Blog

Tips Agar Bayi 6 Bulan Cepat Gemuk

Tips Agar Bayi 6 Bulan Cepat Gemuk – Si kecil yang memiliki berat badan gemuk pastinya  akan membuat orang tua senang. Namun gemuk di sini berarti si kecil memiliki berat badan yang sesuai dengan usianya.

Setiap usia si kecil mestinya memiliki ukuran berat badan standar yang juga sesuai dengan usianya. Usia tersebut bisa menjadi pertanda bahwa pertumbuhan si kecil bagus dan berkembang dengan baik. Oleh karenanya memang penting mengetahui berapa berat badan si kecil dan bagaimana cara untuk membuat si kecil bisa mencapai berat badan yang sesuai tersebut.

Tips Agar Bayi 6 Bulan Cepat Gemuk

Pada usia 6 bulan, bayi sudah bisa mengonsumsi MPASI atau makanan pendamping ASI yang berguna untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya yang sudah tidak bisa ia dapatkan dari ASI. Pemberian MPASI pertama pada si kecil ini tidak harus selalu dalam bentuk sereal. Ada beberapa dokter yang menyarankan untuk memberikan bubur sayuran atau bubur buah. Anda bisa menggunakan bubur bayi organik dalam kemasan yang lebih praktis.

Nantinya setelah beberapa bulan, si kecil sudah bisa Anda berikan berbagai jenis bubur yang berasal dari berbagai macam bahan makanan. Mulai dari kacang-kacangan, sayuran, buah, makanan laut, hingga daging.

Si kecil yang menolak untuk makan ketika mencoba MPASI pertama kali adalah hal yang wajar. Akan tetapi Anda perlu sabar untuk memberikan MPASI tersebut. Si kecil pastinya masih dalam tahap mencoba tekstur dan juga rasa yang asing tersebut sehingga memang wajar jika ia memilih-milih makanan.

Untuk itu penting bagi Anda memberikan berbagai macam jenis bubur untuk MPASI si kecil.

5 Tips Agar Bayi 6 Bulan Cepat Gemuk Dengan MPASI

  • Memulai dengan makanan yang sederhana

Selanjutnya yang penting saat pemberian MPASI adalah mulai dengan jenis makanan yang sederhana. Selain itu cobalah untuk memberikan si kecil makanan yang mengandung satu jenis bahan saja. Hal ini berguna untuk membantunya agar lebih mengenal dan juga mengingat rasa dari makanan tersebut.

Anda bisa memberikan jeda selama 2 sampai 3 hari dengan makanan yang sama. Tujuannya untuk melihat apakah si kecil mengalami reaksi seperti diare, kulitnya kemerahan atau alergi. Sehingga Anda bisa menghentikan pemberian jenis makanan tersebut jika ditemukan efek negatif pada tubuh si kecil.

  • Memenuhi kebutuhan gizinya

Jenis makanan yang penting diberikan sebagai menu MPASI si kecil adalah makanan yang bisa membantu untuk memenuhi kebutuhan gizi. Tips agar bayi 6 bulan cepat gemuk sehat juga dengan membantu memenuhi kebutuhan gizinya. Untuk si kecil pemerolehan zat besi dan zinc adalah jenis gizi yang sangat diperlukan untuk usianya yang masih dalam masa pertumbuhan.

  • Menambahkan sayur atau buah-buahan

Sayur dan juga buah-buahan menjadi salah satu sumber nutrisi yang baik untuk pertumbuhan si kecil. Untuk itu coba menggunakan sayuran atau buah dalam bubur bayi. Anda juga bisa menggunakan bubur bayi organik dengan kandungan sayur atau buah-buahan. Jadi Anda tidak perlu repot lagi untuk membuat bubur dengan campuran bahan tersebut.

  • Menggunakan sereal

Tips agar bayi 6 bulan cepat gemuk dengan MPASI selanjutnya adalah dengan memberikan si kecil makanan berupa sereal. Anda bisa mencampurkan 1 sendok makan sereal kemudian mencampurkannya dengan 60 ml ASI atau susu formula hingga berbentuk bubur. Anda bisa memberikannya sekitar1 atau 2 sendok setelah si kecil minum susu. Jangan lupa hindari untuk memaksanya jika si kecil memang kurang menyukainya.

  • Berikan bubur organik

Bubur organik sangat cocok untuk MPASI si kecil yang sudah cukup usia. Misalnya saja Anda memberikan bubur organik pabrikan ONIC yang mengandung nutrisi dari daging dan sayurnya. Bubur ini dikemas praktis karena tinggal dihangatkan. Selain itu terbuat dari bahan alami yang bebas MSG serta pengawet.

Anda dapat membeli bubur ini dengan 14 varian rasa enak yang pasti disukai si kecil. Bisa ditemukan dengan mudah di 40 outlets yang sudah tersebar di seluruh Indonesia, dapat juga dibeli secara online.

Tips Memberikan MPASI Pertama Untuk Si Kecil

Selain menggunakan beberapa cara di atas, Anda juga perlu memperhatikan untuk memberikan MPASI pertama pada si kecil.

  • Memberikan waktu

Pertama adalah memberikan waktu pada si kecil untuk mencoba MPASI pertamanya. Hal ini karena si kecil akan merasakan rasa dan juga tekstur yang asing untuk pertama kalinya. Jadi memang wajar jika ia membutuhkan penyesuaian. Jadi jangan pernah memaksanya untuk bisa menghabiskan MPASI tersebut.

  • Memberikan pujian

Tidak ada salahnya untuk memberikan pujian pada si kecil yang sudah mencoba menerima tekstur dan juga rasa dengan lebih cepat. Hal ini karena memang ada beberapa bayi yang bisa beradaptasi dengan cepat untuk MPASI pertamanya. Memberikan pujian juga bisa merangsang si kecil agar merasa proses makan tersebut menjadi lebih menyenangkan. Sehingga ia juga bisa makan dengan lebih mudah dan tanpa paksaan.

  • Biarkan si kecil makan sendiri

Mencoba membiarkan agar si kecil bisa makan sendiri juga menjadi hal yang penting. Hal ini untuk membuat si kecil merasa dihargai dan juga diperhatikan pada saat proses makannya. Si kecil yang mencoba makan sendiri biasanya bisa makan dengan lebih lahap. Jika si kecil terlihat ingin memegang sendok, maka coba berikan sendok makan tersebut dan bantu untuk menyuapkannya ke mulutnya.

  • Biarkan si kecil menunjukkan tanda lapar atau kenyangnya.

Kebanyakan orang tua yang menginginkan anaknya tumbuh dengan gemuk adalah memaksa si kecil untuk mau makan dalam porsi yang banyak. Sedangkan untuk bayi berusia 6 bulan dan baru memulai MPASI, hal ini sangat tidak disarankan. Biarkan si kecil menunjukkan kapan ia merasa lapar atau kenyang.

Jadi tips agar bayi 6 bulan cepat gemuk mau makan adalah dengan menghindari memaksa si kecil untuk menghabiskan makannya. Ketika ia merasa sudah kenyang maka hentikan saja pemberian makannya. Si kecil yang merasa dipaksa bisa stres dan bisa mempengaruhi berat badannya.

  • Sabar

Si kecil yang baru pertama kali mencoba MPASI memang akan rewel dan hal ini sudah biasa. Jadi Anda juga harus sabar dan selalu menawarkan makanan ketika ada kesempatan. Bahkan bisa saja harus melakukan percobaan selama 10 kali untuk membuat si kecil mau dan terbiasa dengan jenis makanan yang baru tersebut.

Akan ada hari dimana si kecil makan dengan lahap atau justru rewel dan sulit makan. Hal ini sangatlah wajar karena ia masih harus beradaptasi dengan tekstur dan rasa yang baru.

Si kecil yang baru pertama kali memulai MPASI memang harus diperhatikan dengan sabar. Hal ini berguna agar si kecil tidak kekurangan berat badan dan bahkan berat badannya bisa terus naik.

Untuk itu Anda bisa menggunakan beberapa tips agar bayi 6 bulan cepat gemuk di atas dan juga tips untuk pemberian MPASI pertama bagi si kecil yang berusia 6 bulan.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp