 tahun.

Pada masa tersebut Anda harus memilih menu untuk MPASI dengan cermat karena merupakan waktu yang cukup rentan untuk si kecil mengonsumsi makanan baru. Berikut adalah beberapa aturan yang perlu untuk diperhatikan jika Anda memberikan MPASI untuk si kecil:

  • Jangan terlalu banyak memberikan makanan pada si kecil

Anda bisa memberikan beberapa sendok saja pada mangkuk makannya. Jika makanan tersebut tidak habis, maka Anda harus segera membuangnya karena sudah terkena bakteri dari mulut bayi yang berpindah ke sendok dan juga mangkuknya.

  • Penting untuk tidak memaksa bayi makan jika ia tidak mau

Anda harus peka dan memperhatikan isyarat yang diberikan oleh si kecil. Misalnya jika si kecil sudah tidak mau lagi membuka mulutnya atau memutarkan kepalanya menjauhi sendok.

  • Ketika sedang makan, selalu awasi si kecil agar tidak tersedak

Walaupun si kecil sudah bisa makan sendiri, akan tetapi penting untuk tetap mengawasinya agar tidak tersedak oleh makanan atau ludahnya sendiri.

  • Berilah si kecil makanan berupa puree

Tunggu hingga satu atau dua hari untuk mengetahui reaksi tubuhnya terhadap alergi. Jika tidak ada, maka Anda bisa melanjutkan untuk memberikan makanan yang sama atau berbeda. Anda bisa mencari resep bubur organik MPASI buat bit jika ingin menggunakan buah bit dalam bentuk puree.

  • Jika si kecil tidak menyukai makanannya jangan langsung dihentikan

Anda bisa memberikannya lagi hingga ia terbiasa atau dengan cara mencampurnya menggunakan jenis makanan yang disukainya.

  • Tingkatkan makanannya saat usia bertambah

Ketika si kecil sudah mulai bertambah usia, Anda juga harus meningkatkan makanannya agar lebih padat.

Resep bubur organik MPASI yang juga bisa Anda coba adalah dengan memberikan lemak sehat pada buburnya seperti alpukat, minyak zaitun, butter atau keju. Hal ini karena lemak juga penting untuk perkembangan otaknya.

Mau yang lebih simpel dibanding masak resep bubur organik MPASI sendiri? Anda bisa coba membeli bubur bayi organik ONIC dalam kemasan pouch atau bubur bayi yang siap makan di outlet ONIC terdekat di area Anda. Tidak hanya itu, Anda yang tertarik mendapat penghasilan tambahan bisa ikut berjualan buburnya dengan jadi mitra kami.

[Total: 2   Average: 5/5]
Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 082125243680
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp