Blog

Tips Agar Bayi 8 Bulan Lahap Makan

Tips Agar Bayi 8 Bulan Lahap Makan – Si kecil yang tidak mau makan adalah hal yang wajar. Hal ini membuat ibu harus berusaha keras agar ia mau makan. Namun si kecil yang suka melepeh makanan adalah hal yang wajar atau biasa. Dikarenakan si kecil masih dalam kondisi yang memilih-milih makanan untuk beradaptasi dengan rasa dari makanan tersebut.

Akan Tetapi bukan berarti Anda harus membiarkan hal ini terjadi secara terus menerus. Perlu adanya tindakan untuk membuat si kecil mau makan lagi dengan lahap. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat si kecil agar mau makan lagi.

Tips Agar Bayi 8 Bulan Lahap Makan

10 Tips Agar Bayi 8 Bulan Lahap Makan dan Sehat

  1. Menjadwalkan makan malamnya

Pertama yang bisa Anda lakukan adalah mencoba menjadwalkan makan malamnya. Makan malam untuk si kecil tidak harus selalu dengan jenis makanan yang mewah. Anda cukup bisa memberikan roti, nasi, gandum dan lainnya. Jangan lupa juga untuk menambahkan berbagai macam sayuran atau buah-buahan.  Makanan dengan sumber protein juga harus Anda perhatikan seperti menggunakan kacang-kacangan, daging hingga keju.

  1. Mengatur jadwal makannya

Tips agar bayi 8 bulan lahap makan MPASI adalah dengan mengatur jadwal makannya. Si kecil yang sudah memiliki jadwal makan dengan pasti akan membantunya agar terbiasa dengan jadwal tersebut.

Umumnya si kecil akan makan tiga sampai empat kali dalam sehari. Hal ini mencakup tiga kali makan besar, dua kali untuk camilan dan juga asupan untuk kebutuhan cairannya yang berasal dari ASI.

  1. Mengenalkan si kecil pada makanan baru

Si kecil yang sudah berusia 8 bulan hendaknya sudah mulai mencoba berbagai macam rasa dari sebuah makanan. Untuk itu memang sangat penting apabila Anda mulai mengenalkan berbagai macam rasa dan juga tekstur dari berbagai macam makanan.

Namun Sebaiknya untuk mengenalkannya juga harus secara perlahan. Anda bisa mencoba memberikan menu baru pada si kecil ketika ia sudah mencoba satu jenis makanan dalam kurun Waktu Satu minggu. Waktu tersebut berguna agar si kecil benar-benar mengingat rasa dan juga tekstur dari suatu makanan. Anda bisa menggunakan bubur bayi organik dalam kemasan yang memiliki berbagai macam jenis varian rasa dan juga tekstur.

  1. Menjadi contoh untuk si kecil

Si kecil yang berusia 8 bulan akan suka untuk menirukan hal yang orang tuanya lakukan. Salah satunya adalah ketika memilih jenis makanan. Oleh karena itu tips agar bayi 8 bulan lahap makan sampai habis adalah dengan menjadi contoh untuk si kecil.

Jika Anda menyukai makan sayuran, maka kemungkinan besar si kecil juga akan mulai mencoba dan menyukai untuk makan sayuran juga. Anda bahkan bisa mengajak si kecil untuk makan bersama-sama dengan menu yang juga hampir sama. Hal ini bertujuan agar si kecil merasa nyaman dan juga senang saat makan bersama-sama.

  1. Memberikan bubur organik

Jika Anda ingin menyiapkan asupan praktis yang bernutrisi maka Anda bisa memberikan mereka bubur organik ONIC. Bubur ini dibuat dari bahan alami termasuk daging dan sayuran yang bergizi. Produk ini juga aman bagi bayi karena bebas pengawet maupun MSG ditambah lagi tersedia dalam 14 varian rasa berbeda.

Anda bisa memilihkan varian rasa yang pasti disukai si kecil. Kelebihan bubur ini juga tidak terlalu cair sehingga cocok untuk MPASI bayi yang enak.

  1. Menambahkan sedikit gula dan asupan kedelai

Kacang-kacangan seperti kedelai adalah salah satu sumber protein yang bagus untuk perkembangan si kecil. Namun tidak semua anak menyukai olahan ini. Anda bisa mencoba mencampurkan olahan dari susu kedelai pada menu MPASI-nya. Biasanya si kecil tidak sadar dengan rasanya.

Susu kedelai baik untuk pertumbuhan si kecil karena di dalamnya mengandung phytochemical. Anda bisa menambahkan susu kedelai dengan kandungan lemak yang rendah dalam olahan makanan si kecil seperti mashed potato, saus atau oatmik.

Untuk si kecil yang berusia 8 bulan, penambahan gula sudah diperbolehkan. Akan tetapi harus dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Anda bisa menambahkan sedikit gula pada sayuran atau buah-buahan yang Anda sajikan. Ada beberapa jenis yang memang enak jika ditambahkan dengan taburan gula. Namun ingat untuk kadar atau jumlah pemberiannya yang sedikit saja.

  1. Hindari untuk bernegosiasi

Hindari untuk membuat si kecil mau makan dengan cara mengancamnya, memaksa atau menjanjikan sesuatu supaya ia mau makan. Hal ini dikarenakan bisa membuat si kecil berpikiran negatif pada makanan.

Misalnya, Anda tidak mengizinkan si kecil bermain sebelum ia menghabiskan makannya. Hal ini membuat si kecil berpikir bahwa makan adalah hal yang dipaksa. Sehingga si kecil tidak menyukai proses makan tersebut. Akibatnya si kecil bisa stres dan nafsu makannya menjadi berkurang. Jadi tips agar bayi 8 bulan lahap makan malam adalah Anda tetap bisa membujuknya namun jika ia masih tidak merespons, maka lebih baik hentikan.

  1. Lebih kreatif

Sudah menjadi hal yang biasa jika si kecil suka memegang kendali, jadi Anda bisa mencoba mengeluarkan berbagai macam pilihan makanan dan biarkan ia untuk memilih sendiri makanan yang ia sukai. Salah satunya adalah saat Anda membuat kreasi makanan piza contohnya.

Biarkan si kecil untuk memilih jenis toppingnya seperti tahu, alpukat, wortel. Semakin kreatif atau bervariasi jenis makanannya maka besar juga kemungkinan si kecil untuk menyukainya. Tampilan dari makanan tersebut juga penting karena si kecil biasanya lebih menilai dan teringat pada tampilan makanannya.

Salah satu jenis olahan makanan yang terkadang cukup sulit untuk diterima si kecil adalah olahan dari ikan. Hal ini karena baunya yang amis dan juga adanya duri yang membuat si kecil kurang menyukainya. Namun Anda tetap bisa menyajikan olahan ikan tersebut dalam bentuk nugget ikan. Anda memang harus sabar dalam menyajikan berbagai macam makanan dengan kreatif. Coba untuk mengolahnya dengan berbagai macam cara seperti digoreng, direbus, atau dikukus.

  1. Melibatkan si kecil

Melibatkan si kecil saat membuat makanan juga bisa membantu agar ia lebih suka makan. Coba ajak si kecil saat berbelanja dan memilih berbagai macam bahan makanan yang ia sukai. Anda juga bisa membiarkan si kecil memilih sendiri varian bubur bayi organik dalam kemasan yang ia sukai.

Selain itu pada saat Anda memasaknya coba libatkan juga si kecil walaupun hanya sedikit. Hal ini bertujuan agar si kecil merasa dilibatkan untuk membuat makanan kesukaannya. Sehingga ia juga akan lebih makan dengan lahap.

  1. Membuat saus untuk pelengkap

Si kecil biasanya kurang menyukai untuk makan sayuran tanpa ada rasanya. Untuk itu tips agar bayi 8 bulan lahap makan adalah Anda bisa menambahkan atau membuat saus sebagai pelengkap untuk makan sayur tersebut. Saus tersebut bisa terbuat dari bahan dasar yoghurt atau saus tomat.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp