Blog

Tips Agar Bayi 3 Bulan Cepat Gemuk

Tips Agar Bayi 3 Bulan Cepat Gemuk – Memiliki bayi yang sehat dan gemuk merupakan impian setiap pasangan. Masalahnya, meski telah diberi susu secara teratur dan diperhatikan dengan baik. Belum tentu berat badan bayi bertambah banyak saat jadwal timbangan berikutnya.

Sebagai orang tua, Anda tentu merasa bingung, sedih, khawatir bahkan bertanya-tanya. Sudahkah merawat bayi dengan baik? Sudahkah memberikan asupan nutrisi dengan benar?

Tips Agar Bayi 3 Bulan Cepat Gemuk

Inilah 4 Tips Agar Bayi 3 Bulan Cepat Gemuk

Sebelum memberikan vitamin atau membawa bayi ke dokter untuk konsultasi. Sebagai tahapan awal, silakan Anda coba beberapa tips berikut ini:

  • Cobalah tidur seranjang bersama bayi

Apa kaitannya tidur seranjang dengan berat badan bayi? Hubungannya sangat besar dengan frekuensi menyusui. Ketika Anda menempatkan bayi di boks bayi otomatis frekuensi menyusui bayi berkurang.

Sebaliknya, jika menidurkan bayi di ranjang Anda bisa memberikan susu lebih sering atau sesuai kebutuhan si kecil. Lakukan aktivitas ini hingga 2 tahun, durasi pemberian ASI eksklusif.

Selain menambah berat badan bayi, cara ini juga mempererat hubungan orang tua dan bayi. Otomatis meski Anda dan pasangan bekerja, kedekatan emosional dengan bayi tetap terjaga.

  • Berikan ASI secara eksklusif

Tips agar bayi 3 bulan cepat gemuk dengan benar sebenarnya sangat mudah. Cukup berikan ASI eksklusif hingga bayi berusia 24 bulan.  Kandungan yang terdapat pada ASI sangat baik untuk tumbuh kembang fisik maupun otak bayi.

Jika ASI Anda tidak lancar, baiknya lakukan pumping daripada menyusui secara langsung. Lakukan juga terapi memperlancar ASI dengan pijat payudara hingga mengonsumsi makanan yang bergizi.

  • Berikan pijatan lembut pada bayi

Cara lainnya yang diyakini efektif untuk menambah berat badan bayi adalah pijat bayi. Gerakan pijat yang lembut akan merangsang sistem pencernaan bayi sekaligus membuat bayi menjadi lebih rileks.

Sebelum Anda melakukan pijat bayi, pastikan Anda mengetahui cara dan tekniknya. Jangan sembarang memijat badan bayi apalagi bayi 3 bulan yang masih sangat kecil. Jika memungkinkan, hubungi perawat atau layanan jasa pijat bayi profesional. Bagaimana pun juga mereka jauh lebih berpengalaman daripada Anda.

Agendakan pijat bayi secara teratur, pilih momennya dengan baik. Jangan terlalu sering, jangan pula terlalu jarang. Sesuaikan saja dengan kebutuhan bayi Anda.

  • Gendong bayi

Tips agar bayi 3 bulan cepat gemuk mpasi sebenarnya tidak begitu direkomendasikan oleh dokter. Karena sistem pencernaan bayi di usia 3 bulan masih sangat muda. Lantas, usia berapa baiknya bayi mendapatkan MPASI? Alangkah bijaksananya jika Anda mempersiapkan MPASI saat bayi berusia 6 bulan ke atas.

Pemberian ASI sudah lebih dari cukup untuk menambah bobot bayi. Faktanya pertumbuhan dan berat badan bayi berlangsung sangat cepat ketika usianya 2-3 bulan. Yang perlu orang tua lakukan cukup menggendong bayi.

Cara ini membuat Anda dan bayi menjadi lebih terikat secara fisik maupun emosional. Bagaimana pun juga, bayi 3 bulan masih membutuhkan perhatian ekstra dari orang tua mereka.

Kenali 6 Penyebab Bayi Susah Gemuk

Sudah mencoba beberapa tips di atas, tapi bayi masih susah gemuk? Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perhatikan beberapa penyebab bayi sulit gemuk berikut:

  • Jarang disusui

Bayi yang baru lahir membutuhkan asupan nutrisi atau ASI setidaknya tiap 2-3 jam sepanjang hari. Tapi tidak sedikit pula, bayi yang membutuhkan ASI lebih sering dan lebih banyak dari itu. Setiap kali menyusui, bayi membutuhkan waktu maksimal 10 menit lamanya.

Tapi intensitas kebutuhan ASI mulai berkurang seiring pertambahan usia. Bayi akan menyusui ketika mereka benar-benar membutuhkannya. Sebagai seorang ibu, Anda harus perhatian dengan kebutuhan nutrisi bayi Anda.

Berikan ASI ketika bayi merasa lapar jangan biarkan bayi terlalu lama menunggu. Jika ASI Anda tidak bisa keluar, berikan susu formula sebagai pengganti.

  • ASI ibu sedikit

Tips agar bayi 3 bulan cepat gemuk dengan ASI merupakan rekomendasi dokter anak di seluruh dunia. Tapi sayangnya, tidak semua ibu mampu mengeluarkan ASI dalam jumlah banyak.

Daripada Anda memaksakan diri hanya memberikan ASI eksklusif pada bayi. Padahal ASI yang Anda miliki tidak banyak, mengapa tidak memberikan susu formula juga? Susu formula bisa memenuhi kebutuhan nutrisi sekaligus meningkatkan berat badan bayi. Berikan susu formula dengan takaran yang tepat untuk bayi 3 bulan.

  • Bayi tidak nyaman

Sama seperti anak-anak atau orang dewasa yang kehilangan nafsu makan ketika sakit atau seriawan, bayi pun bisa mengalaminya. Jika bayi Anda terus rewel atau tidak ingin minum susu, coba perhatikan kesehatannya.

Munculnya seriawan atau cedera kelahiran membuat bayi merasa tidak nyaman. Yang bila dibiarkan terus menerus akan mempengaruhi berat badan bayi. Bukannya semakin berisi, tidak mustahil bobot bayi semakin berkurang.

  • Posisi yang buruk saat menyusui

Tahukah Anda jika posisi menyusui juga bisa mempengaruhi berat badan bayi? Sayangnya, masih banyak ibu yang belum memahami kondisi ini bahkan terkesan menyepelekannya.

Faktanya, pelekatan yang buruk ketika menyusui membuat bayi tidak mampu menghisap ASI dengan lancar. Tidak jarang bayi merasa lelah bahkan frustrasi karenanya.

Penting bagi ibu baru untuk belajar teknik menyusui yang baik dan benar. Anda bisa belajar dari orang tua atau perawat.  Tidak perlu takut atau malu untuk bertanya jika Anda belum memahami dan menguasainya.

  • Takaran susu formula yang salah

Selain ASI, nutrisi kedua yang diberikan oleh orang tua pada bayi 3 bulan adalah susu formula. Pemberian susu formula bisa disebabkan karena berbagai alasan, seperti ASI yang tidak keluar atau ibu yang sibuk bekerja.

Supaya bayi Anda memperoleh nutrisi yang tepat di usia pertumbuhannya. Berikan susu formula dengan takaran yang benar. Jangan sampai bayi  Anda kekurangan nutrisi akibat hal ini.

  • Sakit

Penyebab lainnya yang berisiko tinggi membuat bayi sulit gemuk adalah penyakit. Saat sakit, bayi tidak bisa tidur dengan nyaman. Bayi juga tidak dapat minum susu formula atau ASI dengan lancar. Alhasil, bobot bayi akan semakin berkurang dari hari ke hari karena kurangnya asupan makanan.

Agar bayi Anda kembali aktif seperti sebelumnya dan rajin minum ASI. Segera bawa bayi ke dokter anak untuk memperoleh pengobatan yang tepat. Dokter akan memberikan resep obat dan vitamin yang dibutuhkan si kecil.

Memberikan yang terbaik bagi bayi merupakan kewajiban para orang tua. Karena bayi masih sangat kecil dan rentan, mereka belum mampu melakukan berbagai kegiatan seorang diri.

Jadikan, tips agar bayi 3 bulan cepat gemuk sebagai tambahan informasi untuk membantu Anda menjadi orang tua yang lebih baik. Selain itu, jika bayi sudah cukup umur diberi MPASI maka Anda bisa memberikan asupan bubur organik berkualitas seperti Bubur ONIC FOOD. Hal ini karena bubur buatan ONIC bernutrisi seimbang, rasanya enak dan aman bagi bayi sebab bebas MSG dan pengawet.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp