Blog

Tips Agar Bayi 3 Bulan Tidur Nyenyak

Tips Agar Bayi 3 Bulan Tidur Nyenyak – Tiga bulan bukanlah waktu yang mencukupi bagi seorang ibu untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru setelah memiliki bayi. Faktanya, masih banyak ibu yang masih kesulitan membagi waktu untuk dirinya sendiri dan keluarga.

Tips Agar Bayi 3 Bulan Tidur Nyenyak

Tidur tidak cukup hingga berat badan berkurang akibat kelelahan. Sebenarnya, ada cara efektif agar orang tua bisa beristirahat dengan nyenyak meski memiliki bayi berusia 3 bulan. Cukup dengan memastikan bayi tidur nyenyak dan cukup di jam tidurnya.

Inilah 10 Tips agar Bayi 3 Bulan Tidur Nyenyak Tanpa Rewel

  • Buat jadwal menyusui bayi

Kapan tepatnya Anda menyusui bayi sepanjang hari? Ada pun waktu terbaik menyusui bayi adalah sebelum dan sesaat mereka bangun tidur. Strategi ini sangat jitu untuk memastikan bayi tetap tidur dengan lelap. Tidak banyak terbangun akibat kelaparan.

Hindari pula kebiasaan buruk mengganggu jam tidur bayi untuk menyusui. Tanpa perlu Anda bangunkan pun, bayi akan terbangun dengan sendirinya. Entah saat mereka merasa lapar, BAB atau BAK.

Oleh karena itu, biarkan bayi Anda tidur dengan nyenyak. Jika Anda disiplin, secara alami bayi akan menemukan pola tidurnya sendiri. Bagaimana pun juga, jam tidur bayi juga berimbas dengan jam tidur Anda. Jika Anda ingin tidur cukup, maka berikanlah jam tidur yang mencukupi pada si kecil.

  • Atur pencahayaan lampu tidur

Tips agar bayi 3 bulan tidur nyenyak tanpa terbangun tidaklah sulit, silakan atur pencahayaan kamar dengan baik. Daripada menggunakan lampu berwarna putih yang sangat terang, pilihlah lampu tidur yang lebih redup. Langkah ini juga membantu bayi membedakan siang dan malam hari.

Sama seperti orang dewasa, tidur di bawah cahaya redup akan membuat bayi tidur lebih nyenyak. Produksi hormon melatonin juga ikut meningkat. Ketika tidur bayi cukup, mereka akan terbangun dengan kondisi mood yang baik. Tubuh pun lebih segar sehingga bisa memulai aktivitas yang baru dengan riang gembira.

  • Atur suhu ruang tidur

Beberapa orang memiliki tingkat sensitivitas yang berbeda. Ada yang mampu tidur lelap dengan udara dingin tapi tidak sedikit pula yang lebih suka tidur dengan udara hangat. Lantas, berapa suhu udara yang tepat untuk bayi terlelap?

Hindari pengaturan suhu terlalu rendah atau terlalu tinggi pada kamar bayi. Jika Anda memakai AC, atur suhunya sekitar 26 derajat Celsius. Pengaturan suhu yang tepat membantu bayi tidur dengan lelap karena mereka merasa nyaman.

  • Mandikan bayi dengan air hangat

Apa lagi tips agar bayi 3 bulan tidur nyenyak sepanjang malam? Caranya dengan memandikan bayi memakai air hangat sebelum tidur. Atau cukup seka badan bayi menggunakan handuk hangat.

Setelah bayi dimandikan dengan air hangat mereka lebih mudah mengantuk dan tertidur dengan nyenyak. Suhu tubuh yang hangat membuat sirkulasi darah bayi berjalan dengan lancar. Begitu pula dengan sendi atau otot yang bekerja secara optimal.

  • Putar musik

Jika dalam kandungan saja bayi mendapatkan asupan musik klasik untuk membantu kecerdasan otak. Mengapa Anda tidak mencobanya pada bayi 3 bulan? Tidak mustahil lullaby yang Anda perdengarkan efektif membuat bayi tidur pulas.

Selain lagu klasik, Anda juga bisa memasang lagi rohani. Usahakan lagu yang diputar bernada lembut dan pelan. Sehingga bayi tidak terkejut atau terganggu dengan getaran nadanya.

Saat menyalakan lagi pastikan bayi Anda sudah berada di atas ranjang. Jangan membiasakan menyalakan musik atau lagu ninabobo saat bayi masih digendong. Ini akan menciptakan kebiasaan buruk dan membuat bayi rewel sebelum tidur.

  • Kenakan bayi baju tidur hangat

Selain menyesuaikan suhu ruangan dengan kenyamanan bayi. Orang tua bisa juga memakaikan piama yang hangat sebagai alternatif lainnya. Dari sekian banyak kain, pilih baju tidur berbahan katun yang teksturnya ringan dan hangat.

Kenakan baju tidur yang ukurannya pas dengan badan bayi, jangan yang terlalu kecil atau besar. Sebagus apa pun model baju tidurnya, jangan pakaikan jika terbuat dari material sintesis. Kebalikan dari kain katun, sintesis tidak menyerap keringat secara sempurna.

Akibatnya, baju tidur bayi akan basah akibat keringat. Selain berisiko besar membuat bayi masuk angin. Baju tidur basah juga mengganggu kenyamanan tidur si kecil.

  • Pasang kelambu

Tips agar bayi 3 bulan tidur nyenyak tanpa rewel salah satunya memasang kelambu bayi. Selain membeli pakaian bayi bahkan mainan, jangan lupa membeli kelambu bayi. Alat ini penting guna menghindarkan bayi dari gigitan nyamuk di malam hari.

Selain terasa gatal, gigitan nyamuk juga membuat bayi merasa tidak nyaman dan terganggu tidurnya. Oleh karena itu, pasang kelambu bayi ketika dia tertidur. Pilih kelambu yang berkualitas tinggi dan efektif menghalau nyamuk.

  • Kenali tanda bayi mengantuk

Bayi yang merasa lelah sangat mudah untuk mengantuk. Sudah menjadi kewajiban orang tua untuk mengetahui tanda bayi mengantuk. Apa saja tanda-tandanya?

Bayi yang mengantuk sering kali menguap. Tidak sedikit yang mengisap jari mereka atau menggosok matanya. Beberapa bayi lebih suka berkomunikasi dengan menangis. Jika Anda menemukan tanda-tanda tersebut, artinya bayi Anda butuh tidur.

  • Buat ritual tidur

Meskipun usia bayi masih 3 bulan, bukan berarti Anda tidak membacakannya buku cerita. Membacakan dongeng pada bayi bisa menjadi alat komunikasi yang baik. Gunakan mimik wajah yang lucu agar bayi merasa nyaman.

Selain membacakan buku atau bercerita, Anda juga bisa mengelus kepala bayi sebagai ritual tidurnya. Memberikan pijatan pada bayi akan membuat mereka menjadi semakin mengantuk dan mulai tertidur lelap.

Anda yang memiliki keterampilan atau teknik pijat bayi yang mumpuni. Silakan lakukan pijatan ringan pada tubuh bayi. Gunakan minyak esensial khusus bayi agar bayi semakin merasa nyaman dan hangat.

  • Sapa ketika bayi terbangun

Dan tips terakhir agar bayi tidur nyenyak sepanjang malam adalah menyapa mereka di pagi hari atau ketika bayi terbangun. Setelah menyapa, Anda bisa menepuk atau membelai kepala dan pantat bayi agar kembali tidur lelap.

Hindari membuat suara yang nyaring atau gaduh. Supaya bayi memahami, kapan waktunya untuk tertidur dan kapan waktu untuk bermain. Kedisiplinan orang tua juga mempengaruhi kualitas tidur bayi. Jika Anda sendiri tidak bisa disiplin, sulit untuk mengaplikasikannya pada bayi.

Mengajak bayi tertidur terkadang menjadi pekerjaan yang sangat berat bagi para orang tua. Apalagi bayi 3 bulan yang terkadang menjadikan malam hari sebagai waktu bermainnya. Agar kondisi ini tidak bertahan lama, lakukan seluruh tips agar bayi 3 bulan tidur nyenyak di atas.

Jual Bubur Bayi Organik ONIC Spesial

ONIC jual bubur bayi berkualitas dan bernutrisi bagi si kecil. Di sini Anda bisa memberikan MPASI dalam bentuk bubur organik yang bebas pengawet dan MSG. Bubur organik ONIC berkualitas dengan banyak kelebihan seperti:

Bubur Organik Bayi

  • Tidak terlalu benyek atau cair
  • Banyak daging dan sayur
  • Bernutrisi dan gizinya seimbang
  • Mudah dimasak dan disiapkan
  • Tersedia 14 varian rasa enak
  • Bisa ditemukan di 40 outlet ONIC di seluruh Indonesia
  • Bebas MSG dan pengawet

Bubur organik ONIC dikemas praktis dalam kemasan pouch dan kami juga menyediakan makanan pelengkap bagi MPASI lainnya!

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp