Blog

Tips Agar Bayi 7 Bulan Tidur Nyenyak

Tips Agar Bayi 7 Bulan Tidur Nyenyak – Orang dewasa membutuhkan istirahat selama 8 jam setiap hari. Sementara bayi 7 bulan memiliki jam tidur lebih lama hingga 14 jam, 11 jam tidur malam dan sisanya tidur siang.

Apa yang harus orang tua lakukan jika bayi menunjukkan gejala sulit tidur? Anda tidak perlu merasa stres atau khawatir berlebihan. Alangkah bijaksananya jika Anda mencoba beberapa tips berikut.

Tips Agar Bayi 7 Bulan Tidur Nyenyak

Tips Agar Bayi 7 Bulan Tidur Nyenyak dan Tidak Rewel

  1. Hindari Kebiasaan Sengaja Membangunkan Bayi

Mau tidur siang atau malam, usahakan untuk tidak membangunkan bayi sebelum waktunya. Selucu apa pun bayi Anda sewaktu tidur, cobalah menahan diri untuk tidak menyentuh mereka. Karena gerakan sekecil apa pun terkadang bisa membangunkan bayi dari tidur lelap mereka. Pastikan pula bayi tidur dalam posisi ternyamannya.

  1. Bentuk Rutinitas Tidur Bayi

Seperti MPASI yang dibuatkan jadwal rutin lakukan hal yang sama untuk jam tidur bayi. Buatlah kebiasaan atau rutinitas tidur yang diingat oleh si kecil. Cara ini membantu bayi tidur terlelap ketika waktu tidurnya tiba. Rutinitas tidur yang harus Anda perhatikan di antaranya:

  • Ajaklah bayi Anda tidur siang di jam yang sama setiap harinya.
  • Hindari juga kebiasaan buruk mengajak bayi tidur menjelang sore hari karena khawatir bayi akan terbangun di malam hari.
  • Terakhir tempatkan bayi di tempat tidur atau ruangan yang sama setiap kali Anda menidurkan bayi. Terkecuali jika Anda harus bepergian ke luar kota.
  1. Utamakan Keamanan

Tips agar bayi 7 bulan tidur nyenyak di malam hari tidak terlalu rumit, cukup dengan mengutamakan keamanan. Anda tentu tidak ingin bukan bayi terbangun mendadak karena terjatuh?

Tempat tidur ternyaman bagi bayi adalah tempat tidur bayi. Hindari menidurkan bayi di ranjang orang dewasa, sofa apalagi lantai. Selain menempatkan bayi pada alas yang tepat perhatikan pula dekorasi ruangannya.

Jangan menggunakan dekorasi atau desain interior yang terlalu berlebihan. Ini penting guna menghindari SIDS pada bayi. Jika memungkinkan, biarkan bayi tidur sendiri tidak berbagi ranjang dengan anak maupun hewan peliharaan Anda.

  1. Pastikan bayi tidak lapar

Perut bayi yang lapar kadang membuat bayi jadi susah tidur dan karenanya Anda wajib memastikan bahwa si kecil sudah makan dan kenyang sebelum jam tidur. Anda dapat memberikannya asupan bergizi seperti bubur organik ONIC. Bubur ini dikemas praktis dan tinggal dipanaskan saja untuk diberikan sehingga cepat dihidangkan. Selain itu bebas MSG dan pengawet sehingga aman bagi bayi.

  1. Lihat Gejala Bayi Mengantuk

Selanjutnya, tanda bayi mengantung. Cara ini tidak begitu sulit, karena hampir semua bayi memperlihatkan gejala yang sama. Seperti menguap, menangis, menggosok matanya bahkan rewel.

Orang tua baru yang masih belajar pun bisa melihat dan mengetahui gejala bayi mengantuk dengan baik. Anda hanya perlu menjadi pengamat yang baik. Hindari pula kebiasaan buruk membiarkan bayi kelelahan hanya untuk membuat bayi mengantuk.

Jangan paksakan rutinitas buruk ini karena akan menjadi kebiasaan hingga anak beranjak dewasa. Perhatikan gejala bayi mengantuk agar rutinitas tidur bayi tidak terganggu.

  1. Jatah Tidur Harus Mencukupi

Tips agar bayi 7 bulan tidur nyenyak sepanjang malam sebenarnya tidak sulit. Cukup berikan jatah tidur mencukupi sesuai usia bayi. Di usianya yang ketujuh bulan, bayi tidak boleh tidur kurang dari 11 jam setiap malamnya.

Tapi bukan berarti juga Anda biarkan tidur lebih dari 11 jam lamanya. Pemilihan waktu tidur harus tepat dan cermat. Perhatikan pula pola tidur bayi mengingat setiap bayi memiliki pola tidur yang berbeda-beda.

  1. Kurangi Kebiasaan Menyusui Sebelum Bayi Tidur

Selain membiarkan bayi bermain hingga lelah lantas menidurkannya. Hindari pula kebiasaan memberikan ASI atau susu formula sebelum bayi tidur. Kegiatan ini tanpa Anda sadari membentuk kebiasaan baru yang melekat dan sulit dilepaskan begitu saja.

Sehingga si kecil tidak akan bisa tidur nyenyak bahkan tidak mau tidur jika Anda belum memberikan ASI atau susu. Bentuk kebiasaan tidur yang lebih baik bagi si kecil. Seperti membacakan bayi dongeng atau bermain sejenak.

  1. Baringkan Sebelum Bayi Terlelap

Banyak bayi yang tidak bisa lepas dari tangan sang ibu alhasil bayi harus ditimang-timang terlebih dahulu sebelum tidur nyenyak. Kondisi ini bisa menjadi bumerang di kemudian hari. Bayangkan jika ibu bayi harus pergi karena alasan tertentu. Lantas bagaimana dengan jam tidur bayi?

Hindari kondisi tersebut dengan membiasakan membaringkan bayi mengantuk di atas ranjang. Cara ini membantu bayi mengenali tempat tidur dengan baik. Juga menghindari bayi rewel ketika terbangun di malam hari.

  1. Waspadai Power Nap

Tips agar bayi 7 bulan tidur nyenyak dan pulas selanjutnya dengan menghindari power nap. Tidur-tidur ayam bukan rutinitas yang baik bagi si kecil karena akan mengganggu kualitas tidur bayi.

Selain kurang tidur, bayi juga bisa mengalami rasa tidak nyaman atau pusing ketika tidak sengaja terbangun dari power nap. Daripada mengajak bayi power nap akan lebih baik mengutamakan tidur nyenyak setiap hari.

Itulah sembilan tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga bayi 7 bulan tidur nyenyak. Lakukan seluruh tipsnya dengan baik hingga bayi mendapatkan kualitas dan kuantitas tidur yang seharusnya.

Perhatikan Pengaruh Posisi Tidur Bagi Bayi

Selain belajar merangkak, bayi 7 bulan juga belajar tidur dalam posisi yang berbeda-beda tidak melulu telentang. Selengkapnya mengenai posisi tidur bayi simak berikut.

  • Posisi Tidur Telentang

Posisi tidur telentang adalah posisi tidur paling dasar dan umum yang dilakukan oleh semua orang. Mulai dari bayi 0 bulan hingga lansia. Posisi tidur telentang tanpa berubah dilakukan oleh bayi usia 0-3 bulan. Tahukah Anda jika posisi tidur telentang baiknya dilakukan hingga bayi 6 bulan?

Pendapat ini disampaikan oleh NICHD yang beropini posisi tidur telentang adalah posisi tidur terbaik bagi bayi hingga 6 bulan. Meski tidak mustahil juga bayi usia 7 bulan ke atas akan memilih tidur telentang karena faktor kenyamanan.

  • Posisi Tidur Tengkurap

Berbeda dari posisi tidur telentang yang direkomendasikan oleh NICHD. Posisi tidur tengkurap justru banyak pro dan kontranya. Alasan utamanya karena posisi tidur ini menjadi penyebab utama sindrom kematian bayi mendadak.

Mengapa? Saat bayi tidur dalam posisi tengkurap, bayi tidak bisa bernapas dengan baik. Mengingat wajah dan kasur berjarak sangat dekat. Sementara kebutuhan oksigen sangat penting bagi manusia termasuk bayi yang masih kecil.

  • Posisi Tidur Miring

Dan posisi tidur terakhir adalah posisi tidur miring yang juga tidak banyak direkomendasikan. Alasan utama posisi tidur ini dilarang, karena dikhawatirkan mengakibatkan bayi tidur tengkurap setelah tidur miring.

Apalagi jika bayi Anda adalah anak yang sangat aktif. Jika sulit mengubah kebiasaan tidur miring si kecil. Siasati dengan menempatkan bantal atau guling di sisi kiri dan kanan bayi.

Sehingga bayi tidak akan berubah tidur tengkurap ketika banyak bergerak. Semoga tips agar bayi 7 bulan tidur nyenyak di atas bisa membantu bayi Anda tidur dengan baik setiap harinya.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp