Blog

Tips Agar Bayi 5 Bulan Cepat Gemuk

Tips Agar Bayi 5 Bulan Cepat Gemuk – Bayi dengan usia sekitar 5 bulan, biasanya memiliki berat badan sekitar 2 kali lebih banyak daripada berat badannya saat awal kelahirannya. Berat badan yang ideal untuk si kecil yang berusia 5 bulan biasanya ada di kisaran 6 sampai 9 kg untuk bayi laki-laki dan panjangnya sekitar 62 sampai 70 cm. Sedangkan bayi perempuan biasanya memiliki berat sekitar 5,5 hingga 9 kg dan panjang 60 hingga 68 cm.

Tips Agar Bayi 5 Bulan Cepat Gemuk

Untuk membantu si kecil agar berat badannya bisa naik adalah hal yang mudah. Anda bisa memperhatikan mengenai asupan nutrisinya. Jangan sampai si kecil kekurangan nutrisi yang menyebabkannya menjadi kekurangan gizi. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu si kecil agar bisa naik berat badannya.

Cara atau Tips agar Bayi 5 Bulan Cepat Gemuk

  • Susu formula

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberinya susu formula. Pemberian susu formula ini bisa membantu si kecil untuk menaikkan berat badannya. Hal ini karena adanya kandungan gula pada susu formula tersebut dimana berbeda dengan ASI. Anda bisa memberinya susu formula sekitar 6 kali dalam satu hari.

Namun perlu diperhatikan pemberian susu formula ini bukan berarti Anda menghentikan untuk memberinya ASI. Bahkan susu formula ini hanya sebagai alternatif jika si kecil menolak untuk menyusu secara langsung. Selain itu perhatikan dengan pilihan susu formula yang Anda gunakan karena bisa saja si kecil tidak cocok dengan formulasinya.

  • Memberinya ASI

Untuk usia 5 bulan, pemberian ASI masih menjadi sumber energi utama untuk si kecil. Oleh karenanya tips agar bayi 5 bulan cepat gemuk efektif adalah jangan berhenti memberikan si kecil ASI walau usianya sudah menginjak 5 bulan. Anda bisa memberikan ASI tersebut sekitar 3 sampai 4 kali dalam sehari sampai si kecil merasa kenyang.

Sedangkan jika si kecil tidak mau menyusu secara langsung, maka cobalah untuk memberikannya di botol susu. Untuk takarannya sendiri sekitar 700 sampai 750 ml setiap hari. Jika lebih sedikit takarannya maka waktu pemberiannya juga akan lebih banyak. Cara mengetahui kebutuhan ASI-nya sudah cukup atau belum adalah dengan melihat berapa kali si kecil buang air kecil. Normalnya adalah 4 sampai 5 kali dalam sehari.

  • Memberikan MPASI

MPASI harusnya memang diberikan pada si kecil yang berusia 6 bulan. Tapi dalam usia 5 bulan Anda sudah bisa memperkenalkan MPASI tersebut. Akan tetapi pastikan jika si kecil sudah menunjukkan rasa tertariknya pada makanan. Tandanya seperti membuka mulutnya saat diberi makan. Anda bisa memberinya 1 sampai 2 sendok bubur bayi organik. Selain itu coba untuk mencampurnya dengan susu formula atau ASI.

  • Air putih

Pemberian air putih juga sudah bisa Anda berikan pada si kecil saat ia mulai makan MPASI. Air putih ini juga sebagai cairan dalam tubuh si kecil agar ia tidak kekurangan cairan. Caranya dengan sedikit memberinya air putih saat makan bubur. Namun jangan memberinya terlalu banyak karena Anda membuat si kecil lebih cepat kenyang.

Makanan untuk Membantu Berat Badan si Kecil

Selain melakukan beberapa tips di atas untuk membantu berat badan si kecil agar bisa naik, Anda juga perlu untuk memberinya makanan tertentu. Tips agar bayi 5 bulan cepat gemuk dan sehat adalah dengan memberinya makanan yang mengandung kandungan tertentu yang bisa membuat berat badannya naik.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang bisa Anda gunakan:

  • Keju

Makanan pertama yang bisa Anda berikan pada si kecil adalah keju. Hal ini karena keju mengandung kalori yang cukup tinggi. Selain itu keju juga mengandung berbagai macam nutrisi seperti protein, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin A, hingga vitamin B12.

Kandungannya berupa vitamin dan juga kalsium akan bagus untuk perkembangan tulangnya. Selain itu vitamin B juga bagus untuk menjaga kesehatan kulitnya. Keju tersebut bisa Anda tambahkan pada makanannya sebagai campuran untuk memberikan sedikit rasa gurih. Misalnya memberikan potongan keju pada telur dadarnya.

  • Alpukat

Makanan selanjutnya yang juga bisa Anda gunakan untuk membantu agar berat badan si kecil naik adalah dengan alpukat. Dalam buah alpukat mengandung banyak nutrisi dan juga kalori hingga lemak sehat. Beberapa kandungan tersebut bagus untuk kesehatan dan kebutuhan kalorinya. Buah alpukat mengandung vitamin C, E dan A, serta juga ada lemak sehat, protein, seng, selenium dan juga karotenoid.

Kandungan berupa vitamin dan mineral tersebut bagus untuk membantu agar si kecil bisa tumbuh dan berkembang dengan sempurna. Buah alpukat sendiri akan mudah untuk diolah dan diberikan pada si kecil. Hal ini karena buah alpukat sendiri sudah memiliki daging buah dengan teksturnya yang halus a lembut, sehingga hanya perlu dihaluskan sedikit dan bisa langsung diberikan pada si kecil.

  • Pisang

Tips agar bayi 5 bulan cepat gemuk berat ideal selanjutnya adalah dengan memberi si kecil makan dari pisang. Pisang menjadi salah satu makanan MPASI yang paling banyak digunakan karena memang mudah untuk diolah. Selain itu si kecil pastinya juga akan menyukainya.

Dalam buah pisang mengandung karbohidrat yang bagus untuk menjaga stamina si kecil. Hal ini karena pada usia tersebut si kecil sangat aktif sehingga membutuhkan tenaga dan energi yang banyak. Anda bisa memberikan buah pisang tersebut secara langsung pada si kecil atau menggunakan bubur bayi organik dengan rasa pisang yang bisa lebih praktis.

  • Kuning telur

Kuning telur juga bisa memberikan asupan nutrisi yang bagus untuk si kecil. nutrisi tersebut berupa kalori yang juga bagus untuk membantu perkembangan otaknya. Anda bisa memberikan kuning telur pada si kecil dengan cara mencampurkannya pada bubur bayi organik atau dalam bentuk telur setengah matang.

Akan tetapi penting juga untuk memerhatikan apakah si kecil memiliki alergi atau tidak. Untuk itu lebih baik konsultasikan terlebih dahulu pada dokter mengenai pemberian kuning telur ini.

Si kecil yang berusia 5 bulan baiknya memiliki berat badan dan juga tinggi badan yang sesuai dengan usianya. Untuk itu Anda perlu melakukan beberapa tips agar bayi 5 bulan cepat gemuk.

Tips Lain agar Bayi Cepat Gemuk Namun Tetap Sehat

Selain itu pemberian beberapa jenis makanan tertentu juga bisa membantu dalam meningkatkan berat badan si kecil. Misalnya jika bayi sudah cukup umur, Anda bisa memberikan mereka bubur organik.

Salah satu produk yang sangat direkomendasikan yaitu bubur buatan ONIC FOOD. Mengapa?

  • Karena bebas pengawet
  • Juga bebas MSG
  • Banyak daging dan sayurnya yang bergizi
  • Tidak mudah berair
  • Tinggal dipanaskan dan langsung bisa dimakan
  • Dikemas praktis dan mudah dibawa kemana saja
  • Halal dan aman bagi bayi
  • Tersedia 14 varian rasa enak

Karena itulah jika si kecil sudah cukup umur menerima MPASI, Anda bisa memberikan asupan bernutrisi ini.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp