Blog

Tips Agar Bayi 6 Bulan Mau Makan

Tips Agar Bayi 6 Bulan Mau Makan – Ketika sudah memasuki usia 6 bulan, si kecil sudah diperbolehkan untuk mengonsumsi sumber nutrisi yang berasal selain dari ASI. Dalam hal ini adalah makanan pendamping ASI atau MPASI. MPASI tersebut berupa makanan yang diolah menjadi bubur atau puree.

Penggunaan MPASI tersebut memang digunakan agar si kecil bisa tetap mendapatkan asupan gizi dan juga nutrisi yang harus ia dapatkan lebih dari ASI. Oleh karena itu MPASI ini sangat penting untuk usia 6 bulan ke atas.

Tips Agar Bayi 6 Bulan Mau Makan

Namun tidak semua bayi akan lancar pada saat pemberian MPASI pertamanya. Hal ini karena si kecil pastinya masih harus menyesuaikan rasa dari makanan tersebut. Bahkan sering kali si kecil juga sangat rewel untuk mencoba MPASI tersebut. Untuk itu berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar si kecil mau makan MPASI-nya.

Apa Saja Tips Agar Bayi 6 Bulan Mau Makan Lahap?

  • Jangan memaksa si kecil

Pertama yang penting untuk dilakukan adalah hindari untuk memaksa si kecil makan MPASI nya. Terutama memaksa si kecil untuk menghabiskan bubur tersebut. Si kecil yang masih berusia 6 bulan sangat butuh penyesuaian dengan jenis, rasa dan juga tekstur dari makanan baru tersebut.

Oleh karenanya Anda harus benar-benar sabar saat mengenalkan berbagai macam rasa MPASI. Bahkan ada juga beberapa anak yang belum siap menerima MPASI walaupun sudah berusia 6 bulan.

Si kecil masih sangat membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan bubur atau makanan pengganti ASI tersebut. Anda perlu menyuapinya dengan perlahan dan juga sabar. Anda juga bisa mencoba agar suasana makan tersebut bisa menyenangkan sehingga si kecil juga akan menikmati proses untuk makan tersebut. Jika si kecil menolak untuk makan, jangan dipaksa dan Anda bisa mencobanya lagi besok.

  • Memberikan makanan dengan tekstur secara perlahan

Tips agar bayi 6 bulan mau makan bubur adalah dengan mengenalkan si kecil bubur dengan tekstur secara perlahan. Si kecil memiliki kemampuannya sendiri dalam mengonsumsi dan mengolah tekstur dari makanan tersebut. Oleh karenanya penggunaan tekstur makanan juga harus disesuaikan dengan usianya.

Misalnya untuk si kecil yang berusia 6 sampai 9 bulan, akan lebih menggunakan jenis bubur bayi organik dengan tekstur yang lembut dan juga kental seperti bubur. Kemudian untuk si kecil yang berusia lebih dari 9 bulan hingga 1 tahun, sudah bisa mengonsumsi makanan yang sama dengan orang dewasa. Anda sudah bisa memberikan makanan dengan tekstur yang sedikit lebih kasar.

  • Memvariasikan menu makannya

Selanjutnya yang juga penting untuk dilakukan adalah memvariasikan menu makanannya. Si kecil mungkin akan merasa bosan dengan menu yang biasanya Anda gunakan secara terus menerus. Untuk itu penting bagi Anda agar bisa mengkreasikan berbagai macam jenis bahan makanan untuk menu MPASI si kecil.

Selain itu berbagai macam olahan makanan juga bagus untuk membantu mengenalkan berbagai macam tekstur dan rasa dari makanan tersebut. Jika Anda tidak memiliki cukup waktu maka lebih baik menggunakan bubur bayi organik yang memiliki berbagai macam jenis varian rasa dan juga tekstur untuk menu MPASI si kecil. Jangan lupa untuk memberikan si kecil MPASI 4 bintang untuk membantu terpenuhinya kebutuhan nutrisi si kecil.

  • Coba berikan bubur organik

Bubur organik seperti buatan ONIC FOOD tersedia dalam 14 varian rasa yang biasanya disukai si kecil. Anda bisa memberikan produk ini untuk bayi yang sudah siap menerima MPASI. Apalagi bubur ini juga tersedia dengan pelengkap lainnya seperti puding maupun sop.

Bubur ini bebas pengawet dan MSG, tidak terlalu cair dan dikemas praktis. Orang tua yang kerepotan memberi makan bayi, bisa menyediakan bubur ini untuk anak.

Tips Mengenalkan Makanan Baru Pada Si Kecil

Selain beberapa tips di atas, Anda juga perlu mengetahui beberapa tips untuk mengenalkan makanan baru pada si kecil yang baru memulai MPASI-nya:

  • Mengenalkan sayuran terlebih dulu

Kebanyakan anak kecil nantinya saat sudah beranjak dewasa kurang menyukai makan sayur. Hal ini dikarenakan pada saat bayi masih belum dibiasakan untuk makan sayuran sehingga pada saat dewasa ia kurang menyukai sayuran. Untuk itu jenis makanan pertama kali yang bisa Anda kenalkan pada si kecil adalah sayuran.

Coba tim sayuran dan haluskan kemudian dicampurkan dengan bubur nasi. Jika Anda ingin yang lebih praktis, maka juga bisa menggunakan bubur bayi organik. Coba kenalkan 2 sampai 3 jenis sayuran yang berbeda dalam satu minggu pada si kecil, baru Anda bisa mencoba memberikan jenis hidangan yang lainnya.

  • Memperkenalkan satu persatu jenis makanan

Tips agar bayi 6 bulan mau makan MPASI yang selanjutnya adalah dengan mengenalkan jenis makanan secara satu persatu. Dalam hal ini maksudnya adalah dengan menggunakan satu jenis makanan saja untuk dikenalkan. Hal ini bertujuan agar si kecil bisa dengan mudah mengingat rasa dan juga tekstur dari jenis hidangan tersebut.

Selain itu juga bertujuan untuk mengetahui apakah si kecil memiliki alergi atau tidak dengan makanan tersebut. Jadi hindari untuk mencampurkan makanan berupa buah dengan sayuran atau sayuran dengan daging. Masa uji coba atau lamanya pemberian menu tersebut adalah kurang lebih selama 1 minggu. Jadi si kecil tidak hanya terbiasa dengan jenis makanan tersebut namun juga hafal dengan rasanya.

  • Memeriksa apakah ada alergi atau tidak

Selanjutnya adalah dengan memeriksa apakah ada alergi atau tidak dari makanan yang sudah dikonsumsi. Dikarenakan tidak semua anak bisa dengan mudah menerima berbagai macam makanan yang Anda buat. Jadi lebih baik perhatikan dengan benar apakah timbul alergi setelah mengonsumsi jenis makanan tertentu.

Biasanya jenis makanan yang sering menimbulkan alergi adalah udang, seafood, ayam, telur dan kacang-kacangan. Jika si kecil sudah menunjukkan gejala alergi maka lebih baik segera membawanya ke dokter dan menghentikan pemberian jenis makanan tersebut.

  • Mengajaknya makan bersama

Mengajak si kecil untuk makan bersama juga termasuk dalam tips agar bayi 6 bulan mau makan dengan lahap. Anda bisa mengajaknya dengan makan bersama keluarga. Hal ini akan membuat si kecil merasa lebih diperhatikan dan juga merasa diajak atau dilibatkan saat makan. Sehingga si kecil bisa merasa senang dan bisa menghabiskan makanannya. Jika si kecil sudah kuat atau bisa untuk duduk sendiri, maka coba untuk menggunakan kursi bayi.

  • Memberikan rentang waktu untuk mengenal makanan

Tips agar bayi 6 bulan mau makan yang terakhir adalah dengan memberikan rentang waktu untuk si kecil bisa mengenal berbagai macam makanan. Si kecil yang suka dengan berbagai macam jenis makanan memang bagus. Namun bukan berarti Anda bisa memberikan jenis MPASI yang berbeda setiap harinya. Berikan rentang waktu sekitar 2 sampai 3 hari untuk satu jenis makanan.

[Total: 3   Average: 5/5]
Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 082125243680
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp