Blog

Tips Agar Bayi 4 Bulan Cepat Gemuk

Tips Agar Bayi 4 Bulan Cepat Gemuk – Biasanya si kecil yang baru saja lahir akan mengalami pertambahan berat badan yang cukup konsisten. Terutama jika ia secara rutin selalu minum ASI. Nutrisi si kecil yang cukup sudah pasti akan bagus untuk pertumbuhannya.

Tips Agar Bayi 4 Bulan Cepat Gemuk

Kondisi ini tidak berlangsung secara terus menerus karena ada juga bayi yang stagnan hingga berat badannya yang justru turun. Hal tersebut terkadang membuat orang tua menjadi bingung. Orang tua akan terpacu untuk memberikan si kecil ASI secara terus menerus.

Padahal si kecil harusnya bisa makan atau minum sesuai dengan porsinya. Untuk itu berikut adalah beberapa tips untuk si kecil agar bisa gemuk di usia 4 bulan.

Tips Agar Bayi 4 Bulan Cepat Gemuk Dengan Sehat

  • Variasi nutrisi

Kebanyakan dari orang tua mungkin akan memilih untuk memberikan ASI atau jenis makanan tertentu saja dalam jumlah yang banyak untuk membuat si kecil naik berat badan. Padahal hal ini harusnya salah.

Untuk menaikkan berat badan si kecil, lebih baik Anda menggunakan cara berupa asupan nutrisi yang bervariasi untuk si kecil. Memberikan menu MPASI dengan berbagai macam rasa akan membantu untuk memenuhi kebutuhan gizinya.

Anda bisa menggunakan bubur bayi organik dengan berbagai macam rasa yang lebih praktis. Pemberian susu formula juga bisa membantu si kecil agar bisa naik berat badannya. Hanya saja perlu Anda ketahui bahwa kandungan gula pada susu formula lebih banyak daripada ASI.

  • Memijat si kecil

Tips agar bayi 4 bulan cepat gemuk dengan efektif adalah dengan meningkatkan nafsu makannya. Si kecil yang dipijat juga akan membantu untuk meningkatkan nafsu makannya dan juga membantu agar sistem pencernaannya menjadi lebih lancar.

Selain itu, Anda juga bisa selalu meningkatkan komunikasi dan kontak fisik dengan si kecil seperti menggendongnya. Saat si kecil menyusu, pastikan ia menghisap di satu bagian payudara.

Selanjutnya Anda bisa mengarahkannya untuk menghisap sisi lainnya. Hal ini biasanya ditandai dengan cara si kecil yang seperti mulai kenyang dan isapannya menjadi lebih lemah juga.

  • ASI eksklusif

Tips agar bayi 4 bulan cepat gemuk dengan asi adalah memberikan si kecil ASI eksklusif juga bagus untuk membantu si kecil agar berat badannya bisa naik. ASI eksklusif setidaknya diberikan untuk si kecil mulai usia 0 hingga 6 bulan. Bahkan ada juga yang memberikannya hingga 2 tahun.

ASI menjadi salah satu sumber nutrisi yang si kecil butuhkan. Namun terkadang ada beberapa hal yang bisa menyebabkan ibu kesulitan untuk memberikan ASI. Misalnya si kecil yang tidak suka menyusu secara langsung atau ASI yang sulit untuk keluar.

Cara untuk mengganti ASI tersebut adalah dengan memberikan susu formula. Hanya saja pastikan Anda sudah berkonsultasi pada dokter mengenai hal ini.

  • Tidur dengan cukup

Si kecil yang masih berusia 4 bulan akan sering tidur adalah hal yang wajar. Jadi Anda tidak perlu harus membangunkannya untuk bermain atau makan. Si kecil yang bisa tidur dengan cukup juga akan bagus untuk membantu meningkatkan berat badannya.

Pada malam hari, Anda bisa mencoba memberikan si kecil ASI untuk membantu berat badannya naik dengan lebih cepat. Namun pastikan agar si kecil tidak terlalu kenyang. Si kecil yang terlalu kenyang juga akan kesulitan untuk tidur dengan nyaman.

Cara Menjaga Berat Badan si Kecil Tetap Normal

Setelah Anda melakukan beberapa cara untuk membantu si kecil agar berat badannya bertambah, selanjutnya juga penting untuk menjaga agar berat badan tersebut stabil.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga berat badannya agar stabil:

  • Hindari memberinya makan secara berlebihan

Banyak orang yang berpikir dengan memberikan si kecil makan yang banyak maka berat badan si kecil juga akan naik. Padahal hal ini tidaklah benar. Untuk menjaga berat badan si kecil, Anda tidak perlu memaksanya untuk menghabiskan semua makanan atau susu.

Anda hanya perlu menjaga agar si kecil tetap mendapatkan gizi atau nutrisi yang seimbang. Namun akan berbeda jika dokter memang mengatakan si kecil yang harus banyak makan, maka Anda bisa berusaha untuk si kecil menghabiskan makannya.

  • Hindari menanggapi setiap tangisannya dengan lapar

Si kecil yang menangis memang hal yang wajar. Hal ini karena sebagai bentuk dari caranya untuk berkomunikasi. Namun tips agar bayi 4 bulan cepat gemuk dan sehat adalah dengan menghindari selalu mengasumsikan si kecil yang menangis karena lapar.

Si kecil yang menangis tidak hanya karena ia lapar saja. Hal tersebut bisa berarti karena ia sedang mengantuk, bosan, ingin digendong, lelah dan lain sebagainya. Jika si kecil menangis setelah baru saja minum susu maka mungkin ada hal lain yang menyebabkannya menangis. Anda bisa mencoba untuk mengganti popoknya, mengajaknya bermain atau mengajaknya istirahat.

Hal ini tentu saja harus menjadi kebiasaan karena ditakutkan Anda akan selalu memberikan si kecil makan saat ia menangis. Jadi kebutuhan si kecil yang lainnya kurang bisa terpenuhi dengan baik.

  • Memberikan MPASI

Sudah dikatakan sebelumnya bahwa dengan memberikan si kecil berbagai macam variasi makan atau gizi maka akan membantu si kecil untuk meningkatkan berat badannya. Si kecil yang sudah mulai boleh untuk mengonsumsi makanan atau MPASI akan bagus untuk membantunya memperoleh gizi yang lebih bervariasi.

Anda bisa menggunakan bubur bayi organik dengan kandungan ikan, sayuran, biji-bijian, dan lain sebagainya. Hal ini juga bisa menjadi waktu yang tepat untuk mengenalkan si kecil pada berbagai macam rasa dari makanan. Sehingga nantinya saat sudah besar, si kecil akan lebih mudah untuk makan dan tidak rewel karena terlalu memilih-milih jenis makanan tertentu.

  • Menyusui

Menyusui si kecil juga bisa menjadi salah satu cara untuk tetap mempertahankan berat badannya. Akan sangat baik jika Anda bisa menyusui si kecil dalam jangka waktu yang lama. Dalam hal ini adalah sebisa mungkin jaga untuk memberikannya ASI eksklusif.

Si kecil yang menyusu tidak mungkin dalam jumlah yang banyak. Untuk itu saat usianya masih kecil atau belum memulai MPASI, lebih baik usahakan agar ia bisa menyusu beberapa kali dalam satu hari.

Jual Bubur Organik

Cara Bayi Gemuk Namun Tetap Sehat dan Seimbang

Selain cara-cara yang sudah disebutkan di atas, Anda juga bisa memberikan bubur organik ONIC jika bayi sudah cukup usia mendapatkan MPASI. Bubur ini terbuat dari bahan alami yang bebas pengawet dan MSG. Oleh karena itu Anda bisa dengan tenang memberikan asupan ini.

Bubur organik ONIC selain bebas pengawet serta MSG, juga tersedia dengan banyak daging dan sayur. Rasanya bervariasi dan bisa dipilih yang paling disukai si bayi. Apalagi di dalamnya mengandung banyak nutrisi dan gizi seimbang bagi bayi.

Silahkan temukan bubur organik ONIC ini di 40 outlets yang sudah tersebar di seluruh Indonesia! Itulah salah satu tips agar bayi 4 bulan cepat gemuk dan sehat lainnya.

[Total: 4   Average: 5/5]
Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 082125243680
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp