Blog

Tips Agar Bayi 3 Bulan Lancar BAB

Tips Agar Bayi 3 Bulan Lancar BAB – Si kecil yang kesulitan untuk BAB biasanya bisa terjadi karena adanya beberapa masalah atau penyebab. Penyebab tersebut perlu untuk diketahui karena bisa saja si kecil mengalami masalah kesehatan yang serius. Bayi hendaknya bisa mengalami siklus atau pola untuk BAB yang lancar.

Tips Agar Bayi 3 Bulan Lancar BAB

Namun kebiasaan tersebut juga bisa dipengaruhi oleh pola minum dan makannya. Selain itu aktivitas dan juga kemampuan si kecil untuk mencerna makanannya juga bisa berpengaruh pada kebiasaan BAB-nya.

Tanda jika si kecil mengalami buang air besar yang sulit adalah buang air besar kurang dari 2x dalam satu minggu, si kecil yang terlihat kesakitan hingga bentuk kotorannya yang lebih keras dari biasanya. Si kecil juga akan lebih rewel saat buang air besar. Anda hendaknya segera membawanya ke dokter untuk diperiksa jika hal tersebut terjadi selama lebih dari 2 minggu. Terutama jika disertai dengan gejala lainnya seperti demam, muntah, berat badannya yang turun, benjolan pada anus, tinja yang berdarah.

Penyebab si Kecil Susah untuk BAB

Penting untuk Anda mengetahui penyebab mengapa si kecil kesusahan saat BAB. Tujuannya agar Anda bisa menemukan solusinya. Berikut adalah beberapa penyebabnya:

  • Dehidrasi

Cairan yang didapatkan si kecil biasanya hanya dari ASI dan juga makanannya. Namun ada kondisi tertentu yang bisa menyebabkan si kecil menjadi kekurangan asupan cairan. Misalnya seriawan, tumbuhnya gigi, hingga demam. Hal ini menyebabkan si kecil yang rewel dan enggan untuk minum susu sehingga menyebabkan ia menjadi kekurangan cairan. Hal inilah yang menyebabkan kotoran si kecil menjadi keras dan sulit untuk keluar.

  • Susu formula

Penyebab dan tips agar bayi 3 bulan lancar BAB adalah karena ia mengonsumsi susu formula. Hal ini dikarenakan adanya kandungan protein yang ada pada susu formula.  Untuk itu tipsnya adalah cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai hal tersebut. Apakah si kecil mengalami susah BAB karena beralih dari ASI ke susu formula atau jenis susu formula tersebut kurang cocok. Anda bisa mencoba untuk mengganti susu formulanya ke jenis yang lain.

  • Makanan padat atau MPASI

Saat Anda beralih untuk menggunakan makanan padat pada si kecil, sistem pencernaannya mungkin akan kaget. Hal inilah yang menyebabkan ia kesulitan saat buang air besar. Untuk mengatasinya cobalah menggunakan makanan yang mengandung banyak serat seperti umbi-umbian atau pepaya. Anda juga bisa menggunakan bubur bayi organik dengan varian atau rasa tersebut untuk membantunya bisa buang air besar dengan lebih lancar.

  • Kondisi kesehatan tertentu

Ada juga kondisi tertentu dimana si kecil memang kesulitan untuk buang air besar. Hal ini bisa dikarenakan oleh beberapa hal seperti menderita alergi makanan, hipotiroid, hingga gangguan pada sistem pencernaannya sejak lahir. Untuk itu lebih baik jika si kecil mengalami susah untuk BAB dalam waktu yang lama, segera konsultasikan pada dokter.

Tips Agar Bayi 3 Bulan Lancar BAB

Jika si kecil mengalami masalah saat BAB maka Anda tidak perlu terlalu khawatir. Ada  beberapa hal yang bisa Anda lakukan seperti beberapa tips berikut ini:

  • Memijat perutnya

Salah satu cara pertama adalah dengan memijat perutnya. Anda bisa memijat bagian bawah pusarnya atau sekitar 3 jari di bawah pusar. Pastikan untuk Anda memijatnya dengan lembut. Selain itu posisikan si kecil dalam keadaan yang tenang, tidak kesakitan dan rileks. Pijat dengan arah dari tengah ke luar secara melingkar. Jika diperlukan gunakan juga baby oil untuk membantu agar sistem pencernaan si kecil menjadi lebih lancar dan rileks.

  • Membuat si kecil aktif

Tips agar bayi 3 bulan lancar BAB dengan alami adalah dengan membuatnya agar aktif. Hal ini bertujuan agar tinja si kecil bisa terdorong oleh usus. Jika si kecil sudah bisa untuk merangkak, maka coba membuatnya merangkak lebih sering.

Tujuannya agar tinja bisa terdorong dan lebih mudah untuk keluar. Namun jika si kecil masih belum bisa merangkak, coba untuk membuat gerakan seperti mengayuh sepeda pada kakinya. Tetapi posisikan terlebih dahulu si kecil agar terlentang dan juga nyaman.

  • Mandi dengan air hangat

Mandi dengan air hangat ternyata juga bisa membantu si kecil untuk lebih mudah saat buang air besar. Hal ini karena air hangat akan membantu untuk membuat sistem pencernaannya menjadi rileks. Sehingga tinja akan lebih mudah untuk keluar. Anda juga bisa melakukan pijatan di bagian bawah perutnya secara perlahan saat ia mandi.

  • Mengombinasikan makanannya

Tips agar bayi 3 bulan lancar BAB efektif selanjutnya adalah dengan mengombinasikan makanannya. Namun hal ini hanya untuk si kecil yang sudah bisa mengonsumsi makanan atau MPASI. Hindari untuk secara langsung memberinya makanan yang berat seperti nasi.

Lebih pilih bubur bayi organik dengan kandungan serat yang bisa membantunya BAB dengan lebih mudah. Misalnya dengan kandungan sayuran hijau, kacang-kacangan atau buah-buahan seperti pepaya.

  • Mencukupi kebutuhan cairannya

Salah satu yang menyebabkan si kecil susah untuk buang air besar adalah karena dehidrasi. Untuk itu penting bagi Anda memastikan agar si kecil tidak kekurangan cairan. Bayi yang baru berusia 3 bulan, asupan cairannya hanya berasal dari ASI saja.

Oleh karenanya ada baiknya jika Anda memastikan si kecil bisa mendapatkan jadwal minum ASI secara rutin. Lain halnya untuk si kecil yang sudah berusia 6 bulan lebih. Anda bisa memberikan asupan cairan melalui buah-buahan yang mengandung banyak air atau bisa juga memberikan banyak air putih untuk si kecil.

Si kecil yang sulit untuk buang air besar memang akan lebih sering rewel. Hal ini karena bisa saja ia merasa kesakitan saat harus mengeluarkan kotorannya. Untuk itu penting bagi Anda memastikan penyebab mengapa ia kesulitan saat buang air besar.

Tujuannya agar Anda bisa mencari solusi dari hal tersebut. Apabila si kecil sudah susah untuk buang air besar selama beberapa hari hingga 2 minggu lebih. Maka lebih baik segera bawa ke dokter untuk diperiksa. Si kecil bisa saja mengalami masalah pencernaan atau kesehatan tertentu yang membuatnya kesulitan untuk buang air besar.

Jual Bubur Bayi Organik Bergizi dan Bebas MSG

Apabila Anda ingin memberikan bubur MPASI yang bergizi saat bayi sudah cukup umur maka silakan coba produk bubur organik ONIC. Di sini kami menawarkan bubur yang aman bagi si kecil sebab bebas MSG dan pengawet. Dibuat dari bahan alami yang dijamin halal dengan 14 varian rasa yang pasti disukai bayi.

Kini bubur organik ONIC hadir di 40 outlets yang sudah tersebar di seluruh Indonesia. Jadi, Anda bisa mudah menemukan produk kami. Jadi, selain memperhatikan tips agar bayi 3 bulan lancar BAB, jika sudah cukup umur menerima MPASI maka lebih baik jangan lupa berikan nutrisi seimbang.

[Total: 0   Average: 0/5]
Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 082125243680
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp