Blog

Tips Agar Bayi 1 Bulan Tidur Nyenyak di Malam Hari

Tips Agar Bayi 1 Bulan Tidur Nyenyak di Malam Hari – Waktu atau jam tidur si kecil memang biasanya akan berbeda dengan orang dewasa. Terutama ketika si kecil masih berumur 1 bulan. Si kecil yang masih berumur tersebut biasanya masih harus menyesuaikan atau membentuk pola tidurnya sendiri. Itulah mengapa pola tidur mereka kadang masih banyak berubah dan juga lebih lama dibandingkan dengan orang dewasa.

Tips Agar Bayi 1 Bulan Tidur Nyenyak di Malam Hari

Terlebih di malam hari dimana sudah menjadi hal yang sangat biasa bila si kecil bangun dan kesulitan untuk tidur kembali saat malam. Akibatnya sering kali orang tua harus begadang untuk menemani si kecil yang tidak bisa tidur. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat si kecil menjadi lebih mudah tidur dengan nyenyak di malam hari.

Cara atau Tips agar Bayi 1 Bulan Tidur Nyenyak di Malam Hari

  • Meletakkan si kecil di tempat tidur namun dengan terjaga

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan tetap meletakkan si kecil di tempat tidur walaupun ia sedang terjaga. Hal ini bertujuan untuk membantu si kecil agar bisa mengasosiasikan untuk tidur di tempat tidur.

Kebanyakan orang tua akan menggendong si kecil hingga ia tertidur, hal ini bisa membuat si kecil menjadi terbiasa tidur dalam gendongan dan malah membuat Anda repot. Selain itu menidurkan si kecil di tempat tidur saat masih terjaga juga bisa membantu untuk membuatnya lebih tenang saat terbangun nanti.

Saat si kecil sudah akan memasuki waktu tidurnya, cobalah untuk membaringkannya di atas kasur. Kemudian tepuk ringan bahunya untuk membantunya lebih tenang dan lebih cepat tidur. Si kecil yang sudah terbiasa melakukan hal tersebut akan membantu untuk meningkatkan pola tidurnya dengan lebih baik.

  • Memberi tahu perbedaan siang dan malam

Terkadang si kecil yang terbangun di malam hari karena tidak mengerti perbedaan antara waktu siang dan malam. Untuk itu tips agar bayi 1 bulan tidur nyenyak di malam hari tanpa terbangun adalah dengan mengajarkan mengenai perbedaan siang dan juga malam.

Hal ini juga berguna untuk mengatur pola tidurnya bahwa di malam hari adalah jam untuk tidur. Caranya dengan mengatur agar cahaya yang ada di ruangan tidurnya menjadi redup di malam hari. Jika si kecil menangis, Anda bisa mencoba memberikannya makan berupa asi atau bubur bayi organik dalam kemasan jika memang sudah diperbolehkan.

Cara yang lainnya adalah dengan memberikan batasan kegiatan di siang dan malam hari. Di siang hari si kecil bisa bermain dengan lebih leluasa namun saat malam hari, hindari untuk terlalu banyak beraktivitas. Menggunakan baju tidur sebelum tidur juga bisa menjadi cara untuk memberikan tanda bahwa sudah waktunya untuk tidur di malam hari.

  • Memberikan waktu untuk tenang

Biasanya si kecil yang rewel di malam hari juga bisa karena ia tidak menemukan posisi yang nyaman saat akan tidur. Untuk itu Anda bisa memberikannya waktu untuk tenang. Namun jika tangisan si kecil masih saja tidak berhenti, Anda baru boleh memeriksanya. Coba dengan memberikan kata-kata yang menenangkan atau tepuk punggungnya agar si kecil menyadari kehadiran Anda.

  • Memulai pola tidur

Pola tidur yang Anda terapkan pada si kecil selama beberapa kali dan menjadi rutinitas bisa membantu si kecil untuk menyadari bahwa sudah waktunya untuk tidur. Salah satunya dengan menyuapi si kecil dengan nasi atau bubur bayi organik, kemudian mengganti pakaian dan popoknya, hingga mengajaknya untuk tidur.

Sedangkan untuk di siang hari dengan rutinitas ynag berbeda. Tips agar bayi 1 bulan tidur nyenyak di malam hari tanpa gelisah tersebut adalah cara yang bisa Anda gunakan juga untuk membuat si kecil menyadari pola tidur yang benar.

Penyebab si Kecil Sulit Tidur

Selain mengetahui cara bagaimana agar si kecil bisa tidur dengan nyenyak, penting juga bagi Anda mengetahui penyebab atau alasan mengapa ia bisa kesulitan untuk tidur. Ada beberapa alasan yang bisa menyebabkan si kecil sulit tidur dengan nyenyak seperti berikut ini:

  • Gangguan pernafasan

Si kecil juga menjadi sulit tidur jika ia terkena gangguan pernafasan. Untuk bayi terutama yang masih berusia 1 bulan, masih belum memiliki sistem pertahanan tubuh yang kebal. Akibatnya ia juga akan lebih rentan terkena penyakit seperti infeksi saluran pernafasan.

Saat si kecil mengalami ISPA, maka tubuhnya bisa demam dan juga kesulitan untuk bernafas karena adanya lendir. Hal inilah yang bisa membuat si kecil mudah terbangun saat tidur atau sulit untuk tidur. Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuang ingus atau cairan lendir tersebut.

  • Gigi yang tumbuh

Si kecil yang sudah mulai tumbuh gigi juga bisa menjadi salah satu penyebab yang umum mengapa ia sulit untuk tidur dengan nyenyak. Beberapa gejala atau akibat yang bisa terjadi pada tubuh si kecil yang tumbuh gigi adalah gusi yang kemerahan, pipi yang bengkak, selalu meneteskan air liur, hingga demam. Si kecil yang mulai tumbuh gigi tersebut tidak hanya berpengaruh pada pola tidurnya saja melainkan si kecil juga bisa sulit atau rewel saat akan makan.

Tips agar bayi 1 bulan tidur nyenyak di malam hari dengan cepat ketika ia mengalami tumbuh gigi adalah dengan menyusuinya lebih sering. Selain itu Anda juga bisa mencoba untuk memberikannya mainan teething atau mengusap bagian gusi yang sakit tersebut dengan jari yang bersih untuk membantu menimbulkan rasa nyaman.

  • Infeksi telinga

Selain infeksi pada saluran pernafasan yang bisa membuatnya menjadi sulit untuk tidur, si kecil yang terkena infeksi telinga juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Infeksi telinga ini terjadi saat adanya penumpukan cairan pada bagian belakang gendang telinganya yang terkena infeksi.

Hal ini menyebabkan si kecil akan lebih sering menangis dan juga rewel. Akibat dari infeksi ini si kecil juga bisa demam, tidak mau makan hingga pilek. Cara untuk mengatasinya adalah dengan membawanya ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan.

Jika si kecil masih kesulitan untuk tidur, Anda bisa bertanya secara langsung pada dokter karena bisa saja si kecil mengalami penyebab yang lebih serius.

Tips Lainnya agar Bayi Tidak Rewel dan Mau Tidur

Perut lapar kadang bisa membuat bayi rewel di malam hari dan susah tidur. Jika bayi Anda sudah memasuki masa MPASI, maka Anda bisa memberinya bubur organik ONIC. Melalui bubur ini, maka si kecil jadi kenyang dan tidak rewel lagi.

Apalagi bubur organik ONIC bernutrisi seimbang dengan daging dan sayur yang juga alami. Keistimewaan bubur ONIC yaitu:

  • Bebas MSG dan pengawet
  • Dikemas secara praktis dalam kemasan simpel pouch
  • Tersedia 14 varian rasa yang enak
  • Tidak terlalu benyek dan cair
  • Mudah ditemukan di 40 outlet ONIC di seluruh Indonesia

Itulah beberapa tips agar bayi 1 bulan tidur nyenyak di malam hari dan jika bayi sudah siap makan MPASI, bisa diberikan bubur ini.

[Total: 5   Average: 5/5]
Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 082125243680
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp