Blog

Tips Agar Bayi 7 Bulan Cepat Gemuk

Tips Agar Bayi 7 Bulan Cepat Gemuk – Memasuki usia 7 bulan bayi semakin aktif dan responsif. Berat badannya pun berangsur-angsur bertambah terlihat dari pipinya yang chubby. Bayi juga tidak gampang sakit meski di musim hujan.

Sayangnya tidak semua bayi menunjukkan pertambahan berat badan secara signifikan. Sebagai orang tua, tentu Anda khawatir bayi sakit atau kekurangan gizi. Menghindari kemungkinan buruk tersebut, simak beberapa tips merawat bayi agar lekas gemuk.

Tips Agar Bayi 7 Bulan Cepat Gemuk

Ini Dia 4 Tips agar Bayi 7 Bulan Cepat Gemuk

  • Berikan ASI secara rutin

Bayi 7 bulan mungkin sudah bisa menerima MPASI tapi pemberian ASI juga penting dan perlu dilakukan setiap hari. Karena semakin bertambahnya usia, bayi semakin aktif bergerak bahkan belajar merangkak.

Pemberian ASI secara tidak langsung turut mempengaruhi asupan nutrisi harian bayi. Agar ASI yang dikonsumsi bayi berada dalam kondisi terbaik, para ibu wajib menjaga asupan dan kesehatan tubuhnya secara optimal.

Kelelahan dan stres juga bisa mempengaruhi kualitas ASI bayi. Percuma memberikan ASI rutin jika kualitas atau kandungan ASI-nya kurang bagus.

  • Berikan MPASI terbaik

Memberikan MPASI pada bayi 7 bulan bukan hal aneh di Indonesia. Tips agar bayi 7 bulan cepat gemuk dan sehat ini juga diturunkan secara turun temurun dari generasi ke generasi.

Ketika berencana memperbaik bayi MPASI, pilih jenis makanan yang kaya akan nutrisi. Terutama karbohidrat, vitamin, serat dan lainnya. Lebih baik lagi jika MPASI yang Anda buat timbangannya setara 50:50 antara karbohidrat dengan lauk pendamping.

Misalnya lauk dan sayuran yang masing-masing 2 sdm diimbangi karbohidrat sebanyak 4 sdm. Selain memberikan bayi makanan berat, belajarlah untuk menyiapkan camilan sehat. Camilan sehat bisa Anda berikan maksimal 2x dalam sehari.

  • Buat jadwal konsumsi MPASI yang jelas

Memilihkan bahan makanan terbaik untuk MPASI memang penting. Tapi menjadwalkan kapan tepatnya waktu pemberian MPASI juga tidak kalah pentingnya. Silahkan berikan MPASI 2-3x dalam sehari dan sesuaikan pula porsinya.

Kandungan gizi yang terkandung dalam MPASI harus jelas dan terencana. Bila sulit memutuskan jadwal dan varian menu MPASI, mintalah dokter atau ahli gizi untuk melakukannya.

Pengetahuan yang dimiliki para ahli jauh lebih aman untuk kesehatan bayi Anda di masa depan. Terutama jika pengalaman MPASI kali ini adalah pengalaman Anda yang pertama. Sehingga Anda tidak memiliki perbandingan sama sekali.

  • Bisa berikan bubur organik

Untuk bayi yang sudah bisa diberi MPASI berupa bubur dapat dicoba asupan bubur organik. Bubur ini aman bagi bayi karena terbuat dari bahan alami yang bebas MSG dan pengawet. Contohnya seperti bubur organik ONIC yang tersedia dalam 14 varian rasa serta mengandung banyak daging dan sayur. Silakan siapkan hanya tinggal dipanaskan saja sebelum diberikan pada bayi.

7 Daftar Makanan yang Buat Bayi 7 Bulan Cepat Gemuk

Menggunakan jasa ahli gizi untuk memenuhi asupan nutrisi bayi merupakan tindakan terpuji. Sebagai informasi tambahan tips agar bayi 7 bulan cepat gemuk dengan efektif. Simak contoh MPASI terbaik bayi 7 bulan berikut:

Manfaat Bubur Organik Untuk Bayi

  • Mentega/ Margarin

Bagi orang dewasa, mentega atau margarin merupakan bahan makanan wajib untuk membuat kue atau menumis makanan. Namun tahukah Anda jika keduanya juga baik untuk meningkatkan berat badan bayi?

Mentega dan margarin kaya akan vitamin A, vitamin D, protein dan vitamin B1. Kandungan baik dalam mentega atau margarin tidak akan rusak jika Anda menambahkannya langsung pada makanan masak. Bukannya dipanaskan atau digunakan sebagai alat menumis.

  • Daging Ayam

Sejak kecil, bayi harus diajarkan mengenali berbagai jenis makanan dari segi tekstur maupun rasanya. Daging ayam merupakan salah satu bahan makanan terbaik untuk tambah berat badan bayi.

Proses pengolahan daging ayam untuk bayi 7 bulan pun sangat lengkap dan bervariasi. Anda bisa menemukannya pada internet atau resep makanan khusus bayi. Daging ayam pun bukan termasuk bahan makanan langka di Indonesia.

  • Pisang

Usia 7 bulan sudah cukup untuk memberikan makanan padat seperti pisang pada bayi. Agar bayi semakin mudah menelan makanannya, lumatkan pisang hingga lembut atau masak menjadi bubur pisang. Usahakan untuk menghindari penggunaan banyak pemanis buatan.

Kandungan lemak, karbohidrat, gula dan protein pada pisang baik untuk menambah berat badan bayi. Rasa manis pisang juga tidak dibenci bayi 7 bulan. Mereka justru menyukainya karena pisang memiliki rasa manis alami.

  • Daging Sapi

Membuat MPASI dari daging ayam setiap harinya terasa membosankan bukan? Lantas, mengapa Anda tidak mencoba daging sapi? kandungan lemak dan zat besi pada daging sapi baik untuk pertumbuhan si kecil.

Tekstur daging sapi juga sangat lembut dan mudah dicerna jika Anda mengolahnya dengan baik dan benar. Saat kesulitan memilih menu MPASI dari daging sapi, mintalah saran dari resep internet. Anda juga bisa belajar pada orang yang lebih ahli dan berpengalaman.

  • Kentang

Tips agar bayi 7 bulan cepat gemuk MPASI berikutnya dengan memberikan karbohidrat pengganti. Daripada memberikan bayi roti, Anda bisa menggantinya dengan kentang. Selain harganya murah, kentang juga bisa diolah menjadi berbagai makanan lezat.

Selain kaya akan karbohidrat, kentang juga mengandung glutamine dan arginine yang konon dapat membuat bayi cepat gemuk. Jadikan kentang sebagai karbohidrat utama diseling dengan nasi tim. Sehingga bayi Anda tidak merasa bosan saat menikmati MPASI.

  • Telur

Tidak punya referensi MPASI yang baik untuk bayi? Telur bisa menjadi pilihan yang paling tepat. Selain lebih murah dari daging ayam atau daging sapi, telur juga tidak kalah bergizi. Beli telur ayam dan telur bebek dan olah keduanya menjadi MPASI.

Dalam satu butir telur terkandung berbagai zat gizi mulai dari Vitamin B12, Vitamin A, folate, kalsium, fosfor dan sebagainya. Mengolah telur sebagai MPASI juga jauh lebih mudah. Anda bahkan tidak perlu mengkhawatirkan teksturnya seperti memasak daging sapi.

  • Alpukat

Rekomendasi MPASI terakhir adalah buah alpukat. Buah ini bisa Anda berikan selang seling dengan pisang. Tidak hanya memberikan alpukat matang secara langsung pada bayi setelah dihaluskan. Anda juga bisa mengolah alpukat menjadi makanan lainnya.

Seperti bubur alpukat atau camilan alpukat. Anda juga bisa menambahkan bahan makanan lain untuk meningkatkan gizi dan citarasa. Sehingga bayi tidak mudah bosan dan menolak MPASI yang diberikan padanya.  Kondisi ini akan mempengaruhi nafsu makan dan bobot bayi.

Memberikan makanan pada bayi 7 bulan bukan perkara mudah tapi juga tidak mustahil dilakukan. Intinya, ibu harus memahami dengan baik porsi atau kebutuhan nutrisi bayi. Tidak bisa sembarangan mendengarkan saran orang luar atau mengambil keputusan seorang diri.

Mintalah saran dari ahli gizi atau dokter anak sebagai referensi utama. Ini penting guna menghindari diare atau masalah pencernaan lainnya selama MPASI diberikan. Apabila Anda melakukan tips agar bayi 7 bulan cepat gemuk di atas, niscaya berat badan bayi akan naik secara signifikan.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp