Blog

Tips Agar Bayi 6 Bulan Lahap Makan

Tips Agar Bayi 6 Bulan Lahap Makan – Pasti akan banyak halangan untuk si kecil yang baru mulai mencoba MPASI-nya di usia 6 bulan tersebut. Mulai dari makanan yang dimuntahkan, waktu makan yang terlalu lama, si kecil yang rewel hingga si kecil yang lebih suka bermain daripada makan. Berbagai macam masalah tersebut adalah hal yang wajar pada saat ia baru saja memulai MPASI.

Tips Agar Bayi 6 Bulan Lahap Makan

Oleh karenanya penting untuk Anda selalu sabar dan memberikan perhatian pada si kecil saat waktu makannya tiba. Masalah tersebut ada karena sebagai bentuk atau upaya si kecil untuk beradaptasi dengan rasa dan juga tekstur makanan yang baru.

Jadi hal ini sangatlah wajar. Untuk membuat si kecil bisa makan dengan lahap saat memulai MPASI pertamanya, maka berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

Cara atau Tips agar Bayi 6 Bulan Lahap Makan

  • Biarkan si kecil memilih makanannya sendiri

Biasanya kebanyakan orang tua tidak memperbolehkan si kecil untuk memilih-milih makanannya. Namun hal ini justru harus dihindari. Biarkan jika si kecil menolak makanannya karena tidak suka. Anda harus tetap menyediakan MPASI dengan bentuk, rasa dan juga jenis yang berbeda.

Biarkan ia memilih sendiri MPASI yang disukainya karena berarti ia masih bereksplorasi dengan tekstur dan juga rasa dari MPASI tersebut. Salah satunya dengan membiarkan si kecil melakukan finger food atau makan dengan tangannya sendiri. Hal ini sebagai bentuk ia bereksplorasi dengan makanan tersebut. Akan tetapi Anda juga harus siap menyuapinya saat ia lebih tertarik untuk bermain dengan makanan tersebut.

  • Mengetahui cara makan yang disukai si kecil

Tips agar bayi 6 bulan lahap makan bubur adalah dengan mengetahui cara makan yang disukai oleh si kecil. Mencoba membiasakan si kecil makan dengan duduk memang penting, namun Anda juga perlu melakukan beberapa hal lainnya jika ia sudah mulai bosan.

Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan seperti makan sambil mengobrol, mengajaknya bercerita, hingga makan sambil bernyanyi. Hal ini bertujuan untuk membuat suasana makan menjadi lebih menyenangkan. Sehingga si kecil tidak akan merasa proses makan adalah suatu hal yang membosankan.

  • Cukup satu orang saja

Ketika memberi makan si kecil cukup dilakukan oleh satu orang saja dan dengan orang yang sama. Hal ini berguna agar ia bisa mengetahui kebiasaan si kecil saat makan, jenis makanan yang ia sukai, rasa makanan yang disukai hingga tekstur makanannya.

Selain itu, hal ini juga bagus untuk membantu agar si kecil merasa nyaman saat proses makan itu. Dalam kata lain, kegiatan ini juga bisa membantu untuk menjalin komunikasi dan juga bonding antara si kecil dan juga Anda.

  • Makan bersama-sama

Membuat suasana makan yang menyenangkan sangatlah penting untuk si kecil. hal ini berguna agar si kecil tidak merasa proses makan adalah proses yang menyeramkan. Jadi tips agar bayi 6 bulan lahap makan MPASI adalah dengan mengajaknya untuk makan bersama-sama.

Si kecil yang makan bersama dengan keluarga bisa memberikan kesan nyaman dan menyenangkan untuknya. Terutama jika dilakukan beramai-ramai. Anda bisa tetap makan di depan si kecil sambil beberapa waktu menyelingi untuk menyuapinya dengan bubur bayi organik.

  • Memberikan batasan waktu untuk makan sekitar 30 menit

Setelah 30 menit, biasanya si kecil akan merasa kenyang. Hal ini karena tubuhnya akan mengirim sinyal pada otak untuk mengatur rasa kenyang setelah 30 menit. Jadi kemungkinan si kecil juga akan menolak untuk makan lagi setelah 30 menit.

Jika dalam waktu 30 menit tersebut si kecil makan dengan jumlah yang sedikit dan ia rewel setelah itu, maka coba untuk menawarkan makan kembali. Anda tidak harus selalu berpatok pada jadwal, berikan makan saat si kecil merasa lapar dan hentikan jika ia sudah merasa kenyang.

Contoh Makanan yang Membantu Menambah Berat Badan si Kecil

Selain melakukan beberapa cara di atas, ada juga beberapa makanan yang memang bisa membantu untuk meningkatkan berat badan si kecil. makanan tersebut pastinya harus dikonsumsi secara rutin agar hasilnya lebih signifikan. Berikut adalah beberapa makanan yang bisa Anda gunakan sebagai campuran dalam menu MPASI-nya:

  • Bubur Organik

Bubur organik pada umumnya terbuat dari bahan-bahan alami seperti daging, buah dan sayur. Jika Anda terlalu repot membuat bubur organik sendiri maka bisa beli bubur organik dalam kemasan atau mangkuk seperti bubur ONIC.

Bubur ini juga dibuat dari bahan alami ditambah lagi bebas MSG dan pengawet sehingga tetap aman bagi bayi. Selain itu rasanya dijamin enak dan tidak terlalu cair. Tersedia dalam 14 varian rasa dengan tambahan banyak daging dan sayuran.

  • Keju

Jenis makanan pertama yang bisa Anda sajikan pada si kecil untuk membantu meningkatkan berat badannya adalah dengan menggunakan keju. Keju menjadi olahan susu yang bisa memberikan tambahan berupa kalori.

Selain itu kandungan berupa kalsium dan juga protein bagus untuk membantu kesehatan gigi dan tulangnya yang masih dalam masa pertumbuhan. Anda bisa menambahkan keju dengan cara mencampurnya dalam bubur sebagai taburan. Keju juga bisa memberikan rasa yang gurih sehingga akan lebih disukai si kecil.

  • ASI

Pemberian ASI tidak hanya sampai 6 bulan saja. si kecil yang sudah berusia 6 bulan juga penting untuk mengonsumsi ASI walaupun sudah ada MPASI. Kandungan dalam ASI tersebut bagus untuk membantu si kecil meningkatkan berat badannya.

Sehingga di usianya yang 6 bulan ia bisa mendapatkan berat badan yang ideal dimana tidak terlalu gemuk atau tidak kekurangan berat badan juga. Jadi pemberian ASI di antara MPASI ini juga bisa menjadi tips agar bayi 6 bulan lahap makan cepat gemuk.

  • Alpukat

buah-buahan juga ada yang bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan berat badan si kecil. Dalam buah alpukat, mengandung beberapa nutrisi yang bagus untuk tubuh seperti asam lemak omega 3 dan juga lemak sehat. Selain itu kandungan berupa vitamin E juga bagus untuk kesehatan kulitnya.

Anda bisa menggunakan alpukat sebagai camilan atau juga bisa digunakan dalam bentuk puree. Tekstur dari buah alpukat yang lembut akan memungkinkan si kecil untuk mengonsumsinya dengan lebih mudah.

  • Biji-bijian

Berbagai macam biji-bijian juga mengandung lemak baik berupa asam omega 3 dimana sangat bagus untuk pertumbuhan si kecil. untuk mengolah biji-bijian tersebut Anda bisa memasaknya dengan bubur dan juga ditambahkan dengan lauk yang mengandung protein nabati atau hewani, lemak dan juga kalsium. Jenis biji-bijian yang bisa Anda gunakan seperti chia seed dan flexseed.

Si kecil yang lahap saat makan bisa menimbulkan rasa senang untuk orang tua. Akan tetapi tidak semua bayi lahap untuk makan MPASI. Untuk itu Anda bisa menggunakan tips agar bayi 6 bulan lahap makan di atas.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp